Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar!

Pora dan Jalak akan ikut berkampanye bersama ISAW dan Dicoding untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya perdagangan satwa liar.

Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar!

Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar!

Dua tokoh satwa fiktif dari game buatan developer Indonesia, Pora dan Jalak ditunjuk ISAW dan Dicoding untuk membantu kampanye edukasi mengenai bahayanya perdagangan satwa ilegal.

Perdagangan satwa langka ilegal masih menjadi salah satu isu yang beredar akhir-akhir ini di Indonesia. Terakhir, kita tentu sudah mendengar bagaimana perdagangan burung Kakatua Jambul Kuning yang diselundupkan melalui botol-botol. Untuk mengedukasi masyarakat mengenai kekejaman perdagangan satwa langka ini, Indonesian Society for Animal Welfare (ISAW) meminta "bantuan" kepada dua tokoh satwa fiktif dalam game buatan developer Indonesia, Pora dan Jalak.

Kedua tokoh satwa tersebut adalah karakter dari game mobile yang berjudul The Adventures of Jalak yang dikembangkan oleh Miracle Gates Studio dan Pora: Free Cockatoos! yang dikembangkan oleh NED Studio dalam rangka mengikuti tantangan yang ditawarkan oleh Dicoding kepada pengembang-pengembang aplikasi perangkat mobile di Indonesia. Seperti yang sudah kita kenal, Dicoding merupakan sebuah startup teknologi lokal yang memiliki tujuan untuk menjembatani kebutuhan pasar dengan keahlian yang dimiliki oleh para pengembang (developer) di negara ini.

Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar! Pora: Free Cockatoos![/caption]

Dicoding sudah mengalokasikan sebanyak 2,000 XP (experience points) bagi developer yang mampu menyelesaikan tantangan Indonesian Wildlife Game Challenge dari ISAW ini. XP ini adalah gamification model untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan, inovatif, dan kompetitif bagi developer sehingga para pengembang dapat membuat produk terbaik yang bisa sukses di pasar. Para developer kemudian dapat menukarkan poin yang sudah terkumpul dengan berbagai rewards menarik, seperti smartphone, laptop, dan hadiah-hadiah lainnya.

"Dicoding berkomitmen untuk turut menggulirkan perubahan-perubahan positif di masyarakat dengan menjembatani kebutuhan teknologi pasar dan keahlian yang dimiliki oleh komunitas developer kami," ungkap Co-Founder Dicoding Narenda Wicaksono seperti dikutip dari pernyataan resminya. "Tantangan yang ditawarkan melalui Indonesian Wildlife Game Challenge bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat luas mengenai kekejaman di balik perdagangan satwa liar melalui pembuatan game mobile yang menarik dan menyenangkan," lanjutnya.

Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar! Adventures of Jalak[/caption]

The Adventures of Jalak adalah sebuah game yang menceritakan petualangan seekor Jalak Bali saat berusaha kabur dari para pemburu yang sedang mengangkutnya untuk dijual. Dengan menyajikan sebuah format permainan endless run, para pemain diharapkan bisa membantu Jalak dan telur-telurnya melarikan diri dari jeratan para pemburu agar dapat kembali ke habitat alaminya. "Kami berharap melalui permainan ini akan semakin banyak orang yang menyadari betapa kritisnya situasi yang dihadapi oleh Jalak Bali saat ini dengan ancaman-ancaman yang datang dari para pemburu dan penyelundup satwa," ungkap Orlando Nandito, Founder Miracle Gates Studio, sang pengembang yang berbasis di Bali.

Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar!

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/06/duniaku-porasavejacob-3.jpg">Dua Satwa dari Game Indonesia Ini Ajak Masyarakat untuk Pahami Bahaya Perdagangan Satwa Liar!

Ada tiga pesan yang dibawa oleh dua game tersebut untuk masyarakat luas, antara lain:

  1. Bahwa satwa liar saat ini terancam akibat perburuan, penyelundupan, dan perdagangan ilegal.
  2. Satwa liar bukanlah untuk dikurung atau disakiti.
  3. Masa depan kelestarian satwa di alam adalah tanggung jawab kita bersama.

"Melalui kedua cerita yang disampaikan dalam format game interaktif audio visual dengan karakter animasi yang lucu, anak-anak dapat dengan mudah menangkap pesan tentang apa artinya mencintai satwa liar, yaitu: mencintai adalah membebaskan dan membiarkan mereka hidup di alam," ungkap Direktur Eksekutif ISAW Kinanti Kusumawardani. "Oleh karena itulah kami bermitra dengan Dicoding dan para pemenang Indonesian Wildlife Game Challenge (Miracle Gates Studio dan NED Studio) agar bisa terus mengembangkan upaya edukasi animal welfare melalui cara-cara yang kreatif dan inovatif. Dengan bantuan Pora dan Jalak kami yakin dapat membangun upaya edukasi yang memikat hati dan pikiran masyarakat," lanjutnya.

Selanjutnya, ISAW akan mempromosikan kedua mobile game tersebut sebagai bagian dari program edukasi animal welfare ke sekolah-sekolah dasar dan menengah. Kamu juga bisa membantu kampanye kesadaran akan bahayanya perdagangan hewan liar ini bersama ISAW dan Dicodeing dengan men-download dua game untuk Android tersebut melalui tautan di bawah ini.

Download game:

  • [outbound_link text="Pora: Free Cockatoos!" link="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ned.PoraSaveJacob"]
  • [outbound_link text="Adventures of Jalak" link="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.miraclegates.adventureofjalak"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU