Seragam Sekolah Baru Indonesia, Kini Ada Iklannya?

Arus timeline media sosial beberapa hari ini dipenuhi pesan viral terkait desain seragam sekolah baru Indonesia yang nampak janggal. Kejanggalan itu bisa dilihat dari tambahan badge “aku benci narkoba” di atas nama pelajar dan “aku benci korupsi”di atas logo osis.

Seragam Sekolah Baru Indonesia - aSebenarnya penambahan badge ini bukanlah hal baru. Tahun kemarin pemerintah lewat Kemdikbud telah mewajibkan pemasangan atribut merah putih di seragam sekolah. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, mengatakan, peraturan baru tentang seragam ini merupakan penyempurnaan peraturan seragam sekolah sebelumnya, yaitu SK Dirjen Dikdasmen No. 100 tahun 1991. Permendikbud No. 45 tahun 2014 itu berlaku nasional untuk jenjang SD hingga SMA/SMK. Salah satu perubahan seragam lama ke seragam baru yang tercantum dalam permendikbud adalah penambahan badge merah putih ukuran 5 cm x 3 cm di dada sebelah kiri (di atas saku baju). Sedangkan untuk badge nama siswa dan nama sekolah sama seperti sebelumnya. Pemerintah mengharapkan dengan penambahan badge merah putih siswa menjadi sadar bahwa dia warga negara yang semangatnya merah putih, sehingga ada ikatan persaudaraan selaku warga negara,

Kamu Bisa Jadi Gamer Profesional Hebat Jika Sekolah di Sini!

Ingin jadi juara Dota 2 The International? Sekolah di sini dulu!
Baca Juga

Setahun pasca itu kini sebuah sekolah di Makasar melakukan penambahan badge baru di seragam sekolah. Kali ini bukan lagi simbol semacam merah putih yang diangkat, tetapi jargon. Adapun jargon yang diusung adalah “Aku Benci Narkoba” dan “Aku Benci Korupsi”. Badge tersebut dipasang sebagai wujud kepedulian sekolah terhadap banyaknya siswa yang telah terjerumus dalam lembah hitam narkoba. Sedangkan korupsi sendiri telah merampas kesucian para pejabat dan negarawan.

Melihat hal ini ada begitu banyak tanggapan pengguna sosial media. Postingan ini dikomentari dengan nada bercanda oleh sejumlah pengguna Twitter yang lain.

“Untung udah ga sekolah lagiii hiiiiy *merinding*,” kata salah satu pengguna dengan nama Mirantidewi.

Sementara pemilik akun Imandita menambahkan, “boleh pesen ga tulisannya? “No to friendzone”.

Beberapa bahkan melakukan perubahan desain sebagai bentuk sindiran terhadap desain seragam sekolah baru yang terlalu ramai.

Seragam Sekolah Baru Indonesia - 7Seragam Sekolah Baru Indonesia - 6Seragam Sekolah Baru Indonesia - 5

Seragam-Sekolah-Baru-Indonesia-3

Banyak pengguna sosial media yang kaget dengan badge-badge baru di seragam siswa SMA Makassar ini. Banyak yang berpendapat jika kedua badge itu kurang efektif karena untuk menjauhi narkoba dan korupsi pada dasarnya tergantung masing-masing orang. Belum lagi badge-badge baru itu seolah ‘memperkeruh’ tampilan seragam. Lagipula, jika ternyata pemasangan badge memang efektif untuk memberikan efek jauh dari narkoba dan korupsi seharusnya para pejabat lah yang pertama kali harus memakainya, bukan siswa.

Nah, jika seragam semua pelajar sekolah di Indonesia ditetapkan seperti ini, bagaimana pendapatmu?


SHARE
Previous articlePesan Rahasia Hideo Kojima Prediksikan Dia Bakal Didepak dari Konami!
Next articleCAMIA: Lewat Mobile Game Conference, Ingin Jembatani Industri Game Mobile di China dan Indonesia