Tiga Besar Film Terbaik Marvel Cinematic Universe di Phase 2!

Dengan tayangnya Ant-Man, maka Phase 2 Marvel Cinematic Universe pun resmi berakhir. Dimulai dari Iron Man 3 dan diakhiri dengan Ant-Man, manakah yang bisa dianggap sebagai film terbaik Marvel untuk fase ini? Mari kita lihat satu persatu!

Kalau kamu lupa apa saja film yang tergolong di Phase 2, kamu bisa cek wiki Marvel Cinematic Universe. Daftar lengkapnya adalah Iron Man 3, Thor: The Dark World, Captain America: The Winter Soldier, Guardians of the Galaxy, Avengers: Age of Ultron, serta Ant-Man.


4

Honorable Mention: Daredevil


Film Terbaik Marvel - Daredevil

Inilah 8 Easter Egg Ant-Man yang Paling Keren!

Mulai dari keterlibatan S.H.I.E.L.D. dan Hydra, kemunculan beberapa tokoh, hingga referensi Spider-Man, Ant-Man kaya koneksi dengan film Marvel Cinematic Universe lain! Tapi hati-hati, ini penuh spoiler!
Baca Juga

Seperti bisa dilihat dari daftar di atas, Marvel tidak memasukkan seri seperti Agent of S.H.I.E.L.D. dan Daredevil ke dalam daftar resmi Phase 2. Kisah Daredevil sendiri seperti berada di dunia Marvel yang lebih dewasa, layaknya seri Marvel Knight mereka dulu. Tak ada keterlibatan S.H.I.E.L.D., tak ditunjukkan jelas ada peran HYDRA, juga tidak ada tanda-tanda Infinity Gems yang menjadi kunci Phase 2.

Meski begitu, agak sayang bila harus menyingkirkan serial keren ini sepenuhnya dari daftar. Kalau saja Daredevil dianggap bagian resmi Phase 2, tanpa keraguan lagi judul ini akan ditempatkan di nomor dua film terbaik Marvel fase ini!

Apa sebabnya? Selain plot yang ketat dan menawan, Daredevil memiliki sesuatu yang jarang dimiliki film Marvel: karakterisasi kuat untuk tokoh antagonis. Walau perawakan Vincent D’Onofrio tidak semengancam Kingpin versi komik maupun versi Michael Clarke Duncan, dan sifatnya terlihat lebih emosional dari versi lainnya, D’Onofrio mampu menyajikan karakternya dengan memikat. Ia benar-benar ditampilkan sebagai sosok berbahaya, namun memiliki visi yang kurang lebih sama dengan Matt Murdock. Ia hanya mengambil pendekatan yang jauh lebih berbahaya.

Film Terbaik Marvel - DaredevilMemanfaatkan format mini seri dengan maksimal, Daredevil mampu membangun karakter Daredevil, Kingpin, hingga karakter-karakter pendukung dengan sangat baik. Tak heran kalau banyak yang sudah tidak sabar menantikan season 2. Kalau sebelumnya Marvel Studio mampu menyajikan konflik Kingpin dan Daredevil dengan sebaik ini, bahkan membuat karakter sampingan seperti Wesley sang tangan kanan Kingpin menjadi berkesan, bagaimana nanti mereka menggarap karakter besar lain seperti Elektra dan Punisher?


3

Ant-Man


Film Terbaik Marvel - Ant-ManMemilih nomor tiga ini cukup sulit… karena sebenarnya ada dua film yang sama-sama pantas berada di posisi ini: Ant-Man serta Avengers: Age of Ultron.

Kedua film sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Age of Ultron mampu menyajikan sisi-sisi manusia para anggota Avengers orisinil, dan membuat mereka bertanya lagi apa makna menjadi Avengers. Konfliknya pun epik, melibatkan krisis global ke seluruh dunia.

Sementara itu Ant-Man menyajikan cerita membumi, dari sudut pandang karakter yang awalnya bukan siapa-siapa sebelum direkrut oleh Hank Pym. Dikemas sebagai film perampokan, membedakan dari seluruh film dan seri yang dirilis Marvel sebelumnya, Ant-Man menyajikan aksi unik, karakter-karakter baru, serta integrasi yang sangat luar biasa terhadap dunia Marvel Cinematic Universe.

Namun Ant-Man tidak memiliki antagonis yang kuat. Darren Cross terasa seperti Obediah Stane dari Iron Man pertama, yang ditampilkan ulang dengan identitas dan motivasi baru. Sementara Avengers: Age of Ultron… selain hubungan Bruce Banner yang dipaksakan, Ultron yang perannya sebagai antagonis kalah oleh keretakan Avengers sendiri, serta peran keseluruhan filmnya yang hanya menjadi jembatan untuk Phase 3 mengurangi kenikmatan menyaksikannya.

Film Terbaik Marvel - Ant-ManPada akhirnya, pilihan nomor tiga ini jatuh ke Ant-Man. Kenapa? Karena bila dibandingkan dengan seksama, walau skala konfliknya kalah epik Ant-Man lebih terasa seperti film utuh, bukan sekedar penghubung ke film lain. Bahkan referensi dan easter egg-nya pun disajikan begitu bagus, hingga tak mengganggu penonton awam namun tetap dapat membuat fans kegirangan.

Film apa yang pantas didaulat menjadi runner up dan juara? Cek halaman dua untuk jawabannya!

1
2

SHARE
Previous articleInilah Alasan Kenapa Tidak Ada Levi dalam Live-Action Attack on Titan!
Next articleResident Evil Revelations 2 PS Vita Dapatkan Dua Episode Eksklusif!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.