Game Horor Lain Makin Kelihatan Cemen! Baru Demo Until Dawn Saja Bikin Bergidik!

Game-Horor-Until-Dawn-1

WARNING: SPOILER ALERT!

Game Horor Lain Jadi Kelihatan Cemen Dibandingkan Dengan Yang Satu Ini!

Game Horor Lain Jadi Kelihatan Cemen Dibandingkan Dengan Yang Satu Ini! Game Horor Terbaru, Game Horor Terbaik, Game Horor Seram, Guide Until Dawn.
Baca Juga

Selama Gamescom 2012, Sony Computer Entertainment mengkonfirmasikan Until Dawn sebuah game yang menjadi perpaduan antara game horor dan adventure, serta juga elemen survival horror. Kami sendiri lebih suka menyebutnya sebagai perpaduan antara Heavy Rain dengan tipikal game adventure-nya Telltale Games, sebuah horor interaktif. Until Dawn ditangani developer yang sebelumnya membuat game digital untuk PSN, Tumble (dirilis tahun 2010), yaitu Supermassive Games. Game ini juga terinspirasi oleh film horor remaja Amerika seperti serial Scream, Saw, House of Wax hingga I Know What You Did Last Summer (karena itu juga semua suara karakternya diperankan para artis yang dikenal melalui film bertema remaja), serta diklaim mampu membawa pemainnya menyatu dengan karakternya. Selama memainkannya, kalian juga bisa merasa jika game ini seakan menjadi film-film thriller / horor remaja tesebut, namun bisa dikendalikan melalui DualShock 4-nya PlayStation 4.

PlayStation E3 2015 – Until Dawn Live Coverage | PS4

Game horor eksklusif PlayStation 4 ini bakal dirilis  di Amerika Utara pada 25 Agustus mendatang, di Eropa pada 26 Agustus, Inggris Raya serta Irlandia pada 28 Agustus 2015, dan juga tidak ketinggalan melalui Sony Computer Entertainmnet Hong Kong (SCEH), Indonesia mendapatkan edisi khusus. Pilihannya, Until Dawn yang dipakerkan bersa,a steelbook case premium dan juga tambahan gameplay selama 25 menit. Bonus pre order Until Dawn ini sendiri sebelumnya hanya dikonfirmasikan untuk Eropa dan US saja, dan kini gamer Indonesia pun bisa menikmatinya!

Game-Horor-Until-Dawn-2

Need for Speed Terbaru Bikin Kalian Susah Bedakan Game dengan Gambar Asli!

Need for Speed Terbaru Bikin Kalian Susah Bedakan Game dengan Gambar Asli! Download Need for Speed reboot, gambar Need for Speed, game racing terbaru
Baca Juga

Until Dawn memang unik. Selain engine-nya merupakan engine game yang sama sekali tidak berbasis game survivor horror, karena menggunakan engine modifikasian dari engine Killzone: Shadow Fall, yang dikenal sebagai Umbra 3, dan juga digunakan dalam Guild Wars 2 serta World of Tanks. Kemudian apa yang membedakan game ini dengan tipikal survival horror lainnya bukan hanya aspek visualnya yang realistis dan menurut kami membuat game horor lainnya jadi kelihatan cemen (baik dari segi grafis, dan juga ketegangan yang ditawarkan), namun juga penerapan mekanis Butterfly Effect.

Game-Horor-Until-Dawn-3

Skenario game ini bakal berubah seiring setiap pilihan, kecil atau besar, yang semuanya bergantung pada keputusan yang kalian berikan untuk karakter, dalam membentuk cerita mereka yang berbeda. Pilihan yang salah bisa berujung pada kematian karakter.

Game-Horor-Until-Dawn-4

Kalian penggemar cerita horor remaja mungkin familiar dengan ide ceritanya. Entah apa alasannya, beberapa remaja yang menjadi karakter game ini menghabiskan liburan tahunan di sebuah kabin terpencil di gunung, dengan tujuan untuk mengenang teman mereka yang telah meninggal di tempat tersebut, yaitu dua bersaudara Hannah dan Beth Washington (video terakhir di bawah memperlihatkan kematian mereka).

Game-Horor-Until-Dawn-5

Para remaja iseng itu antara lain Sam (disuarakan Hayden Panettiere, Kairi dalam Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts II), Josh (Rami Malek, pemeran King Ahkmenrah dalam Night at the Museum: Secret of the Tomb), Jessica (Meaghan Martin, pengisi suara Naminé dalam Kingdom Hearts), Mike (Brett Dalton, pemeran Agent Grant Ward dalam Marvel Agents of S.H.I.E.L.D.), Emily (Nichole Bloom, pemeran Amanda dalam serial komedi Shameless), Matt (Jordan Fisher), Ashley (Galadriel Stineman, pemeran Vanessa dalam Glee), dan Chris (Noah Fleiss).

