Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

review shaman showdown

Sinergi Studio resmi merilis Shaman Showdown, game kombinasi match 3, tower defense dan monster collecting untuk Android dan iOS yang adiktif. Seperti apa sih game ini?

10 Game Terbaik Indie Prize Casual Connect Asia 2015

Sepuluh game dengan konsep, gameplay, ataupun visualisasi terbaik dalam Indie Prize Casual Connect Asia 2015 versi Duniaku!
Baca Juga

Kami sudah mencoba memainkan game ini dua kali sebelumnya. Pertama, saat Sinergi Studio mengikuti event Game Developers Gathering (GDG) 2014 yang diselenggarakan Desember 2014 lalu, dan yang kedua saat mereka mengikuti Casual Connect Asia 2015 bulan Mei kemarin. Dari kedua event tersebut, penulis melihat ada sebuah potensi yang cukup besar dari game yang mereka bawa, Shaman Showdown. Setelah kurang lebih tujuh bulan sejak pertama kali penulis mencoba game ini, akhirnya pada awal Juli 2015 kemarin, Sinergi Studio resmi merilis game ini di Google Play Store, lantas diikuti dengan versi iOS-nya dua minggu kemudian. Apa sih yang membuat game ini menarik dan sempat kami pilih menjadi salah satu dari 10 game terbaik di arena Casual Connect Asia 2015?

shaman showdown

Pertama dari ide game ini sendiri. Sinergi Studio tidak ragu untuk mencampur tiga genre sekaligus dalam game ini, antara lain tower defense, match 3 dan monster collecting. Gameplay utama dari Shaman Showdown memang match 3 dimana kamu diharuskan untuk menyamakan minimal tiga petak yang sama. Setelah berhasil menyamakan minimal tiga petak tersebut, kamu tidak akan dihadiahi dengan poin, melainkan sang shaman akan berhasil men-summon monster yang memiliki soul sesuai dengan warna petak yang berhasil kamu cocokkan tadi. Jadi seekor monster membutuhkan soul untuk di-summon, dan cara mendapatkan soul tersebut adalah dengan memainkan match 3 sesuai dengan soul yang dibutuhkan oleh monster tersebut.

developer indonesia

Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Dengan mengawinkan tiga genre sekaligus, seadiktif apa gameplay yang ditawarkan? Simak review-nya di dalam!

Abaikan

Masing-masing monster memiliki kebutuhan warna dan jumlah soul yang berbeda-beda. Setelah di-summon, maka monster akan mulai menyerang totem milik musuh, atau mempertahankan shaman-mu dari serangan monster yang datang. Nah, disinilah elemen tower defense-nya mulai terasa, dimana kamu harus mengatur strategi agar monster yang kamu bawa tidak terlalu susah di-summon (cukup butuh satu atau dua soul untuk di-summon), dan di sisi lain kamu juga membutuhkan monster dengan raritas yang lebih tinggi agar seranganmu lebih kuat. Kamu harus mempertahankan shaman-mu, karena jika health-nya habis, maka permainanmu akan berakhir. Adanya monster-monster dengan skill spesial bakal sangat membuatmu memutar otak untuk mencari kombinasi tim yang pas dalam menjalani level.

shaman showdown

Elemen ketiga adalah monster collecting. Kamu bisa mengumpulkan puluhan monster baik dari reward setelah menyelesaikan sebuah level, atau membelinya dari store menggunakan gem yang kamu dapat. Masing-masing monster memiliki atribut, soul yang dibutuhkan untuk men-summon, dan skill spesial jika kamu berhasil mencapai kondisi tertentu dalam pertarungan. Semakin tinggi raritas (ditunjukkan dengan banyaknya bintang), maka tentu monster tersebut akan semakin kuat dan mungkin semakin “susah” juga untuk di-summon karena membutuhkan soul yang tidak sedikit. Oiya, kamu juga bisa mengombinasikan monster-monster yang kamu dapat dengan menggunakan menu fuse agar mereka lebih kuat.

Penulis mengapresasi bagaimana Sinergi Studio dalam mendesain monster-monster, termasuk desain dari beberapa monster “lokal” yang dibungkus lebih modern. Nilai tambah lain dari game ini adalah banyaknya variasi gameplay yang diberikan di setiap level, yang membuat game ini lebih dari sekedar game match 3 biasa. Sebagai contoh, dalam sebuah level kamu diharuskan untuk menghilangkan sebuah orb agar shaman musuh bisa diserang, atau petak-petak yang bisa membeku dan harus dihancurkan dua kali. Selain desain monster yang menarik, animasi dan efek-efek skill yang ditampilkan juga cukup menarik.

shaman showdown

Sayang, ada beberapa kelemahan dalam game ini. Yang sangat terasa adalah musik yang kurang menarik dan tidak memacu “adrenalin” saat bermain. Kedua, kurangnya cara untuk mendapatkan gem di dalam game, sehingga cukup menyulitkan apabila kita ingin mendapatkan monster baru yang lebih kuat. Ketiga, terkadang ada beberapa monster yang kebutuhan soul-nya sangat sulit didapat, dan membutuhkan lebih banyak waktu sebelum akhirnya berhasil di-summon. Untungnya, ada fitur friend yang bisa membantu saat pertarungan, sehingga kamu bisa men-summon monster milik teman lebih dulu sembari mengumpulkan soul yang dibutuhkan untuk men-summon monster terkuatmu. Namun di luar kekurangan-kekurangan ini, Shaman Showdown penulis rasa adalah salah satu game yang sangat adiktif dan wajib ada dalam smartphone-mu!

Download Shaman Showdown

 

REVIEW OVERVIEW
Overall Score
90 %

SHARE
Previous articleTerungkap! Inilah Rahasia Dibalik Suara Godzilla!
Next articleRanger Shinken Sentai Kuning Berubah Haluan Menjadi Model Bikini
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.