10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guys

Momen itu kini tinggal kenangan

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guys

Hari minggu merupakan hari yang paling indah untuk anak sekolah. Setelah seminggu penuh dibuat jenuh oleh berbagai pelajaran, biasanya hari Minggu digunakan untuk bersantai ditemani film-film kartun dari jam 6 pagi hingga jam 12 siang.

Untuk kamu yang lahir di tahun 90-an dan awal tahun 2000-an tentu masih merasakan hal ini. Namun, sangat disayangkan, kini acara-acara tersebut hanyalah sebatas kenangan karena digantikan oleh program TV lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya mari kita mengenang film kartun minggu pagi yang dulu menemani masa kecil kita. Simak pembahasannya berikut ini!

1. Bakusō Kyōdai Let's & Go!!

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guysdok. Xebec/Bakusō Kyōdai Let's & Go!!

Bakusō Kyōdai Let's & Go!! atau yang lebih dikenal dengan judul Let’s & Go bercerita mengenai Go seiba dan Retsu, anak kelas 4 SD yang tergabung dalam tim pembalap Mini 4WD.

Di Indonesia, anime ini ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI pada 8 September 2002 hingga 18 September 2005 setiap hari Minggu pukul 06.30 WIB sebelum akhirnya digantikan oleh Chouseishin Gransazer.

Anime ini sepertinya sukses menguras kantong orang tua, jujur saja kalian yang pernah menonton serial ini pasti pernah membeli tamiya.

2. Kobo Chan / Chibi Maruko Chan

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guysdok. Chibi Maruko-chan

“Sekarang ganti baju Agar menarik hati Ayo kita mencari teman” kalau kalian masih ingat, kata-kata tadi merupakan penggalan lirik anime Chibi Maruko Chan. Anime ini bertemakan komedi dan mengkisahkan kehidupan sehari-hari anak SD bernama Maruko, yang diangkat berdasarkan pengalaman masa kecil pengarangnya.

Kobo-Chan berceritakan tentang seorang anak berusia 5 tahun yang bernama Kobo Tabata, Kobo tinggal dirumah yang sederhana di Tokyo, Jepang, bersama kedua orangtuanya dan kakek-neneknya serta seorang pamannya.

Serial ini ditayangkan di RCTI sejak pada tanggal 2 Januari 2000 sampai dengan 10 Juni 2001.

3. Sailor Moon

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guysdok. Toei Animation/Sailor Moon

Sailor Moon (美少女戦士セーラームーン Bishōjo Senshi Sērā Mūn, dikenal juga dengan nama Pretty Soldier Sailor Moon) bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan.

Mereka memiliki misi mencari Sang Putri Bulan dan Kristal Perak. Serial ini juga merupakan serial yang di idam-idamkan oleh anak-anak khususnya anak perempuan.

Baca Juga: 17 Film Kartun Anak Terbaik, Ajarkan Nilai-Nilai Kehidupan

4. Doraemon dan Inuyasha

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guysdok. Shin-Ei Animation/ Doraemon Movie 42: Nobita to Sora no Utopia

Siapa yang tidak mengenal Doraemon manga dan anime yang sangat populer ini dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22.

Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya dan tidak harus menderita karna utang finansial yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Inuyasha (犬夜叉, 犬,  inu yang berarti' anjing' dan 夜叉 yasha berarti 'siluman') merupakan manga dan anime karya Rumiko Takahashi yang menceritakan pertualangan InuYasha dan teman-temannya mencari Shikon No Tama serta usaha InuYasha dan Sesshoumaru mengalahkan Naraku.

5. The Powerpuff Girls dan Dragon Ball

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guysdok. Bandai Namco Entertainment

The Powerpuff Girls adalah serial televisi yang mengisahkan tiga orang gadis yang berjuang menentang musuh yang mengacaukan kota Townsville.

Puluhan campuran kimia dan campuran bahan kimia X menghasilkan The Powerpuff Girls. Di Indonesia, kartun ini pernah tayang di RCTI Tahun 2000-2002.

Dragon Ball siapa yang tidak tahu serial ini!

Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.

