Product Manager PB Garena: “Kami FOKUS Berantas Cheat!”

pb-garena-war

PB “Permainan Bocah” Identik dengan Cheater

Point Blank memang awalnya dikenal identik dengan Gemscool. Namun terhitung sejak kontrak Gemscool dengan Zepetto (selaku pengembang Point Blank) berakhir, game ini beralih ke Garena. Alhasil para trooper, sebutan bagi gamer Point Blank, sudah bisa menikmati layanan baru: Point Blank Revolution atau yang lebih dikenal dengan nama PB Garena!

Meski sudah berpindah publisher, Point Blank adalah game yang sama. Hanya saja Garena menjanjikan adanya banyak perubahan, yang tentu dijamin lebih baik. Hans Kurniadi Saleh selaku Product Manager Garena Indonesia memaparkan bahwa peluncuran PB Garena ini cenderung lebih fokus pada tiga point, yakni: server yang stabil, turnamen rutin, dan pastinya pemberantasan cheat.

“Soal cheater, di Point Blank sudah berlangsung lama. Adapun kali ini sudah menjadi tugas Garena untuk bersikap tegas dan mesti siap memerangi cheater, supaya permainan bisa berjalan adil untuk semua,” demikian jelas Product Manager PB Garena Indonesia dalam keterangan tertulis.

pb-garena-producer
Hans Kurniadi Saleh, Product Manager Garena Indonesia

Cheat PB memang bukan barang baru di game Indonesia. Game FPS (First Person Shooter) terbesar Indonesia ini pun dipenuhi para cheater. Sangat disayangkan, memang. Tidak sedikit trooper yang bermain dengan cara curang, sehingga pemakaian cheat ini jelas mengganggu jalannya permaianan. Disadari atau tidak, hal ini sebenarnya berdampak pada game itu sendiri. Permainan tidak lagi nyaman, komunitas terbelah, dan Point Blank mulai ditinggalkan. Inilah sebabnya kenapa inisial PB untuk Point Blank juga dikenal dengan nama Permainan Bocah, alias terlalu banyak bocah yang nge-cheat dalam game ini.

Tak heran bila pemberatasan cheat menjadi pekerjaan rumah yang mesti segera dirampungkan di PB Garena. Dalam hal ini Garena mengaku sudah bersiap dengan beberapa strategi pamungkas.

PB Garena Bebas Cheat?

Garena Berkomitmen Berantas Cheat Point Blank. Bagaimana Hasilnya?

Baru membuka layanan selama tiga hari, sudah banyak laporan penggunaan cheat Point Blank. Bagaimana Garena menyiasatinya?
Baca Juga

PB Garena diharapkan bebas dari cheat. Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan, pihak Garena mengaku sudah mempersiapkan strategi pamungkas. Garena menyiapkan fitur antihack yang bakal selalu diperbarui dan web fairplay guna memfasilitasi trooper yang ingin melaporkan adanya cheater. Dengan adanya web fairplay tersebut, Garena ingin membuktikan kesungguhannya terkait upaya pemberantasan cheat dengan cara mengajak troopers ikut berperan aktif.

“Kami telah menyiapkan beberapa strategi guna menghalau para cheater. Salah satu caranya dengan menghadirkan game guard berupa sistem pengamanan anyar. Tidak hanya itu saja. Kami juga sudah menyediakan sarana pelaporan khusus untuk para pemain yang menemukan adanya pemain curang atau memakai cheat. Tujuananya supaya kami bisa segera mengambil tindakan cepat,” tambah Hans Kurniadi Saleh.

Guna memberikan kepusan lebih kepada para troopers, pihak Garena Indonesia juga berjanji memberikan beberapa konten baru. Diantaranya mode baru berupa Madness Mode, yang mana memungkinkan empat troopers saling bekerjasama atau malah saling berkompetisi melawan keganasan zombie. Ada pula karakter baru untuk masing-masing pihak, seperti Hide Elite untuk CT-Forces dan Viper Kopassus untuk Free Rebels. Agar lebih memuaskan disediakan senjata baru berupa watergun dengan efek khusus, Dual Shotgun Cerberus, Arabian Sword, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula empat map anyar, termauk Water Complex dan Sewerage, juga dibuka untuk publik.

Tentu kabar ini cukup memberi angin segar kepada para troopers. Terlebih Point Blank bukanlah game baru di Indonesia. Akankah strategi Garena dalam fokus pemberantasan cheater bisa berjalan efektif? Adapun sang Product Manager sangat yakin akan hal tersebut.

“Kami amat yakin. Dengan strategi eksekusi yang tepat semua target kami bisa terwujud,” kata Hans Kurniadi Saleh.

pb-revolution-garena

Salah Tangkap Cheater?!

Ups, Point Blank Garena Masih Sering “Salah Tangkap” Cheater!

Tidak menggunakan cheat, tapi kena vote kick dan dilaporkan sebagai cheater oleh pemain lainnya. Bagaimana solusi dari Garena?
Baca Juga

Meski Hans Kurniadi Saleh yakin dengan strateginya, tetap saja ada blunder dalam penanggulangan cheat ini. Menurut laporan, ternyata banyak sekali kejadian salah tangkap cheater di PB Garena.

Tentu saja ada berbagai macam kasus dalam salah tangkap ini. Yang paling banyak adalah trooper yang mendadak disconnect, karena terindikasi menggunakan program ilegal, termasuk cheat. Padahal, dari laporannya, banyak dari mereka yang tidak menggunakan program ilegal apa-apa.

Yang lebih parah lagi, ternyata banyak trooper yang merasa dituduh sebagai cheater, hanya karena bermain lebih jago dibandingkan lawannya. Mungkin karena sakit hati, lawan yang kalah ini bisa melakukan vote kick (ditendang keluar dari room), sehingga trooper yang jago ini terputus dari room.

Tidak hanya itu, kini siapapun bisa melaporkan pemain lain sebagai cheater. Hukumannya tidak sembarangan: Banned dari PB Garena! Aduh!!

Perlu disadari bahwa apa yang dilakukan Garena ini hanya sebatas meminimalisir saja, karena menurut pernyataan resmi mereka, Garena tidak bisa menghalangi 100% cheat masuk ke dalam PB G.


SHARE
Previous articleSherlock dan Watson akan Kembali di Sherlock Special! Tapi…
Next articleRPP E-Commerce Bakal Habisi Toko Online Indonesia?!
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.