Spesifikasi OnePlus 2 Dibuat untuk “Membunuh” Samsung Galaxy S7 dan LG G5!

Spesifikasi OnePlus 2

Spesifikasi OnePlus 2 Makin Gahar! Bikin Lupa Jika Asus Zenfone 2 Itu Ada!

Spesifikasi OnePlus 2 Makin Gahar! Bisa Bikin Lupa Kalau Asus Zenfone 2 Itu Ada! Beli OnePlus 2, jual OnePlus 2, OnePlus 2 dijual, Android RAM 4 GB!
Baca Juga

Seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya, OnePlus resmi meluncurkan OnePlus 2 kemarin, 27 Juli 2015. Sebagian besar spesifikasinya memang sudah kami ungkapkan dalam artikel OnePlus 2 sebelumnya. Dan seperti yang mereka lakukan melalui OnePlus pertama, bakal ada dua versi yang ditawarkan untuk OnePlus 2 ini. Satu dengan internal 64GB serta 4GB RAM, yang dijual dengan harga US $389, atau sekitar Rp. 5,2 jutaan. Dan yang kedua, dengan internal 16GB serta hanya 3GB RAM, yang dijual jelas dengan harga lebih murah, hanya US $329, atau sekitar Rp. 4,4 jutaan. Kalian bisa segera mendapatkan varian dengan internal storage 64GB, yang mulai dijual 11 Agustus 2015 mendatang. Dan untuk yang 16GB, belum diketahui kapan perilisannya.

Spesifikasi-OnePlus-2-1

OnePlus 2, Smartphone Pertama yang Rilis Secara Virtual Reality!

OnePlus sudah mengumumkan tanggal rilis OnePlus 2: 27 Juli (atau 28 Juli waktu Indonesia), sebagai smartphone pertama yang dirilis dalam virtual reality!
Baca Juga

Kami menyukai material casing OnePlus pertama, khususnya yang warna Sandstone Black. Dan mereka mengembalikannya untuk OnePlus 2 ini. Setidaknya untuk varian 64GB, masih sama panel belakangnya menggunakan bahan yang sama. Panel belakangnya juga bebas dilepas, memudahkan kalian menggantinya jika bosan. Kemudian di sisi kiri, kalian temukan tombol, atau lebih tepatnya, slider. Fungsinya, untuk mengatur profil suara, dan kalian pun tinggal menggeser saja tombol tersebut untuk membuat OnePlus 2 masuk mode silent, mirip dengan tombol Silent Mode-nya iPhone. Esensinya memudahkan kalian mengakses langsung profil all, priority, dan none notification yang dikenalkan melalui Android 5.0 Lollipop.

Spesifikasi-OnePlus-2-3

Kembaran Oppo Find 7, OnePlus One Dijual di Indonesia!

Kembaran Oppo Find 7, OnePlus One Dijual di Indonesia! Xiaomi Mi4 dan Asus Zenfone Terancam!
Baca Juga

Di bawah layar, tersimpan sensor sidik jari, yang pasti siapa pun akan menduga, itu juga berfungsi ganda, bisa ditekan, seperti pada tombol Home-nya Samsung, atau iPhone 5 dan 6. Sayangnya, kalian salah. Itu sekadar bidang capacitive, dengan sensor sidik jari di baliknya. Baiknya, cukup disentuh saja, seperti pada Galaxy S6, tidak sampai harus mengusap-usapnya seperti pada Galaxy Note 4.  Di sisi kiri dan kanan sensor tersebut, ada tombol capacitive untuk fungsi back dan recent app. Dan seperti dalam OnePlus One, kedua fungsinya bisa ditukar untuk kenyamanan dan kebiasaan kalian menggunakan Android, tidak paten. Atau, matikan saja fungsi tombol capacitive di bawah layar, dan langsung menggunakan tombol navigation di layar, seperti pada OnePlus One.

Spesifikasi-OnePlus-2-4

OnePlus One Adalah Snapdragon 801 yang Harganya Hanya Separuh Dari Galaxy S5

OnePlus One Adalah Snapdragon 801 yang Harganya Hanya Separuh Dari Galaxy S5
Baca Juga

Layarnya sendiri sesuai dugaan sebelumnya, berdimensi sama seperti OnePlus, 5.5-inchi dengan resolusi ideal, Full HD 1080p. Untuk menjadi sebuah flagship killer, yang saat ini semua flagship sudah beranjak ke resolusi 2K, OnePlus 2 berbekal resolusi layar yang lebih kecil. Rasanya meragukan. Meskipun kami sendiri merasa resolusi 2K 1440 x 2560 pixel pada bidang 5.5-inchi tetap saja tidak terlalu jelas perbedaannya dibandingkan Full HD, ketika dilihat menggunakan mata manusia pada jarak normal pengoperasian smartphone. Layar OnePlus 2 juga masih sama, LCD IPS, namun dengan produsen panel yang berbeda dibandingkan OnePlus sebelumnya, yang ditangani oleh JDI. Yah, semoga saja tidak ada masalah touchscreen yang sama, yang sepertinya menjadi kutukan OnePlus One, yang konon tidak ada solusinya selain masuk ke service center, atau menjualnya dengan harapan pemilik berikutnya tidak aware masalah layar sentuh tersebut… hehe!

Spesifikasi-OnePlus-2-5

OnePlus 2 juga lebih tebal dan berat dibandingkan sebelumnya. Kini beratnya 176gam, sedikit lebih berat dibandingkan 162gram dari One pertama. Dan ketebalannya 9.85mm, atau nyaris 1mm dibandingkan pendahulunya. Bisa jadi, ketebalan tambahan karena kalian makin dimudahkan membuka tutup cover belakangnya, yang disebut StyleSwap (ada pilihan Kevlar, dan juga kayu asli seperti bamboo, apricot, dan rosewood). Dan juga kapasitas baterainya yang juga makin besar. Yang juga berbeda dari sebelumnya, bezel OnePlus 2 kini benar-benar berbahan metal.

Spesifikasi OnePlus 2

OnePlus pun membuang salah satu fitur konektivitasnya. Kalian tidak menemukan near-field communication (NFC) di sini, yang menurut OnePlus, fitur tersebut jarang digunakan oleh para pemilik OnePlus One. Hasilnya, jangan harap beberapa aplikasi yang memanfaatkan NFC seperti Google Wallet atau Android Pay di sini. Juga meleset dari prediksi, tidak ada QuickCharge 2.0 yang didukung Qualcomm dan wireless charging di sini (ya, ditandai dengan panel belakang yang bebas dibuka tutup). Port USB Type-C juga bukan port USB 3.0 seperti tipikal Type-C lainnya, hanya USB 2.0 yang ditambahkan interface Type-C di sana. Dan meskipun tidak ada NFC, kami yakin siapa pun lebih suka menyambut adanya dua slot kartu SIM di sini, yang keduanya bisa mengakses koneksi 4G LTE. Bicara mengenai QuickCharge, semua flagship modern memilikinya, dan sangat membantu untuk mengisi baterai dengan cepat. Sedangkan smartphone yang sejatinya dibuat untuk membunuh para flagship yang bakal hadir tahun depan ini ternyata butuh waktu 3 jam 20 menit untuk kembali mengisi baterainya sampai penuh!

Spesifikasi OnePlus 2

Selebihnya seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnya. Prosesor menggukan chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 810, yang sejauh ini masih saja dirundung masalah mudahnya mengalami overheat. Prosesor tersebut dipasangkan dengan tipe memory terkencang, LPDDR4. Memang sudah banyak Android yang menawarkan RAM 4GB, namun itu pun masih berjenis LPDDR3. Di sini, OnePlus 2 menggunakan kapasitas 3 atau 4GB LPDDR4, yang juga mewakili jatah internal storage-nya, 16 atau 64GB. Sayangnya, tetap saja tanpa slot microSD di sini. Dan juga sama seperti sebelumnya, baterai 3,300-mAhnya juga tidak bebas dilepas. Mengenai kamera, ternyata masih menggunakan resolusi yang sama seperti sebelumnya, 13-megapixel yang kini menggunakan sensor dari OmniVision, tidak lagi Sony, dengan bukaan lensa f/2.0, dilengkapi OIS / Optical Image Stabilization, dan juga auto focus laser.

Lanjut ke halaman 2…. untuk detail spesifikasi One Plus 2!

1
2

SHARE
Previous articlePejabat Eselon I Badan Ekonomi Kreatif Dilantik, Selamat Bekerja!
Next articleDragon Quest XI Dikonfirmasikan untuk PS4 dan 3DS, Bisa Dimainkan Offline!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.