Groove, Perubahan Dari Xbox Music Terbaru Ala Microsoft

Xbox Music merupakan aplikasi Microsoft bagi pengguna Windows Phone. Kali ini, Microsoft mengubah Xbox Music dengan mengganti nama dan tentunya dengan pembaruan fitur yang lebih menjanjikan. Nama baru dari Xbox Music berubah menjadi Groove. Apa saja sih pembaruan dari Groove?

groove - xbox music

Xbox Music adalah aplikasi Windows Phone bagi kamu yang  suka mengunduh dan memainkan musik. Microsoft mendesain Xbox Music yang fungsinya sebagai media pemutar musik sekaligus dapat mengunduh lagu secara online. Begitu pula dengan Xbox Video yang tidak beda jauh fungsinya dengan Xbox Music.  Namun, kali ini Microsoft mantap memperbarui sistem aplikasi tersebut. Jika dulu aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh Windows Phone dan Xbox, kini Xbox Music bisa digunakan oleh Android, iOS, dan Windows 10. Hal ini dikarenakan brand aplikasi ini berganti nama menjadi Groove. Untuk Xbox Video juga ikut berubah menjadi “Movie & TV”. Microsoft mengatakan di blog-nya, perubahan nama ini supaya konten bagi aplikasi ini semakin luas dan mudah teridentifikasi oleh pelanggan. Microsoft menjadikan kedua aplikasi ini strategi dalam bisnis penjualan digital musik, video, dan tayangan TV. Apa itu Groove?

Groove adalah aplikasi terbaru Windows 10 untuk memutar dan mengunduh musik hanya dengan layanan OneDrive. Layanan ini dikhususkan bagi pelanggan yang ingin menngunggah MP3 dan mengakses secara gratis. Fitur ini sempat hilang ketika Xbox Music masih pertama kali dikenalkan. Namun, karena pengguna banyak yang mengunggah musik dari fitur ini, Xbox mengadakan lagi fitur ini meski nama aplikasi ini akhirnya berubah menjadi Groove.  Metode ini memang hampir mirip dengan layanan streaming Youtube. Bisa dikatakan memang Groove hadir sebagai streaming music dengan menetapkan tarif. Microsoft  menawarkan 40 juta lagu untuk di koleksi dan membuat stasiun radio. Groove juga memiliki update user interface, dimana pembaruan itu ditujukan untuk mengelola musik lebih baik. Baik itu peningkatan mendengarkan maupun resolusinya. Groove sendiri memberikan fasilitas bagi penggunanya mengenai tampilan. Pengguna bisa memperbesar atau memperkecil tampilan dengan melakukan ‘cubit’ pada layar sama seperti ketika kita hendak memperbesar tampilan di Google atau yang lainnya.

groove - xbox music

Aplikasi ini menyediakan tema light, dark, dan mengikuti tema yang kita pakai sebagai pengguna. Ada pula, kalau kita mengeklik kanan pada layar Groove, maka akan muncul menu kontekstual untuk melakukan pin sebuah album ke Start Menu. Lebih jelasnya, kita bisa menampilkan playlist favorit kita di Start Menu.

4 teknologi canggih yang menggunakan wi-fi

4 teknologi canggih dengan tambahan fitur Wi-Fi ini hadir tanpa harus ribet sama kabel dan tentunya dengan bantuan nirkabel jaringan saja.
Baca Juga

Sementara untuk aplikasi Xbox Video yang berubah menjadi Movie & TV, pembaruannya tidak jauh berbeda dengan Groove. Hanya saja Movie & TV lebih memusatkan mode konten visual. Fitur yang diperbarui diantaranya adalah pengguna bisa mengirim video pribadi. Aplikasi ini juga telah mampu memainkan berbagai format video salah satunya termasuk format MKV. Lalu, pengguna juga bisa mengakses Windows Store dari aplikasi ini untuk membeli tayangan tv atau film. Jika tidak ingin membeli, pengguna juga bisa sekadar menyewa saja. Aplikasi ini cukup bagus untuk dimiliki kamu yang suka mendengarkan musik dan mengunduhnya.


SHARE
Previous articleReview One Piece 792, Menyambut Berakhirnya Mimpi Buruk
Next articleKebohongan Pemerintah Dunia Terungkap! 7 Hal Menarik One Piece 793