7 Fakta Adit Sopo Jarwo Terbaru yang Perlu Kita Tahu

Adit-Sopo-Jarwo

Adit Sopo Jarwo terbaru pastinya ditunggu-tunggu karena memang semakin lucu. Siapa yang tidak kenal dengan animasi asli Indonesia yang satu ini?

Kemunculan Adit & Sopo Jarwo menjadi bukti bahwa Indonesia pun patut berbangga dengan tayangan di salah satu stasiun televisi Indonesia ini. Meskipun lebih sering memutar episode yang sama berulang kali, namun tetap saja membuat pecinta animasi Adit & Sopo Jarwo tidak pernah bosan. Karakter-karakter yang dimunculkan secara sederhana dan cerita yang ringan mampu menggelitik dengan mudah. Ternyata ada fakta-fakta yang perlu kamu tahu dari film animasi Adit & Sopo Jarwo.


1

Judul Asli Berbeda Dengan Pengucapan


Sudah menjadi rahasia umum jika lidah orang Indonesia suka menghilangkan huruf atau kata ketika membaca judul atau nama. Sama seperti judul untuk animasi Adit & Sopo Jarwo ini. Orang-orang selalu menyebut dengan Adit Sopo Jarwo. Kata “dan” yang dilambangkan dengan ‘&’ tidak ikut disertakan ketika diucapkan.


2

Tokoh Adit Adalah Nama yang Umum di Indonesia


adit

Salah satu tokoh animasi utama di Adit & Sopo Jarwo adalah Adit. Lalu mengapa MD Animation, produsen animasi ini memilih nama Adit?

Sebelumnya, sudah ada berapa orang kah di sekitarmu, entah teman, saudara, sahabat, yang memiliki nama panggilan Adit?

Tentu lebih dari satu! Dapat dikatakan nama Adit adalah nama umum di Indonesia. Sehingga untuk itulah dipilih nama Adit. Selain itu juga, agar animasi Adit & Sopo Jarwo selalu mudah untuk diingat banyak orang.


3

Tokoh Bang Jarwo yang Tidak Jelas Posisinya


bang-jarwo-sutan

Battle of Surabaya, Siap Tayang 20 Agustus Mendatang!

Proses Post Production Film Battle of Surabaya di Kantana Studio Bangkok Thailand telah SELESAI! Film ini akan tayang 20 Agustus 2015.
Baca Juga

Bang Jarwo alias Sopo Jarwo alias Siapa Jarwo? Ya, siapa sebenarnya Jarwo dalam animasi Adit & Sopo Jarwo.

Meskipun bang Jarwo (yang berwajah mirip Sutan Bhatoegana) memiliki karakter yang identik dengan motor butut dan bisingnya, namun posisinya dalam lingkungan tersebut tidak jelas. Bang Jarwo adalah orang yang mau disuruh ini dan itu oleh tetangganya. Dan ternyata sesuai fakta, bang Jarwo menggambarkan karakter dari bangsa Indonesia yang dapat diandalkan untuk banyak pekerjaan, tetapi masih dianggap lemah dibanding beberapa negara lainnya, termasuk negara-negara tetangga.

Hal ini tentu saja mengajarkan pada anak-anak, bahwa sukses itu tidak bisa didapat dengan jalan pintas seperti yang biasa dilakukan Bang Jarwo. Orang yang suka curang, aji mumpung, selalu akan mendapat balasan yang setimpal.

Film ini seperti memberi teladan negatif. Maksudnya jika tidak ingin seperti Bang Jarwo yang selalu apes, maka berbuatlah jujur.


4

Mengajarkan Bully?


Namun ada juga yang tidak sependapat dengan poin nomor 3 di atas. Seorang pengguna Facebook bernama Ahmad Nashih Luthfi menganggap kalau seri animasi Adit & Sopo Jarwo ini

Berikut pernyataannya:

Sopo-Jarwo gak habis-habis dibully sama bang haji dkk di kompleks perumahan-kampung itu. Dah kerjanya gak jelas, penghasilan gak jelas, rumah gak jelas, pendidikan rendah, mau cari pendapatan aja susahnya minta ampun. Film kayak gini kok mau saingan sama Upin-Ipin dan Pada Zaman Dahulu…

