Dolphin Emulator Makin Lancar, Siap-Siap Main Game Nintendo Jadul di Android!

Dolphin-Emulator-2

Akhirnya Ada Emulator PS2 untuk Android!

Memang bikin Android kalian ngos-ngosan jalankan emulator. Namun jika sukses, bisa bantu buka ladang bisnis baru, rental smartphone dan tablet untuk mainin game-game konsol jadul!
Baca Juga

Dua tahun lalu, dikonfirmasikan pengembangan Dolphin Emulator untuk Android! Kontan penggemar Nintendo saat itu langsung antusias menyambutnya, dan tidak sabar menantikan versi finalnya. Namun sayangnya, proses pengembangannya tidak semulus versi PC-nya yang sukses mengemulasikan hardware Nintendo Gamecube dan Wii untuk Windows, Mac OS dan juga Linux. Bahkan hebatnya Dolphin Emulator versi PC tersebut, kompatibel dengan hampir semua judul game yang ada, bisa serta bisa di-upscale hingga 1080p, dan juga kompatibel dengan kontroler Wiimote. Untuk versi Android-nya, yang dikembangkan sejak 2013 lalu, saat ini statusnya masih Alpha.

Dolphin-Emulator-1

Namun setidaknya saat ini sudah lebih baik, dibandingkan versi awal alphanya tahun 2013 lalu yang belum bisa digunakan untuk bermain game, dan jika bisa pun, kecepatannya hanya 1 frame per detik saja. Yah, wajar, PlayStation yang usianya sudah dua dekade, butuh waktu lama untuk bisa diemulasikan hardware Android saat ini dengan kualitas yang baik.

Namun awal bulan ini, developernya Ryan Houdek memperbarui progress pengembangan proyeknya ini, dengan memberikan demo Dolphin Emulator Alpha yang dimainkan menggunakan Android TV nVidia Shield. Dan dari video di bawah, jelas Shield yang menggunakan chipset Tegra X1 memiliki kemampuan berkali lipat lebih baik dari Android yang digunakan untuk mencoba emulator ini beberapa tahun lalu. Setidaknya, grafisnya lebih halus, meskipun disebutkan dalam video, audionya masih bermasalah.

Dolphin-Emulator-3

Melalui video di bawah kalian juga melihat beberapa demo game GameCube terkenal pada masanya, seperti Phantasy Star Online, Luigi’s Mansion, Ikaruga, Animal Crossing, dan Super Smash Bros. Melee. Semuanya dijalankan dengan baik, dan kami yakin tidak lama lagi Dolphin Emulator ini akan melepaskan status alpha-nya. Jika saat ini nVidia Tegra K1 yang terbukti mampu mengemulasikan hardware GameCube dan Wii, maka kita tinggal menunggu saja sampai chipset lainnya mengikuti dengan kemampuan setara seperti Tegra K1. Untuk membantu mempercepat pengembangan Dolphin Emulator versi Android ini, kalian bisa saja mendukungnya melalui laman resminya di sini.

Dolphin Android Demonstration: The Tegra X1 NVIDIA Shield

Download Dolphin Emulator Alpha: Android


SHARE
Previous articleElektra Siap Memburu Daredevil di Season 2!
Next articleAgate Studio Siapkan Valthirian Arc Baru. Ini Bocorannya!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.