Hideo Kojima Keluar! Konami Terbukti “Membunuh” Kojima Productions!

Hideo Kojima Keluar

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Kronologinya!

Intinya sih, serial Metal Gear tidak akan berakhir di MGS V The Phantom Pain!
Baca Juga

Kalian yang mengikuti Duniaku pasti sudah mengetahui kabar mengenai perseteruan internal di tubuh Konami, yang berujung pada keputusan Hideo Kojima keluar dari tengah publisher legendaris Jepang tersebut. Memang tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi di tengah jajaran puncak kepemimpinan Konami, namun tampaknya memang ada perebutan kekuasaan, dan masalah komunikasi, yang berujung pada sebuah langkah mengejutkan oleh salah satu penerbit besar Jepang tersebut. Hideo Kojima keluar bersama timnya, Kojima Productions sudah diindikasikan bakal dihilangkan eksistensinya dari semua produk yang berbau Metal Gear Solid. Buktinya, artwork untuk cover game ini mengalami perubahan menjelang perilisan gamenya. Bukan desainnya, melainkan ada yang hilang, yaitu nama Hideo Kojima!

Berikut dua desain awalnya!

Dan berikut desain finalnya, yang juga kami temukan dalam laman resmi Konami! Kalian menyadari bukan perbedaannya?

Hideo Kojima Keluar
Berikut capture dari laman resmi Konami!

Kami menemukannya ketika masuk ke laman resmi Konami, di bagian pre-order, di sana terlihat jelas cover untuk game ini telah menghapus nama Hideo Kojima. Semua aset promosi Metal Gear Solid V The Phantom Pain, termasuk cover art-nya, menghapus eksistensi Hideo Kojima, meskipun kenyataannya kita semuanya tahu, dia masih menjabat sebagai sutradara game tersebut.

Hideo Kojima Keluar

Pria Ini Dalang Dibalik Mundurnya Hideo Kojima?

Jadi benar ya Hideo Kojima dipecat? Jadi benar ya Konami bakal pensiun bikin game konsol? Jadi benar ya serial PES juga dihentikan?
Baca Juga

Walaupun kabar yang berkembang masih simpang siur, namun kabar yang mulai berhembus sejak awal Maret 2015 lalu, mengarahkan pada kreator serial Metal Gear Hideo Kojima keluar, meninggalkan Konami setelah dia menyelesaikan Metal Gear Solid V The Phantom Pain. Bahkan dia juga sudah dibatasi langkahnya di tengah Konami, tidak mendapatkan akses internet perusahaan, e-mail, dan jalur komunikasi. Namanya juga sudah dihapus dari beberapa media promosi Metal Gear Solid V, dan intrik di tengah Konami tersebut memicu Konami melakukan perubahan drastis, termasuk status kepegawaian tim Metal Gear. Beberapa pejabat senior Konami berubah status menjadi karyawan kontrak saja, bukanya karyawan tetap. Dan diduga memuncak nanti setelah mereka menyelesaikan Metal Gear Solid V, Kojima dan tim manajemen senior bakal meninggalkan Konami, dengan kontrak yang berakhir Desember tahun ini.

Hideo Kojima Keluar

Konami bahkan sudah ancang-ancang sejak akhir Maret 2015 lalu, melakukan perubahan sehubungan dengan rumor sengketa di tengah perusahaan yang melibatkan Kojima Productions dan bosnya, Hideo Kojima ini. Berikut daftar apa saja yang sudah mereka lakukan:

Hideo Kojima Keluar

Perubahan yang Berhubungan Dengan Hideo Kojima Keluar

Hideo Kojima Keluar

Beberapa kejanggalan tersebut sempat memicu respon negatif penggemar Metal Gear Solid dan Hideo Kojima. Konami sampai merilis press release yang memastikan jika tidak ada masalah di tengah mereka, Kojima masih ada dalam tim, mengerjakan Metal Gear Solid V The Phantom Pain. Bahkan voice actor Snake untuk versi Jepang game ini, Akio Otsuka, menuliskan update status melalui Twitter, meminta penggemar Metal Gear Solid agar tidak membatalkan pre-order game ini, dan baru menilai game ini ketika sudah dirilis nantinya.

Hideo Kojima Keluar

MGS V Ada In App Purchase-nya, Seperti Game Hape Saja!

Makin terbukti jika Konami memang ingin fokus ke game mobile saja! Jangan-jangan PES 2016 bakal digratiskan, dan kalian harus membayar pakai uang asli jika ingin membuka salah satu tim atau pemainnya.
Baca Juga

Belakangan, beberapa hari lalu, Akio Otsuka kembali memberikan Tweet mengenai Hideo Kojima keluar, dan membenarkan jika memang Kojima Productions dibubarkan oleh Konami. Akio mengucapkan selamat tinggal, serta mengatakan jika Kojima Productions berusaha keras memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan Metal Gear Solid V The Phantom Pain. Akio bahkan mengatakan jika seri terbaru Metal Gear ini bisa menjadi masterpiece terbaik. Meskipun ini menjadi akhir, namun Metal Gear Solid tidak akan mati. Tidak ada yang tahu bagaimana nasib Kojima Productions setelah game ini dirilis. Dan kenyataannya, pernyataan Akio tersebut justru menjadi fakta yang paling legit dari nasib Kojima Productions, karena selama ini semua dugaan hanya berdasar dugaan saja, mengingat Konami selalu membantah dan menenangkan kita.

Pasca kehebohan tersebut, memang Konami sempat mengembalikan nama Kojima ke laman mereka, material promosi online dan lain sebagainya. Namun sepertinya ada satu orang yang mungkin saat ini paling berkuasa dan duduk di puncak kepemimpinan Konami, memutuskan untuk tidak mem-branding Metal Gear Solid V The Phantom Pain sebagai sebiuah game karyanya sendiri. Tulisan yang biasanya menjadi label (dan dipercaya juga mampu membuat gamenya lebih laku), berbunyi “Hideo Kojima game,” kini dipastikan hilang dari cover art final Metal Gear Solid V The Phantom Pain.

Hideo Kojima Keluar

Screenshot Baru MGS V Perlihatkan Snake Tunggangi Mecha

Sony juga membawa bundle terbatas PS4 berdesain lengan bionik Snake ke Eropa, lengkap dengan segudang bonus!
Baca Juga

Selain melepas nama Kojima, Konami juga melucuti semua penggunaan nama Kojima Productions dalam produk mereka. Studio yang didirikan tahun 2005 lalu, meskipun tidak semuanya menangani Metal Gear Solid, mereka eksis di semua produk franchise Metal Gear, karena telah menjadi semacam identitas untuk Metal Gear itu sendiri. Kami memang tidak terkejut, karena dua bulan lalu mereka sudah menunjukkan indikasi melakukan hal itu. Namun hal ini jelas bakal menarik perhatian penggemar Metal Gear.

Lanjut ke halaman 2… untuk melihat screenshot dan trailer gameplay terbaru yang telah dirilis Konami.

1
2

SHARE
Previous articleSetelah LGBT, Akankah Pernikahan Sedarah Dilegalkan?
Next articleCosplay Iron Man dengan Zirah Kulit ini Sepertinya Boleh Juga
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.