Bagaimana jika kalian dihadapkan pada pilihan, membunuh cewek cakep di sebelah kiri, atau teman cowok di sebelah kanan? Tidak ada opsi ketiga!
Bagaimana jika kalian dihadapkan pada pilihan, membunuh cewek cakep di sebelah kiri, atau teman cowok di sebelah kanan? Tidak ada opsi ketiga!

Seiring drama berjalan diantara mereka selama beberapa hari bermalam di dalam kabin terpencil tersebut, mereka mulai menyadari jika menjadi target pembunuhan berantai, dan ya, seperti tipikal drama thriller remaja dari Barat, si pembunuh ini benar-benar misterius, dan bisa jadi salah satu diantara mereka sendiri. Gameplay game ini kemudian diungkapkan melalui serangkaian pilihan yang haris kalian ambil, untuk menuntun karakter melalui beragam skenario berbahaya dan drama sosial. Saat itulah Butterfly Effect-nya muncul dalam game horor ini, karena beberapa pilihan memiliki efek yang lebih berat dibandingkan lainnya, dan bisa merubah arah dan hasil akhir cerita. Semacam Life is Strange, namun dengan atmosfer yang jauh lebih mencekam. Efek dari pilihan tersebut bakal terus menumpuk, dan konsekuensi akhirnya baru terlihat di akhir cerita.

Game-Horor-Until-Dawn-7

Minggu lalu Sony merilis preview demo game horor ini, yang sebenarnya sama seperti demo playable yang mereka berikan selam E3 2015 lalu. Meskipun singkat, namun kami bisa melihat beberapa contoh efek kupu-kupu terwujud selama permainan. Kami fokuskan melalui video pertama di bawah, yang dirilis PlayStation Access. Melalui sepasang remaja yang dikisahkan juga menjalin hubungan kasih selama game, Matt dan Emily. Mereka berniat mencari menara radio yang lokasinya agak ke puncak, untuk meminta bantuan (karena memang sarana komununikasi nirkabel tidak mendapatkan sinyal di sana), setelah salah seorang temannya terbunuh.

Game-Horor-Until-Dawn-8

Selama perjalanan, mereka dihadang sekawanan rusa. Ada dua opsi, menembus kawanan tersebut dengan fisik, atau tetap tenang dan bergerak pelan. Memilih cara yang lebih damai, memungkinkan keduanya terus melanjutkan perjalanan. Sedangkan cara yang agak keras, justru membuat Matt tergelincir dan bergantungan pada tebing. Bakal ada bebereapa quick-time event menyusul, serta tentu saja opsi lanjutan. Jika salah, dia bakal terjatuh. Jika tepat pilihannya, maka efek kuku-kupunya bakal di-update, karakter selamat, batal tewas.

Game-Horor-Until-Dawn-9

Saat mencapai menara radio, kedua remaja tersebut kembali mendapat musibah. Saat mereka berusaha mencari bantuan mengunakan radio, ternyata itu justru membuat si pembunuh mengetahui keberadaan mereka. Kabel yang mengaitkan menara ke sisi bukit pun terputus (atau diputus oleh si pembunuh ya?). Hasilnya, menara itu perlahan runtuh. Matt memang berhasil selamat, namun Emily terjebak bergantungan di pagar yang rusak. Kembali ada opsi di sini, selamatkan diri, atau selamatkan Emily. Kalian bisa memilih mengorbankannya saja, karena Matt akhirnya dengan memilih opsi yang tepat, bakal mengetahui jika Emily telah berselingkuh. Namun jika perasaan kalian tidak tega, bisa mencoba menyelamatkannya. Sayangnya, tetap saja tidak memberi reward apa-apa, Emily tetap tewas.

Game-Horor-Until-Dawn-10

Dan itu rute yang tepat. Matt mengetahui pasti jika kekasihnya ternyata sudah selingkuh, dan meskipun dia memaafkan, dan mencoba menyelamatkannya, Emily tetap mendapat ganjarannya, dia terjatuh dan tewas. Oh ya, Kalian bakal tahu selama suatu adegan / setelah mengambil sebuah pilihan, jika ada Butterfly Effect-nya, melalui gambar kuku-kupu yang tiba-tiba muncul di sisi kiri-atas layar. Saat itu terjadi, bakal ada efeknya yang akan segera, atau nantinya bakal kalian temui.

Game Horor Until Dawn Gameplay: Butterfly Effect

Lanjut ke halaman 2…. untuk melihat video demo dan screenshot lainnya!

1
2

SHARE
Previous articleCAMIA: Lewat Mobile Game Conference, Ingin Jembatani Industri Game Mobile di China dan Indonesia
Next articleGagal Move On, Mortal Kombat X Hadirkan Klassic Fatality!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.