10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Satoru Iwata wafat

Satoru Iwata benar-benar merupakan salah satu legenda di industri game. Berikut adalah 10 hal tentang mendiang presiden Nintendo ini semasa hidupnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Satoru Iwata Meninggal Dunia, Industri Game Ungkapkan Belasungkawa

Kabar Satoru Iwata meninggal dunia telah mengejutkan pelaku industri game. Ungkapan belasungkawa pun mulai bermunculanuntuk menghormatinya.
Baca Juga

Wafatnya Satoru Iwata karena tumor di saluran empedu memang mengejutkan banyak pihak. Bukan hanya orang-orang di sekitarnya dan para kru Nintendo saja yang berduka, melainkan juga insan-insan industri game secara keseluruhan. Tidak mengherankan jika banyak ungkapan belasungkawa atas kabar meninggalnya Satoru Iwata ini terus membanjiri dunia maya sebagai bentuk penghormatan terakhir kepadanya.

Untuk mengenang kembali, berikut kami sajikan sepuluh fakta Satoru Iwata yang mungkin belum kamu ketahui, yang akhirnya menjadikan dirinya sebagai salah satu sosok yang dicintai di industri game ini.


1

Mulai Bermain dan Bikin Game Sejak Muda


young satoru iwata

Iwata memang dikenal sebagai salah satu gamer “akut”. Bahkan, dalam salah satu kutipan terkenalnya, dia menyebutkan bahwa meskipun dirinya seorang developer game, di hati yang terdalam dia menyebut dirinya sebagai seorang gamer. Dengan passion di dunia game tersebut, Iwata pun mulai belajar programming dan membuat game pertamanya di usia yang sangat muda, yaitu saat SMA.


2

Super Billiards adalah Game Pertamanya yang Berhasil Dirilis


super billiards - satoru iwata

Saat duduk di bangku kuliah di awal 80-an, Iwata membuat sebuah game biliar berjudul Super Billiards untuk MSX. Itu adalah game pertama buatannya yang berhasil dipasarkan ke dunia. Pada saat itu, sembari kuliah dia juga bekerja di sebuah perusahaan bernama HAL Laboratories, yang merupakan salah satu studio milik Nintendo.


3

Iwata-lah yang Menyelamatkan Earthbound


earthbound - satoru iwata

Earthbound adalah game pertama yang sukses di bawah kendali Satoru Iwata. Meskipun saat dirilis terlihat bahwa Earthbound adalah game yang sempurna dan mendapatkan banyak respon positif, namun banyak yang tidak tahu bahwa proses pengembangan awalnya ternyata sangat “suram”. Banyak masalah yang melanda tim pengembang, hingga pada satu titik game ini sepertinya tidak bisa terwujud.

Sebagai seorang produser dan juga pemimpin proyek game ini, Iwata pun akhirnya turun tangan dan menulis ulang ribuan baris kode dari game ini, sehingga Earthbound pun akhirnya bisa berjalan dengan baik di SNES pada waktu itu. Tangan dingin dari Iwata yang membuat Earthbound sukses setelah sebelumnya hampir “mati” ini disebut-sebut sebagai salah satu “keajaiban” dalam sejarah game development


4

Hidupnya Dihabiskan untuk Nintendo


nintendo - satoru iwata

Dari awal karirnya di dunia game development hingga akhir menutup mata, Iwata benar-benar mencurahkan seluruh pikiran dan tenaganya untuk Nintendo. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, dia mengawali karir di HAL Laboratory yang merupakan anak perusahaan dari Nintendo. Lantas, dia melanjutkan 25 tahun karirnya di Nintendo dengan berbagai posisi, hingga akhirnya menjadi presiden mulai 2002 hingga 2015 saat dia meninggal dunia.


5

Iwata Adalah Seorang Programmer Hebat!


satoru iwata - pokemon stadium

Iwata dikenal sebagai salah satu programmer “super” dalam sejarah game development. Buktinya adalah Earthbound yang akhirnya bangkit dari “kubur”. Bukan hanya itu, dia juga dikenal sebagai salah satu programmer tercepat yang pernah ada. Salah satu buktinya pada tahun 1998, dimana dia menulis sendiri baris-baris kode untuk sistem pertarungan Pokemon Stadium (Nintendo 64) dari nol dan akhirnya selesai hanya dalam waktu satu minggu saja!

Lanjut ke Halaman 2…