Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Dengan mengawinkan tiga genre sekaligus, seadiktif apa gameplay yang ditawarkan? Simak review-nya di dalam!

Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Sinergi Studio resmi merilis Shaman Showdown, game kombinasi match 3, tower defense dan monster collecting untuk Android dan iOS yang adiktif. Seperti apa sih game ini?

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/07/duniaku-shamanshowdown-4.jpg">Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Pertama dari ide game ini sendiri. Sinergi Studio tidak ragu untuk mencampur tiga genre sekaligus dalam game ini, antara lain tower defense, match 3 dan monster collecting. Gameplay utama dari Shaman Showdown memang match 3 dimana kamu diharuskan untuk menyamakan minimal tiga petak yang sama. Setelah berhasil menyamakan minimal tiga petak tersebut, kamu tidak akan dihadiahi dengan poin, melainkan sang shaman akan berhasil men-summon monster yang memiliki soul sesuai dengan warna petak yang berhasil kamu cocokkan tadi. Jadi seekor monster membutuhkan soul untuk di-summon, dan cara mendapatkan soul tersebut adalah dengan memainkan match 3 sesuai dengan soul yang dibutuhkan oleh monster tersebut.

[youtube_embed id="sxToGRg90J0"]

Masing-masing monster memiliki kebutuhan warna dan jumlah soul yang berbeda-beda. Setelah di-summon, maka monster akan mulai menyerang totem milik musuh, atau mempertahankan shaman-mu dari serangan monster yang datang. Nah, disinilah elemen tower defense-nya mulai terasa, dimana kamu harus mengatur strategi agar monster yang kamu bawa tidak terlalu susah di-summon (cukup butuh satu atau dua soul untuk di-summon), dan di sisi lain kamu juga membutuhkan monster dengan raritas yang lebih tinggi agar seranganmu lebih kuat. Kamu harus mempertahankan shaman-mu, karena jika health-nya habis, maka permainanmu akan berakhir. Adanya monster-monster dengan skill spesial bakal sangat membuatmu memutar otak untuk mencari kombinasi tim yang pas dalam menjalani level.

Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Elemen ketiga adalah monster collecting. Kamu bisa mengumpulkan puluhan monster baik dari reward setelah menyelesaikan sebuah level, atau membelinya dari store menggunakan gem yang kamu dapat. Masing-masing monster memiliki atribut, soul yang dibutuhkan untuk men-summon, dan skill spesial jika kamu berhasil mencapai kondisi tertentu dalam pertarungan. Semakin tinggi raritas (ditunjukkan dengan banyaknya bintang), maka tentu monster tersebut akan semakin kuat dan mungkin semakin "susah" juga untuk di-summon karena membutuhkan soul yang tidak sedikit. Oiya, kamu juga bisa mengombinasikan monster-monster yang kamu dapat dengan menggunakan menu fuse agar mereka lebih kuat.

Penulis mengapresasi bagaimana Sinergi Studio dalam mendesain monster-monster, termasuk desain dari beberapa monster "lokal" yang dibungkus lebih modern. Nilai tambah lain dari game ini adalah banyaknya variasi gameplay yang diberikan di setiap level, yang membuat game ini lebih dari sekedar game match 3 biasa. Sebagai contoh, dalam sebuah level kamu diharuskan untuk menghilangkan sebuah orb agar shaman musuh bisa diserang, atau petak-petak yang bisa membeku dan harus dihancurkan dua kali. Selain desain monster yang menarik, animasi dan efek-efek skill yang ditampilkan juga cukup menarik.

Review Shaman Showdown: Match 3, Tower Defense dan Monster Collecting yang Adiktif!

Sayang, ada beberapa kelemahan dalam game ini. Yang sangat terasa adalah musik yang kurang menarik dan tidak memacu "adrenalin" saat bermain. Kedua, kurangnya cara untuk mendapatkan gem di dalam game, sehingga cukup menyulitkan apabila kita ingin mendapatkan monster baru yang lebih kuat. Ketiga, terkadang ada beberapa monster yang kebutuhan soul-nya sangat sulit didapat, dan membutuhkan lebih banyak waktu sebelum akhirnya berhasil di-summon. Untungnya, ada fitur friend yang bisa membantu saat pertarungan, sehingga kamu bisa men-summon monster milik teman lebih dulu sembari mengumpulkan soul yang dibutuhkan untuk men-summon monster terkuatmu. Namun di luar kekurangan-kekurangan ini, Shaman Showdown penulis rasa adalah salah satu game yang sangat adiktif dan wajib ada dalam smartphone-mu!

Download Shaman Showdown

  • [outbound_link text="Android (Google Play Store, gratis)" link="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Sinergi.ShamanShowdown"]
  • [outbound_link text="iOS (iTunes App Store, gratis)" link="https://itunes.apple.com/us/app/shaman-showdown/id989676771?ls=1&mt=8"]

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU