Dragon Quest XI Dikonfirmasikan untuk PS4 dan 3DS, Bisa Dimainkan Offline!

Dragon-Quest-XI-1

Hanya Di Sini Kalian Melihat “Goku” Bertarung Gunakan Pedang Melawan Monster

Yang menarik justru judulnya yang amat panjang: Dragon Quest Heroes The World Tree’s Woe and the Blight Below!
Baca Juga

Seperti pernah kita ulas sebelumnya, Square Enix menjalankan proses pengembangan Dragon Quest XI bersamaan dengan Dragon Quest Heroes. Menurut kreator serial Dragon Quest, Yuji Horii, pihaknya ingin kita memainkan Dragon Quest Heroes terlebih dahulu, sehingga game action adventure kolosal tersebut yang dirilis lebih awal. Sedangkan untuk Dragon Quest XI: In Search of Departed Time, akhirnya dikonfirmasikan resmi kemarin sore selama press conference Dragon Quest, yang bisa kalian lihat streamingnya melalui video di bawah (dimulai pada menit ke-10). Game tersebut dikembangkan untuk PlayStation 4 dan 3DS, dan tidak seperti prekuelnya Dragon Quest X yang berupa game MMORPG, Dragon Quest XI bisa dimainkan offline. Bahkan Square Enix juga tertarik untuk membuat satu versi lainnya dari Dragon Quest XI ini untuk Nintendo NX. Selain game ini, mereka juga berniat membawa MMORPG Dragon Quest X untuk Nintendo NX, demikian juga untuk PS4.

https://youtu.be/5Kgmb_k3q5U?t=613

Dragon Quest XI disutradarai oleh Takeshi Uchikawa dan diproduseri oleh Yosuke Saito, dengan musik masih sama ditangani komposer serial Dragon Quest, Koichi Sugiyama, yang saat ini sudah berusia 84 tahun. Baik versi PS4 dan 3DS sama skenario ceritanya, namun karena perbedaan hardware, kualitas visualnya pun tidak bisa dibandingkan. Selain itu, ada beberapa anggota tim-nya yang berbeda.

Dragon-Quest-XI-2

Untuk versi PS4, produsernya Hokuto Okamoto, dengan tim inti pengembangannya terdiri dari tim Square Enix. Karena tingginya kebutuhan resource untukgame ini, maka Square Enix memutuskan juga bekerjasama dengan developer third-party Orca. Dan juga karena fokusnya multi-platform, Dragon Quest XI dibuat menggunakan engine Unreal Engine 4. Kemudian untuk versi 3DS-nya, ditangani produser Kento Yokota. Staf yang mengerjakan sama seperti versi PS4, hanya saja Square Enix juga meminta bantuan dari developer eksternal, Toylogic. Khusus untuk versi 3DS-nya, Dragon Quest XI memberi opsi kebebasan berubah antara mode 3D (yang modern) dan 2D (seperti tipikal Dragon Quest klasik) untuk tampilan pertarungannya.

Dragon-Quest-XI-3

Square Enix menargetkan game ini dirilis untuk kedua versinya, bersamaan dengan perayaan 30 tahun serial Dragon Quest. Dengan ulang tahun ke-30 serial ini yang jatuh pada 27 Mei 2016 mendatang (game pertamanya dirilis untuk Famicom / NES 27 Mei 1986 silam), maka kita sudah bida memastikan jika Dragon Quest XI bakal hadir tahun depan, bersamaan baik itu versi PS4 dan 3DS-nya.


SHARE
Previous articleSpesifikasi OnePlus 2 Dibuat untuk “Membunuh” Samsung Galaxy S7 dan LG G5!
Next articleSambut Pixels, Inilah 5 Film Adaptasi Game Paling Jelek yang Pernah Dibuat!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.