Film ini memberi kesan mengesahkan tindakan: mari mem-bully Jarwo, bersikap tidak adil pada wong cilik susah penghasilan macam Jarwo. Mari membuatnya jd bahan tertawaan. Cukup beri nasehat atas kesusahannya. Ini film anak macam apa ya. Sepanjang cerita diskenariokan utk membuat Jarwo masuk akal dengan segenap kekeliruannya, tidak memberikan kesempatan dia senang, mendapat kemudahan rezeki; tapi malah dikenakan berbagai stereotype Jarwo yang malas, licik, dan apes: “nasib-nasib”, keluhnya yang khas. Bahkan dalam episode dia kehilangan ktp dan ditemukan Adit yg lalu memberinya kejutan hadiah, bukan hadiah juga yg Jarwo peroleh. Kenapa ktp tidak dikembalikan Adit ketika Jarwo membutuhkan kerja dan di depan mata ada org yg menawari lalu tiba-tiba urung hanya karena gak punya ktp?

Juga dalam cerita lain, kenapa Adit gak sigap menahan tangga yg oleng dinaiki Jarwo yg akan memperbaiki antena demi upah yg diharapkannya pdhl Jarwo sdh berteriak minta tolong, dan membiarkan Jarwo spontan menjaga keseimbangan diri dg memegang apa yg didepannya berupa kabel yg malah berakibat antena-antena tetangga lain berantakan? Beda sekali dengan Sopo yg juga oleng naik tangga tapi lgsg ditenangkan Adit dengan menyuruhnya mengingat masa kecilnya. Hebat juga peran Adit ini. Bagi Jawo, uang luput di tangan, badan kesakitan tertimpa, dan lagi-lagi apes harus membetulkan banyak antena. Lalu Pak Dedy Mizwar yang mbagusi itu datang menasehatinya sebagai penutup cerita. Astaghfirullah Jarwo Jarwo, nasibmu wong cilik….Nasibmu anak Indonesia dengan tontonan yang kacau begini.

Saya mengusulkan tayangan ini ditarik saja.


5

Siapa Nama Asli Tokoh Sopo?


sopo-jarwo

Dijelaskan di awal bahwa Sopo Jarwo adalah bahasa Jawa untuk mengucapkan siapa Jarwo. Namun kenapa dipakai untuk menyebut tokoh pria bertubuh gemuk yang selalu ikut Bang Jarwo kesana-kemari.

Sampai saat ini belum diketahui apakah tokoh yang disebut sebagai Bang Sopo ini memang memiliki nama “Sopo”. Sebab nama ini tentu asing dan tidak wajar di telinga kita.


6

Animasi Yang Selalu Diulang


cherrybelle

Bagi anak-anak, melihat episode Adit & Sopo Jarwo tidak akan pernah bosan. Namun bagi orang dewasa yang menyadari bahwa episode dari animasi Adit & Sopo Jarwo terus menerus diulang, tentu saja akan bosan.

Fakta itu memang benar, Adit & Sopo Jarwo baru memiliki sedikit episode. Dan untuk satu episode dapat diulang hingga enam puluh kali. Alasannya karena untuk menghasilkan satu hingga dua buah episode, para animator perlu menyelesaikan selama sebulan. Sehingga demi tuntutan pasar animasi, maka animasi Adit & Sopo Jarwo pun diulang berkali-kali.


7

Cherrybelle dan Jokowi


Salah satu episode Adit Sopo Jarwo terbaru, yaitu episode ke 25, menjadi episode yang seru dan lucu, karena bang Jarwo dibuat begitu gembira. Kesenangan tersebut karena ada Cherrybelle yang datang ke kampung Adit.

https://youtu.be/pkdEk_DSZIk

Kemudian ada pula episode seru yang mendatangkan tokoh presiden Jokowi. Ditayangkan pada akhir bulan Maret 2015 dengan judul Nonton Film Indonesia Bareng Jokowi, menjadi episode yang juga seru untuk disaksikan.

Update Adit Sopo Jarwo terbaru, pada bulan Juli 2015 ini, animasi ini juga menayangkan episode Adit & Sopo Jarwo Edisi Lebaran:

Ternyata dibalik fakta-fakta di atas menjadikan animasi Indonesia ini tetap ditunggu setiap episode Adit Sopo Jarwo terbaru.


SHARE
Previous articleMenebak Hasil Perebutan Wild Card The International
Next articleFallout Shelter Android Dirilis 13 Agustus, Mendapat Update Mr. Handy
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.