Anime Incest dan Budaya Jepang yang Salah Kaprah!

oniai

Anime incest adalah jenis atau genre anime yang punya fanbase sendiri di negeri Sakura. Parahnya, genre ini dengan cepat popular juga di negara-negara luar Jepang.

Setelah LGBT dan Pernikahan Sejenis, Apa Selanjutnya Giliran Pernikahan dengan Karakter Game/Anime yang Dilegalkan?

LGBT dan pernikahan sejenis kini dilegalkan di seluruh Amerika Serikat. Setelah pernikahan sesama jenis ini dilegalkan, apa selanjutnya?
Baca Juga

Para penggemar anime ber-genre ini tentu saja tidak mempermasalahkan alur cerita yang menggambarkan hubungan incest. Mungkin mereka menganggap bahwa itu hanyalah bagian cerita dan menjadi salah satu ciri khas dalam anime Jepang. Namun ternyata, seiring berjalannya waktu, beberapa negara yang mulai merasakan dampak buruk ketika seseorang terlalu sering menyaksikan anime yang menggambarkan hubungan incest.

Memang sangat disayangkan, karena anime Jepang ini tidak hanya dikonsumsi oleh remaja, namun juga anak-anak. Maklum, masih banyak anggapan bahwa anime (atau film kartun) adalah konsumsi anak-anak.

Penggemar anime seharusnya dapat memilah dan memilih anime mana yang memang baik untuk dikonsumsi, dan mana yang sebaiknya ditinggalkan. Menurut saya, anime yang mengandung unsur incest ini dapat membawa dampak buruk, khususnya terkait dengan perilaku seksual menyimpang.

Secara Tidak Langsung Dapat Mengubah Pandangan Incest Itu Legal

yasuganosora
Yosuga no Sora, salah satu anime incest

Sementara Itu, Pernikahan Robot Terjadi di Jepang!

Jika dibelahan dunia lain sibuk dengan penikahan sesama jenis, maka di Jepang telah berlangsung sebuah pernikahan robot pertama di dunia!
Baca Juga

Meskipun hanya sebagai bumbu dalam cerita, namun pesan-pesan yang terkandung dalam anime incest ini tentu saja akan mempengaruhi mereka yang menontonnya. Secara tidak sadar, pesan-pesan atau value ini akan tertanam dan mengubah pandangan bahwa incest atau hubungan saling mencintai (bersifat seksual) yang dilakukan oleh pasangan yang memiliki ikatan keluarga (kekerabatan) dekat ini adalah hal yang wajar.

Pandangan setiap orang tentu saja berbeda. Ada yang mungkin menganggap incest itu hanya cerita dan olok-olok semata, namun bisa jadi ada yang begitu parahnya dan sampai menganggap bahwa hubungan sedarah semacam ini memang sah-sah saja. Sehingga sangat penting untuk menjauhkan anime yang menceritakan hubungan incest ini kepada adik-adik kita yang masih di bawah umur.

Tidak percaya bahwa sudah ada orang-orang yang menganggap incest adalah hubungan sah? Di Jerman, tuntutan legalitas terhadap hubungan sedarah ini semakin marak.

Beberapa Serial Anime Yang Menceritakan Pasangan Incest Perlu Dihindari

  • Mahouka Koukou no Rettousei: menceritakan bahwa Shiba Miyuki memiliki perasaan khusus dengan Shiba Tatsuya, kakak kandungnya.
  • Selector Infected Wixoss: menceritakan Kurebayashi Yukuzi yang juga mencintai kakaknya sendiri, Kurebayashi Kazuki, kemudian berusaha untuk tidak dipandang tabu masyarakat.
  • Hitsugi no Chaika: menceritakan Acura Akari, yang merasa cemburu dengan Chaika yang terlalu dekat dengan sang kakak. Namun kakak Akari, Acura Toru, tampaknya tidak tahu bahwa adiknya menyukai dirinya.
  • No Game, No Life: menceritakan Shiro, adik Sora yang menasehati kakaknya yang memiliki kebiasaan kelewat batas dalam hubungan. Namun baik Shiro dan Sora tidak mempermasalahkan ‘kelewatbatas’ hubungan antar keduanya.
  • Yosuga no Sora: menceritakan Kasugano Sora dan Kasugano Haruka sebagai saudara kandung yang menganggap biasa hubungan intim antar keduanya.
  • OniAi: menceritakan Akiko yang ingin menikah dengan kakaknya, Akito.
  • Koi Kaze: menceritakan Kohinata Nanoka yang berhubungan dengan Saeki Koshiro, padahal mereka adalah kakak adik.
yasuga-cosplay
Sudah banyak cosplay yang turut memerankan pasangan Yosuga no Sora

Judul-judul anime incest tersebut sedapat mungkin dijauhkan dari jangkauan adik-adik kita. Sebab hal ini dapat merusak pemahaman mereka dan membuat mereka berpandangan bahwa menyukai saudara kandung sendiri itu tidak salah.

Jepang Menganggap Anime Incest Biasa, Belum Tentu Negara Lain Sama!

Dalam membuat segala sesuatu, tentu saja Jepang juga berdasarkan banyak pertimbangan. Orang-orang Jepang memang memiliki budaya yang berbeda dengan negara lain. Namun mereka tentu tahu mana yang hanya layak untuk disaksikan dan tidak ditiru, dengan mana yang baik dan harus dicontoh.

Sayangnya, meskipun orang-orang Jepang dapat membedakan anime incest yang hanya sebagai bagian dari cerita, belum tentu penonton dari negara lain juga sama. Dan hal itu yang dapat membahayakan. Apalagi karena jelas budaya negara yang satu berbeda dengan negara lainnya.

koikaze-1 koikaze-2

Untuk itu, bimbingan orang tua sangat diperlukan, untuk memberikan bekal pengetahuan mengenai anime mana yang layak disaksikan oleh adik-adik kita. Jika memiliki saudara yang gemar dengan anime, pastikan anime yang disaksikan adalah anime yang wajar dan tidak memiliki dampak buruk terhadap psikologis mereka. Sebab tidak sedikit pengaruh kehidupan secara tidak langsung karena hobi, termasuk menonton anime. Jika memang tidak ingin orang-orang berpandangan incest itu legal, maka sebelum terlambat lebih baik jauhi anime-anime incest ini.


SHARE
Previous articleRise of the Tomb Raider Versi PC dan PS4 Dirilis Tahun 2016!
Next articleInikah Pesan Terakhir Naruto dalam Boruto the Movie? (Teaser Video)
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.