Ups, Banyak Netizen Berpikir Kalau Adit Sopo Jarwo Tidak Mendidik!

Adit-Sopo-Jarwo

7 Fakta Adit Sapo Jarwo Terbaru Yang Perlu Kita Tahu

Adit Sopo Jarwo terbaru pastinya ditunggu-tunggu karena memang semakin lucu. Siapa yang tidak kenal dengan animasi asli Indonesia yang satu ini?
Baca Juga

Beberapa netizen berpendapat kalau Adit Sopo Jarwo tidak mendidik dan minta ditarik penyiarannya. Kalau menurutmu sendiri bagaimana?

Setelah lama dinantikan, akhirnya Indonesia memiliki sebuah animasi yang bagus tayang di layar televisi kaca: Adit Sopo Jarwo. Animasi ini sendiri berbeda dengan animasi-animasi sebelumnya karena dibuat oleh anak bangsa dan juga memiliki grafis yang bagus disertai dengan cerita yang ringan dan mampu menggelitik. Akan tetapi, ketika kita berbicara mengenai cerita atau isi konten dari Adit Sopo Jarwo, tampaknya tidak semua setuju bahwa Adit Sopo Jarwo adalah tayangan yang mendidik –dengan kata lain, mereka berpendapat bahwa animasi Adit Sopo Jarwo tidak mendidik.

Salah satu pengguna Facebook bernama Ahmad Nashih Luthfi menguatarakan pendapatnya. Dalam sebuah post yang dia posting di Facebook, dia mengatakan bahwa serial animasi Adit Sopo Jarwo tidak mendidik sama sekali karena keseringan mem-bully Jarwo. Berikut pendapatnya:

Postingan ini sendiri juga menuai banyak reaksi dari netizen pengguna facebook. Sebagian ada yang mengutarakan persetujuan mereka terhadap pendapat Luthfi:

“stereotipe yah…sebenarnya gak lbh bagus dr sinetron2 religi2 itu…tp stereotipe itulah yg dibangun ttg asumsi pasar media..konstruksi yg manipulatif..”

“Orang2 di negara kita lebih senang menertawakan si miskin dan si bodoh daripada memberi mereka solusi untuk jadi lebih baik. Saya dari kecil kenyang yang demikian, bahkan dari guru2 di sekolah yang katanya teladan cuma karena saya nggak suka matematika hhhh”

“Saya setuju dengan content yg belum baik, karena cenderung dan selalu menertawakan sebuah kemalangan. Walaupun sebuah film tapi contentnya belum mendidik untuk anak2, perlu dikoreksi bahwa untuk lucu tidak selalu menertawakan sebuah kemalangan.

adit sopo jarwo tidak mendidikAkan tetapi, ada pula yang membela serial animasi Adit Sopo Jarwo ini:

“klo menurutku cerita di kartun ini kok gak membully ya. kalau dibanding-bandingkan, kartun ini masih jauh lebih sehat ketimbang kartun sponge bob yang sebenarnya kartun buat dewasa itu (diputar pagi, ngajari.anak-anak familiar pakai bikini yang pamerin nenen). dalam setiap cerita fiksi biasanya selalu ada karakter yang ‘dikorbankan.’ misal di cerita upin dan ipin, ada sosok jarjit yang perilakunya sering dianggap ‘aneh’ di mata teman-temannya dan mengundang tawa.”

Tapi si jarwonya sendiri kan kelakuannya ga bener.”

“Gak setuju kalo harus di tarik karena gimanapun juga ini termasuk grafis kartun terbaik karya anak bangsa sejauh ini … lebih setuju kalo skenario nya di rekonstruksi ulang …”

adit sopo jarwo tidak mendidik thumbs

Ups, Internet Positif Pun Kini Ada Versi Moe: Ipo-Chan!!

Mengetahui begitu beberapa situs favorit diblokir oleh Internet Positif memang menyebalkan, tapi kalau diblokir oleh Ipo-Chan, saya sih rela. Kalau kamu?
Baca Juga

Saya sendiri sudah melihat beberapa episode Adit Sopo Jarwo. Dari segi grafis, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, animasinya sudah bagus sekali –menurut saya sudah setara atau mungkin sedikit lebih baik dibandingkan dengan animasi Upin Ipin. Gerakan animasi, efek seperti pencahayaan dan juga warna semua benar-benar bagus.

Lalu, dari segi cerita, mungkin ada benarnya bahwa disini terjadi stereotype dimana orang miskin selalu salah. Beberapa episode memang memiliki pesan-pesan yang baik, dan juga terkadang masalah memang datang dari Jarwo yang kerjanya tidak betul. Akan tetapi, secara umum pesan yang disampaikan terkadang terlalu memaksa, dan juga memang ada benarnya bahwa banyak momen dimana Jarwo terus-terusan di-bully –dinasehati sehingga dia selalu berada di posisi yang salah padahal tidak.

adit sopo jarwo tidak mendidik 2
Salah satu episode yang saya nggak paham inti ceritanya apa…

Memang dalam segi cerita, Adit Sopo Jarwo tidak mendidik –setidaknya, tidak semua. Akan tetapi, daripada menuntut bahwa serial animasi ini ditarik begitu saja dari layar kaca Indonesia menurut saya bukanlah sesuatu yang bijak juga. Menurut saya, masih ada ruang bagi Adit Sapo Jarwo untuk dibenahi dan berkembang.

Bagaimana pendapatmu? Apakah menurut serial animasi Adit Sopo Jarwo tidak mendidik? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…


SHARE
Previous articleDragon Quest Heroes II Masih Eksklusif PlayStation, Ada Banyak Karakter Baru!
Next articleTitanfall PC Dikonfirmasikan, Nexon Bakal Gratiskan Game Ini di Asia!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.