Presiden Nintendo, Satoru Iwata Wafat di Usia 55 Tahun

Satoru iwata wafat
Satoru Iwata

Satoru Iwata wafat di usia 55 tahun pada tanggal 11 Juli 2015 kemarin karena penyakit saluran empedu. Selamat jalan…

Kabar duka yang sangat mengejutkan datang dari markas Nintendo pagi ini. Presiden mereka, dan juga salah satu figur yang berpengaruh di industri game dunia, Satoru Iwata dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 11 Juli 2015.

Satoru Iwata wafat di usia 55 tahun. Kabar mengenai Satoru Iwata meninggal dunia ini datang dari pernyataan resmi singkat yang dirilis Nintendo pagi ini. Dalam pernyataan resmi singkat tersebut, Nintendo mengungkapkan bahwa pria yang lahir pada tanggal 6 Desember 1959 ini wafat karena penyakit saluran empedu yang dideritanya sejak beberapa tahun terakhir.

Satoru Iwata wafat

Berikut adalah kutipan pernyataan resmi singkat dari Nintendo:

Nintendo Co., Ltd. deeply regrets to announce that President Satoru Iwata passed away on July 11, 2015 due to a bile duct growth.

Satoru Iwata mulai menjabat sebagai presiden Nintendo pada tahun 2002 untuk menggantikan Hiroshi Yamauchi, dan kemudian menjabat sebagai CEO Nintendo of America pada tahun 2013 lalu. Lantas satu tahun setelahnya, penyakit saluran empedu tersebut membuat Iwata absen pada E3 2014 karena harus menjalani operasi. Dan satu tahun setelah operasi tersebut, penyakit ini jugalah yang membuat Iwata menghembuskan nafas terakhirnya.

Wii U Hanya Laku 2.8 Juta Unit, Nintendo Merugi, dan Satoru Iwata Pun Potong Gaji

Nintendo sedang diliputi awan gelap. Penjualan Wii U jauh dari ekspetasi, laba bersih menurun, dan efeknya, presiden mereka dipotong gajinya.
Baca Juga

Selama karirnya di industri game (tepatnya di Nintendo), Satoru Iwata sudah banyak makan asam garam, mulai dari meroketnya popularitas Nintendo saat merilis Wii dan DS, hingga titik terendahnya saat merilis Wii U dan GameCube. Iwata jugalah yang mengembangkan dan memberikan update-update terbaru Nintendo dalam program Nintendo Direct.

Belum banyak pernyataan yang dirilis oleh Nintendo perihal wafatnya Iwata ini. Namun dalam kelanjutan pernyataan resmi tersebut, Nintendo juga memberikan pernyataan mengenai perubahan susunan direksinya. Dengan wafatnya salah satu sosok penting di tubuh Nintendo ini, Nintendo tinggal menyisakan dua orang yang duduk di kursi Representative Director, yaitu Genyo Takeda dan Shigeru Miyamoto.

Selamat jalan, Satoru Iwata…

Sumber: Nintendo


SHARE
Previous articleInilah Beberapa Alasan Kenapa Jiraiya Tidak Pakai Pelindung Kepala Konoha
Next articleFilm Yu-Gi-Oh! Baru Tampilkan Kembali Duel Yugi dan Kaiba!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.