6. Ninja Hattori

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guystv-asahicontents.com/Ninja Hattori

"Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke laut bersama teman bertualang,” jika kalian mengenali penggalan lirik tersebut, masa kecil kalian terselamatkan. Ninja Hatori bercerita tentang seorang anak bernama Kenichi Mitsuba (10 tahun). Kenichi adalah anak biasa yang pergi ke sekolah dasar untuk belajar.

Sementara itu seorang ninja kecil bernama Hattori Kanzo berteman dengan Kenichi. Hattori yang sekarang menjadi bagian dari keluarga Mitsuba bersama dengan saudaranya, Shinzou dan anjing ninjanya, Shishi-Maru.

Hattori membantu Kenichi menghadapi berbagai masalah yang ditemuinya dan terus menjaganya sebagai seorang teman yang baik. 

7. Pokemon

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia GuysOLM Digital/Pokemon

Karakter utama dalam serial TV Pokémon adalah Ash Ketchum. Ia bersama rekan-rekannya saling bahu membahu dalam perjalanan untuk mencari pokemon dan memenangkan pertandingan.

Rekan-rekan Ash adalah Brock (Takeshi), Misty (Kasumi), Tracey Sketchit (Kenji), May (Haruka]), Max (Masato), dan Dawn (Hikari). Musuh utama tim ini adalah Team Rocket yang dipimpin oleh Giovanni Sakaki dengan anak buahnya yang selalu mengikuti kemanapun Ash pergi yaitu Jessie (Musashi), James (Kojiro), Meowth (Nyasu), dan Wobbuffet (Sonansu).

Baca Juga: 12 Film Batman Kartun Animasi Terbaik untuk Ditonton

8. Kabutaku dan Kamen Rider Ryuuki

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia GuysToei/Shin Kamen Rider

B-Robo Kabutack (ビーロボカブタック Bī Robo Kabutakku) (Inggris: Beetle Robo Kabutack), adalah serial tokusatsu di Metal Hero yang ke-16 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 23 Februari 1997 hingga 1 Maret 1998.

Masked Rider Ryuki atau Kamen Rider Ryuki menceritakan Seorang peneliti yang bernama Kanzaki Shiro berusaha mengubah masa lalu dan membuat suatu tempat yang dinamakan mirror world (dunia cermin). 

9. Power Rangers

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia GuysSaban Brands

Power Rangers: Ninja Storm (PRNS) adalah serial televisi asal Amerika Serikat dan Selandia Baru yang diproduksi oleh BVS Entertainment.

Ninja Storm adalah serial Power Rangers yang ke-9 dari serangkaian serial Power Rangers. Ninja Storm beranggotakan 6 orang: 5 pria dan 1 wanita. Setiap anggota diasosiasikan dengan satu warna, yaitu merah, biru, kuning, crimson, biru laut, dan hijau.

10. Beyblade

10 Kartun Minggu Pagi yang Telah Tiada, Yuk Nostalgia Guysdok. Netflix/Beyblade

Beyblade (ベイブレード Beiburēdo) adalah judul sebuah serial anime dan manga buatan Takao Aoki dan Takafumi Adachi yang bercerita tentang sekelompok anak-anak yang bertarung dengan menggunakan gasing-gasing canggih dan memiliki kekuatan-kekuatan tertentu.

Tokoh utama serial ini adalah seorang anak kelas VIII bernama Tyson Granger (Kinomiya Takao dalam bahasa Jepang dan Indonesia), dan temannya, Kai Hiwatari, Ray Kon dan Max Tate. Takao dan kelompoknya banyak bertemu dengan teman-teman, musuh ataupun saingan baru dalam perjalanan.

Itulah sebagian film kartun minggu pagi yang dulu tayang dan menemani minggu pagi anak-anak. Bagaimana pendapatmu? Film kartun apa lagi yang kamu ketahui? Film kartun apa yang selalu kamu saksikan? Tuangkan dalam kolom komentar!

Pertama diterbitkan 9 April 2023. Diterbitkan kembali 2 Februari 2024. 

Baca Juga: 10 Film Kartun Pixar Terbaik! Semuanya Ratingnya Tinggi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU