Dragon Quest XI Bikin Kalian Bernostalgia dengan Grafis Jadul Nintendo!

Dragon-Quest-XI-1

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Padahal Sony dan Microsoft baru aja jual PlayStation 4 dan Xbox One, Nintendo segera ngajak berantem lagi dengan lawan konsol next-gen yang baru!
Baca Juga

Square Enix mengkonfirmasikan Dragon Quest XI kemarin sore. Dengan judul lengkap Dragon Quest XI: In Search of Departed Time, yang bisa kalian lihat streamingnya melalui artikel kami sebelumnya. Game tersebut dikembangkan untuk PlayStation 4 dan Nintendo 3DS, dan tidak seperti prekuelnya Dragon Quest X yang berupa game MMORPG, Dragon Quest XI bisa dimainkan offline. Bahkan Square Enix juga tertarik untuk membuat satu versi lainnya dari Dragon Quest XI ini untuk Nintendo NX — menjadikannya game pertama yang resmi dikonfirmasikan untuk platform baru Nintendo tersebut. Selain game ini, mereka juga berniat membawa MMORPG Dragon Quest X untuk Nintendo NX, demikian juga untuk PS4.

Dragon Quest XI - this is the PS4 version, obviously

Dragon Quest Heroes Bikin Kalian Makin Pengen Punya PlayStation 4

Yang cuma ngejar konten, main versi PS3 Dragon Quest Heroes sudah cukup!
Baca Juga

Dragon Quest XI melanjutkan konsep gameplay seri-seri sebelumnya, dimana kalian bisa menjelajahi dunia dan bertarung melawan beragam monster. Untuk versi PS4-nya, developer memberikan grafis berkualitas high definition menggunakan Unreal Engine 4, karakternya juga proporsional tubuhnya, termasuk itu opsi untuk menjelajahi area yang lokasinya tinggi, atap bangunan misalnya — pertama kali untuk serial ini. Sedangkan untuk versi 3DS, gaya visualnya berbeda, karena karakter digambarkan dengan wujud 3D super deformed pada sisi atas layar 3DS, dan bergaya sprite 16-bit di sisi bawah layar, untuk menggugah nostalgia pemain. Selama pertarungan, versi 3DS juga memberi opsi berganti antara gaya grafis 3D dan 2D seperti game klasiknya.

Dragon-Quest-XI-8

Berikut dua video yang diambil dari keseluruhan livestream panjang selama 1 jam, yang terfokus pada masing-masing versi.

Dragon Quest XI PlayStation 4

Melalui video tersebut, kalian bisa melihat seperti apa penampilan protagonis Dragon Quest XI ini, salah satu kota yang dijelajahi, di bagian dalam penginapan, kalian juga bisa memecahkan tong dan pot, memeriksa isi lemari, dan karakter bisa melompat. Dengan melompat, dia bisa mencapai tempat yang lokasinya tinggi, karena terkadang harta karun tersembunyi di bagian paling atas suatu bangunan.

Dragon-Quest-XI-5 Dragon-Quest-XI-6 Dragon-Quest-XI-7

Video di atas juga memperlihatkan hal lainnya yang pertama ditekankan dalam Dragon Quest XI. Grafisnya memang sangat mendetail, bahkan NPC yang berada jauh di latar belakang terlihat dengan jelas. Square Enix ingin agar dunia dalam game ini lebih hidup dibandingkan sebelumnya. Penekanan grafis lainnya, seperti efek air dan cahaya terlihat baik selama eksplorasi field map. Kemudian monster, mereka terlihat selama di field map, dekati dan tabrak untuk memulai pertarungan.

Dragon Quest XI 3DS

Dragon Quest Builders Ini Seperti Minecraft yang Dipenuhi Slime

Seperti ini seharusnya game Minecraft jika dibuat dalam genre RPG.
Baca Juga

Sedangkan untuk versi 3DS-nya yang bisa kalian lihat melalui video di atas, rasanya tidak salah menjadi versi yang lebih kami apresiasi. Square Enix memang kreatif, memanfaatkan dua layar 3DS. Oke, versi PS4 memang memiliki kualitas grafis mengagumkan, apalagi ada Unreal 4 yang memperkuatnya. Namun untuk 3DS, sangat unik, memadukan grafis 2D dan 3D, membaginya dalam dua layar. Mungkin butuh terbiasa dulu ya, agar kalian tetap bisa fokus. Namun ide layar bawah digambarkan dalam sprite 2D, mengingatkan pada Dragon Quest era Super Famicom, merupakan ide brilian — ya, jika mereka tidak merasa keberatan membuat keseluruhan game dengan dua style berbeda seperti itu. Baik di kota atau field map dan dungeon, bahkan juga selama cut-scene event, kalian melihat dua versi grafis.

Dragon-Quest-XI-11

Untungnya, Square Enix menyediakan fitur untuk me-review kembali scene yang sudah terlihat sebelumnya, jaga-jaga seandainya dua visual 3D dan 2D-nya membuat kalian salah fokus. Pertarungannya selain terjadi melalui random encounter, kalian juga bisa melihat simbol monster pada layar. Dekati untuk memulai pertarungan, atau monster yang mendekat ketika menyadari kehadiran kalian. Gimmick unik lainnya, kalian bebas switch ke mode 2D untuk prtarungan (lihat pada menit 2:45 pada video di atas), dimana kalian bakal melihat layar atas 3DS menunjukkan tampilan pertarungan klasik Dragon Quest.

Dragon-Quest-XI-10 Dragon-Quest-XI-9

Kalian Juga Bisa Foto Selfie dalam Remake 3DS Dragon Quest VIII

Square Enix ingin jadikan Dragon Quest VIII bukan sekadar remake biasa. Banyak fitur baru ditambahkan di sini, termasuk itu monster super kuat dan juga mode foto selfie!
Baca Juga

Square Enix menargetkan game ini dirilis untuk kedua versinya, bersamaan dengan perayaan 30 tahun serial Dragon Quest. Dengan ulang tahun ke-30 serial ini yang jatuh pada 27 Mei 2016 mendatang (game pertamanya dirilis untuk Famicom / NES 27 Mei 1986 silam), maka kita sudah bida memastikan jika Dragon Quest XI bakal hadir tahun depan, bersamaan baik itu versi PS4 dan 3DS-nya.

 


SHARE
Previous articleCreative Toys & Hobbies Expo 2015 Siap Digelar, Ini Surganya Penggemar Mainan!
Next articleIni Cara Blizzard Rayakan Ulang Tahun StarCraft II yang Kelima!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.