Mengubah Smartphone Menjadi PC dengan Continuum

Mengubah Smartphone menjadi PC - PreviewMicrosoft resmi mengumumkan sebuah fitur terbaru dari Smartphone dengan OS Windows 10, fitur tersebut dipamerakan dalam sebuah konferensi pengembang perusahaan, diberi nama Continuum yakni sebuah fitur yang dapat mengubah Smartphone menjadi PC. Ya, kamu akan mendapatkan tampilan PC atau Dekstop dengan fitur ini.

Continuum akan bekerja dengan menyesuaikan User Interface apa yang terhubung pada Smartphone berbasis Windows 10. Nantinya sebagai pengguna Windows Phone cukup menghubungkan Smartphone ke Monitor melalui port HDMI, lalu menggunakan mouse dan keyboard Bluetooth. Setelah itu barulah Smartphone akan bekerja menyesuaikan tampilan mode desktop. Anda tidak perlu khawatir tampilannya pada monitor hanya separo, karena pada mode desktop Smartphone bisa menyesuaikannya sendiri.

Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows Phone

Berbagai spesifikasi dan fitur kini muncul beragam di smartphone. Di antara iOS, Android dan WP, kira-kira platform terbaik yang mana ya untuk gaming?
Baca Juga

Tentunya setelah beralih ke mode PC/dekstop, Windows Phone tersebut akan mampu menjalankan fungsi seperti sebuah PC pada umumnya. User bisa menjalankan Software/aplikasi dengan menggunakan keyboard dan mouse PC di smartphone. Meski Smartphone beralih fungsi sebagai sebuah PC, namun pengguna tetap dapat mengakses segala sesuatu di smartphone, seperti foto dan juga aplikasi seperti biasanya.

Mengubah Smartphone menjadi PC - Preview 2 Namun sayang sekali bagi kamu yang ingin menikmati fitur ini, Microsoft menyatakan bahwa kamu harus membeli Windows Phone baru yang hardware-nya mendukung fitur tersebut. Hal ini disampaikan oleh Gabriel Aul melalui twitternya. Dia menyatakan bahwa Continuum untuk PC bakal bisa digunakan di device touchscreen apapun, tetapi Continuum untuk smartphone bakal memerlukan hardware baru.

Diperkirakan, fitur Continuum inilah yang menyebabkan Microsoft akhirnya mengeluarkan smartphone dengan spesifikasi tinggi di kuartal akhir 2015 nanti. Padahal jika kita lihat, Smartphone-smartphone Lumia biasanya rilis dengan ram 512 mb atau 1 gb saja. Tapi kali ini Microsoft merilis Lumia Cityman serta Lumia Talkman yang menggunakan processor octacore dan Hexa-core. Tidak hanya disertai processor tangguh, kedua smartphone tersebut akan didukung dengan 3GB RAM sehingga bisa menjanjikan fitur continuum berjalan mulus di keduanya.

Dari pernyataan Joe Belfiore pada video continuum tersirat bahwa komponen yang sangat diperlukan untuk menjalankan Continuum di Windows 10 Smartphone adalah processor Qualcomm terbaru. Processor inilah yang mampu mengatasi kebutuhan resource Continuum, dan processor ini jugalah yang sepertinya sudah ditanamkan di dua Flagship Lumia: Cityman & Talkman.Mengubah Smartphone jadi PC - Preview 4

Meskipun fitur Continuum hanya akan dapat dinikmati oleh pengguna Windows 10, fitur ini nampaknya bakal menjadi sebuah fitur yang menjanjikan yang akan mempengaruhi perkembangan teknologi di masa depan. Mungkin-mungkin saja Apple ataupun Google akan mengikuti jejak langkah Microsoft ini.

Bagaimana? Tertarik pindah ke Windows Phone setelah ini?


SHARE
Previous articleGuide Konoha Ninja: Cara Mendapatkan Partner Legendary
Next articleMangaka Terpopuler: One Piece kalah dari Gintama