Video Game Bakal Dijual Resmi Secara Luas di Tiongkok! Indonesia Kapan?

Video-Game-Tiongkok-1

Pasca Tiongkok mengangkat “segel” yang diberlakukan sejak tahun 2009 lalu, dan kini memungkinkan para produsen konsol memasarkan platform game mereka di negara dengan populasi terbesar, sekaligus target pasar paling menjanjikan untuk bisnis video game tersebut, para produsen mulai berbaris masuk menggarap Tiongkok. Mulai dengan Microsoft yang memasarkan Xbox One September 2014 lalu, kemudian menyusul Sony dengan PlayStation 4 dan PlayStation Vita akhir tahun 2014.

Sony Nonjok Muka Microsoft dan Nintendo, Angka Penjualan PlayStation 4 Kian Meroket!

Sepertinya serangan DDoS akan kembali (lebih sering) terjadi kepada Sony dengan makin melambungnya platform game mereka.
Baca Juga

Seperti aturan awal, untuk mendukung bisnis Xbox di Tiongkok, sebagai bagian dari zona perdagangan bebas di Shanghai, State Council (pengambil keputusan tertinggi di pemerintahan Tiongkok) hanya memperbolehkan perusahaan asing yang memproduksi dan menjual produk di dalam Shanghai Free Trade Zone / zona perdagangan bebas saja, tidak ke seluruh wilayah Tiongkok. Produsen pun hanya bisa menjual produk mereka ke Tiongkok, dengan syarat, setiap produk (dalam hal ini konsol dan video gamenya, bahkan berapa jumlah yang akan beredar) yang akan dijual tetap harus mendapat persetujuan dari Departemen Kebudayaan China. Game yang kelewat keras atau tidak sesuai dengan aturan dan kebijakan di Tiongkok tetap tidak mungkin dijual di sana.

Dipotong harganya bolak-balik, tetep aja ga laku-laku ya... Nasibmu Wii U!

Microsoft Sediakan 5 Juta Unit Xbox One Versi Tiongkok, Siap Menyusul Penjualan PS4

Microsoft sudah menentukan 23 September 2014 nanti Xbox One mulai dijual di Tiongkok. Sedangkan Sony Computer Entertainment sendiri belum menentukan kapan tanggal yang pasti bakal masuk ke negara tersebut.
Baca Juga

Namun sepertinya pemerintah Tiongkok mulai melunak, dan mereka berniat membuka sepenuhnya ban konsol yang pertama kali diberlakukan sejak tahun 2009 silam. Aturan baru pemerintah Tiongkok bakal melepaskan batasan dimana produsen video game tersebut bakal memproduksi dan memasarkan produk mereka, dan nantinya mereka bisa memasarkannya di mana saja. Menurut The Wall Street Journal, pernyataan Ministry of Culture / Kementrian Kebudayaan Tiongkok yang dirilis minggu lalu tersebut, bakal memberi angin segar kepada para produsen seperti Sony, Microsoft dan Nintendo. Jika sebelumnya mereka hanya bisa beroperasi di dalam Shanghai Free Trade Zone saja, yang mana jelas membatasi penjualan dan potensi pertumbuhan (walaupun faktanya Xbox One jauh lebih laku di wilayah yang terbatas tersebut dibandingkan di Jepang), maka kini mereka bisa lebih luas memasarkan platform gamenya. Langkah ini diambil Ministry of Culture setelah mengevaluasi suksesnya perkembangan penjualan platform game di Shanghai Free Trade Zone saja.

Video-Game-Tiongkok-2

Aturan baru Ministry of Culture membuka pintu ke pasar video game yang lebih berpotensi di Tiongkok, dimana sebelumnya, gamer telah merubah preferensi mereka ke PC dan gadget mobile, karena batasan bisa mendapatkan konsol game seperti Xbox, PlayStation dan Wii. Dengan ditambah konsol game yang akan mulai meluas cakupan pemasarannya, pasar game Tiongkok diprediksi bertambah, dan tahun ini termasuk penjualan game mobile dan konsol, diperkirakan mencapai US $22.2 milyar, atau meningkat 23% dibandingkan tahun lalu.

Xbox-One-2

Sony Resmi Membawa PlayStation 4 ke Indonesia Dengan 30 Launch Tittle dan 4 Bundle Menarik

Sony bergerak cepat dalam memasarkan konsol terbarunya PlayStation 4. Setelah Amerika Utara dan Kanada, dan kemudian Eropa, Australia, Selandia Baru dan Brasil, kini Sony Indonesia mengkonfirmasikan juga akan memasarkan PS4 di Indonesia awal Januari 2014 mendatang.
Baca Juga

Tiongkok sudah menjadi negara baru yang menjadi target pasar menggiurkan untuk produsen konsol, dan negara lainnya dengan penduduk / target pasar besar lainnya yang terdekat dengan Tiongkok selain India adalah Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara terbaik di Asia Pasifik untuk berinvestasi. Kondisi ini terbentuk karena sifat konsurisasi yang sangat tinggi pada masyarakat terhadap produk-produk teknologi. Populasi dan kestabilan ekonomi juga ikut menjadi faktor pendukung bagi investor untuk terjun ke pasar Indonesia. Faktor lain yang ikut menentukan adalah jumlah pengguna internet yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

PlayStation-4-5

Hingga kini pasar video game Indonesia dikuasai oleh game online dengan tingkat revenue yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan penjualan pada segmen lain. Game online berhasil menguasai karena telah terbentuknya jalur distribusi yang baik dari segi client maupun voucher pembayaran. Sementara itu, segmen lainnya: konsol, handheld serta tablet dan smartphone masih belum sebaik online.

Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia (Part 1)

Industri video game telah berkembang sangat pesat 10 tahun terakhir. Dari yang awalnya dikaitkan dengan permainan anak-anak, telah berevolusi menjadi industri hiburan segala usia dengan nilai puluhan milyar dollar.
Baca Juga

Namun di negara kita, Sony sudah mulai serius memasarkan produk mereka secara resmi. Bahkan terakhir Sony sudah menggandeng outlet lokal dan menjadikan mereka sebagai partner resmi penjualan PlayStation, yang diberi nama PlayStation Authorized Dealer. Apa yang yang sudah dilakukan Sony tersebut merupakan hal yang sangat positif. Jika sebelumnya Indonesia dianggap sebagai negara antah berantah yang selalu menggunakan game-game bajakan, setidaknya sekarang Sony sudah melihat Indonesia sebagai market potensial.

Memang sejak peluncuran PlayStation 4 dan PlayStation Vita di Indonesia, Sony terlihat sangat tertarik dengan pasar game di Indonesia. Sebelumnya mereka juga merilis manual The Last of Us Remastered dengan teks bahasa Indonesia serta game One Upon Light yang dilengkapi dengan teks bahasa Indonesia. Harapan kami, langkah Sony ini juga segera diikuti oleh dua kompetitor terkuatnya, Microsoft dan Nintendo. Sudah saatnya Indonesia diperhitungkan oleh produsen video game dunia.

SHARE
Previous articlePria Ini Ubah Kamar Anaknya Menjadi Track Mario Kart
Next articlePopcon Asia 2015 Hadirkan Demo Assassin’s Creed Syndicate Eksklusif dari Ubisoft!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.