One Piece: Kesamaan Arabasta dan Dressrosa

Kalahnya Doflamingo pada One Piece Chapter 792 lalu menjadi penanda berakhirnya Arc. Dressrosa yang sudah berlangsung dua tahun lamanya. Selama dua tahun itu pula jika teman-teman menyadari, ada begitu banyak kesamaan antara Arc. Arabasta dan Dressrosa. Apa saja kesamaannya?

1

Konspirasi Shichibukai di Arabasta dan Dressrosa


Arabasta dan Dressrosa - ShichibukaiJika Arabasta berada dibawah kendali Crocodile, maka Dressrosa berada dibawah kendali Donquixote Doflamingo. Ya, Arabasta dan Dressrosa sama sama berada dibawah kendali Shicibukai. Tidak hanya itu, kedua Shichibukai (Croco dan Dofla) sama-sama memiliki organisasi besar dan ilegal. Ya, Crocodile mempunyai organisasi yang bernama Baroque Works yang ‘katanya’ bertujuan menciptakan negara yang damai. Padahal ia hanya menjajah negara Arabasta dan itu ilegal untuk Shichibukai.

Inilah Momen-Momen Epic One Piece yang Paling Menyentuh Hati (Part 1)

Terdapat berbagai momen yang Epic dalam One Piece. Inilah momen - momen epic One Piece! (Part 1), download manga One Piece, One Piece manga scan
Baca Juga

Sementara, Doflamingo mempunyai organisasi khusus dimana yang memasuki organisasi itu sudah dianggap ‘keluarga’ oleh Dofla. Adalah Donquixote Family yang bekerja menjaga Dressrosa dan mempertahankan tahta Dofla sebagai raja dan berbagai konspirasi lainnya.
Bedanya, Crocodile tidak peduli terhadap bawahannya, tapi Dofla sangat peduli terhadap bawahannya dan menganggap mereka keluarganya sendiri.


2

Konspirasi palsu untuk menjatuhkan sang Raja


Dressrosa vs Arabasta - Sang RajaSama halnya ketika Crocodile membuat seakan-akan Raja Arabasta yaitu Nefertari Cobra melakukan pencurian terhadap hujan di Arabasta, Doflamingo juga melakukan hal yang sama.  Doflamingo mendalangi kejadian 10 tahun yang lalu di Dressrosa dengan menuduh Raja Riku mengambil uang rakyat dan membunuh para rakyatnya dibantu tentaranya.

Dengan konspirasi ini, terjadilah mosi tidak percaya terhadap sang raja. Doflamingo kemudian muncul menjadi pahlawan dan menjadi Raja baru Dressrosa. Jika saja di Luffy tidak menghentikan Crocodile dua tahun yang lalu di Arabasta, maka bisa dipastikan Arabasta akan bernasib sama seperti Dressrosa.


3

Menyelamatkan Kerajaan tanpa disengaja


Dressrosa vs Arabasta - Feature copyYa, Luffy, serta SHP crew sama sama menolong dua kerajaan tersebut secara kebetulan.
Saat Arc Arabasta, Vivi secara kebetulan bertemu di awal Grand Line, masuk ke Whiskey Peak, selanjutnya Little Garden, Pulau Drum, dan Arabasta. Ini membuat SHP crew sewaktu itu menganggap Vivi adalah Nakama mereka, dan akhirnya menolong Vivi menyelamatkan Arabasta.

Di Arc Dressrosa, SHP bertemu dengan Trafalgar Law di Punk Hazard dan memulai membentuk Aliansi untuk menghancurkan seorang Yonkou yaitu Kaido dengan mengalahkan Doflamingo yang saat itu menjadi Raja Dressrosa. Dan karena Luffy serta SHP Crew telah mengetahui kebusukan Doflamingo, akhirnya mereka berniat untuk menyelamatkan Dressrosa. Lagi-lagi secara tidak sengaja, kan?


4

Kemunculan Kakak Luffy di masing-masing Arc


Arabasta dan Dressrosa - ALSJika di Arc Arabasta, Luffy bertemu dengan Ace. Kali ini Di Dressrosa, Luffy bertemu dengan Sabo yang akhirnya mendapatkan kekuatan buah mera-mera milik Ace. Pertemuan ini lumayan mengharukan dan mengejutkan. Sabo, yang selama ini menjadi bahan perdebatan para pembaca One Piece akhirnya dimunculkan. Luffy pun digambarkan begitu senang saat bertemu dengan Sabo. Saking senangnya luffy menangis. “Selama ini, kukira ia sudah meninggal.”

Di chapter 794, baru saja digambarkan bahwa Sabo menitipkan Luffy pada kru SHP. Tak lupa ia juga memberikan Vivre Card. Hal yang sama juga dilakukan Ace ketika bertemu dengan kru SHP di Arabasta.


5

Berteman dengan putri kerajaan yang menyusup ke Organisasi


Arabasta dan Dressrosa - Putri KerajaanJika di Arabasta, Vivi menyusup kedalam Baroque Works, di Dressrosa ada Violet yang menyusup ke  Donquixeto Family. Bedanya, di Arc. Dressrosa ada satu lagi putri kerajaan. Sang Adik Violet yang bernama Rebecca.


6

Kelompok yang ingin bebas dari penjajahan


Arabasta dan Dressrosa - TontattaJika di Arabasta ada kelompok pemberontak yang dipimpin oleh Kohza, teman masa kecil Vivi. Maka di Dressrosa ada sekelompok kurcaci yang dipimpin oleh Kyros. Komandan Kerajaan Dressrosa yang diubah menjadi mainan oleh Doflamingo.


7

Latar tempat yang begitu luas


Arabasta dan Dressrosa - AlabastaJika kamu mengingat Arabasta, sudah pasti akan muncul gambaran padang pasir yang sangat luas. Sedangkan di Dressrosa, kamu akan mengingat padang bunga yang begitu luasnya.


8

Angkatan laut yang membantu Luffy


Dressrosa vs Arabasta - Angkatan lautJika di Arabasta ada Smoker yang akhirnya membantu luffy, di Dressrosa ada Admiral Fujitora yang sama sama membantu Luffy. Keduanya sama-sama memiliki ketidaksukaan terhadap Sichibukai, serta menolak konspirasi yang akan disiapkan petinggi angkatan laut untuk menutupi insiden yang terjadi.


9

Akankah ada kru baru selepas Arc. Dressrosa?


Arabasta dan Dressrosa - Kru Baru LuffyMelihat pola yang ada, bisa saja selepas Arc Dressrosa Luffy akan mendapatkan kru baru. Jika kita ingat, selepas Arc Arabasta ada Robin yang bergabung. Ia sebelumnya adalah bawahan Crocodile di Baroque Works. Nah kira-kira siapakah yang akan menjadi kru selanjutnya? Caesar clown? Bartolomeo? Ataukah Violet?


SHARE
Previous articleSaingan Berat Tsunade! Wanita Cantik Ini Usianya Sudah Setengah Abad Lho!
Next articleUcapan Selamat Idul Fitri 2015 dari Dunia Sepakbola
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.