Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows Phone

Platform Terbaik - PreviewiOS, Android serta Windows Phone tidak dipungkiri sekarang bertengger di jejeran teratas pilihan sistem operasi Smartphone. Berbagai spesifikasi dan fitur kini muncul beragam, salah satunya untuk memanjakan para mobile gamer. Nah diantara ke tiga operating system ini, manakah platform terbaik untuk gaming? Berikut perbandingannya.

1

Spesifikasi yang Tersedia


Platform Terbaik  - SpesifikasiSeperti yang sudah kita ketahui, kemampuan hardware adalah salah satu faktor pendukung utama untuk memainkan game tanpa lag di handphone. Kabar baiknya, di tahun 2015 untuk teknologi 64 bit sudah menjamur digunakan. Teknologi 64 bit telah ada selama lebih dari sepuluh tahun di arena desktop, tetapi akhirnya kini hadir di perangkat mobile dengan menggunakan Tegra K1 Denver, Snapdragon 808 dan Samsung Exynos 6 dan Exynos S.

Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Handphone

Jangan latah dalam membeli handphone! Yuk baca biar ga nyesel habis beli handphone!
Baca Juga

Pergeseran teknologi 64 bit di sektor mobile ini memberikan peningkatan memori yang berdampak pada kecepatan yang lebih cepat. Hal ini juga sangat berguna ketika memutar konten definisi tinggi, karena proses-proses tersebut dilakukan secara paralel. Berkat ini pengolahan grafis dapat dioptimalkan untuk perhitungan paralel. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan saat bermain game. Baik dari segi grafis ataupun gameplay, efek dari 64-bit chip akan terasa dalam tingkat yang lebih detail. Game tidak hanya akan lebih indah, tetapi juga lebih penuh sesak dengan konten dalam game.

Kini secara spesifikasi yang bertebaran, hardware device-device Android bisa dikatakan lebih baik dari iPhone ataupun Windows Phone. Bisa dilihat dalam benchmark terbaru antara iOS vs Android vs Windows Phone dibawah ini.

Platform Terbaik - Benchmark


2

Kompatibilitas Aplikasi


Platform Terbaik - GadgetKalau ada hal yang sangat mencolok antara iOS, Android dan Windows Phone adalah kuantitas variasi vendornya. Android seperti yang kita tahu sudah digunakan oleh puluhan merk vendor, dalam berbagai ukuran layar dan hardware. Hal ini lah yang kemudian memunculkan masalah bagi Android. Developer game harus menyesuaikan game mereka dengan berbagai device Android untuk memastikan game nya berjalan dengan baik. Tapi tentu saja ini tidak mungkin dilakukan. Sehingga para developer hanya menggunakan device-device yang paling populer saja. Karenanya dalam hal ini, iOS masih lebih unggul.


3

Ekosistem Aplikasi


Platform Terbaik - Statitstik AplikasiKamu akan dengan mudah menemukan katalog game pada App Store(iOS), Google Play (Android) serta Windows Phone Store (WP). Pada Februari 2014 yang lalu, tercatat bahwa Games menjadi kategori yang paling populer di Android. Tidak main-main sebesar 41,2 % total aplikasi yang di instal adalah dari kategori games.

Bersumber dari statista.com, untuk Google Play, hingga may yang lalu tercatat ada sebanyak 1,5 juta aplikasi dimana terdapat sebanyak lebih dari 300,000 game di dalamnya. Untuk App store, tercatat ada lebih dari 1,4 juta aplikasi dimana 25% nya adalah dalam kategori games. Sedangkan untuk Windows Phone Store, 340 ribu aplikasi dengan sebanyak 23% adalah games.

Hanya saja kuantitas tidak selalu berbanding dengan kualitas. Jika kamu melihat rating pada kategori games, App Store serta Windows Phone Store memiliki range bintang rata-rata empat. Sedangkan pada Android, hanya games-games teratas yang mendapatkan bintang empat. Dalam kategori ini, iOS serta Android adalah pilihan yang baik.


SHARE
Previous articleCall of Duty Black Ops 3 Multiplayer Beta untuk PS4 Mulai 19 Agustus Nanti
Next article7 Info Terbaru Star Wars Episode 7 yang Harus Kamu Tahu!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.