Berikut Inilah Lima Story Arc Terbaik One Piece!

Dari East Blue sampai ke New World, mulai dari melawan Alvida sampai Doflamingo. Cerita One Piece mana saja yang paling keren? Berikut ini daftarnya!


3

Alabasta


Story Arc Terbaik One Piece - Luffy Crocodile


CONTINUE READING BELOW

Mengungkap Legenda Tekad D One Piece! Musuh Abadi Pemerintah Dunia!

Mengulas legenda Tekad D One Piece! Tekad yang berada sejak zaman yang hilang! Nama D One Piece, Fakta One Piece, Cerita One Piece, arti Tekad D


Alabasta mungkin bisa disebut sebagai arc epik pertama One Piece. Mulai dari awal hingga Little Garden, plot dalam setiap arc One Piece cenderung ringan. Di Whiskey Peak ada sedikit kisah tentang kelaliman Wapol, tapi itu juga tidak tergolong berat untuk dinikmati.

Lalu Alabasta dengan tidak tanggung-tanggung menyajikan konspirasi kudeta sebagai latar belakang plotnya. Dalam konflik panjang ini, Crocodile selaku antagonis utama dengan sukses berhasil menjadikan banyak pihak, mulai dari pasukan kerajaan hingga revolusioner, sebagai bonekanya. Harapan Alabasta pun secara tak terduga justru terletak kepada kumpulan Bajak Laut Topi Jerami.

Cerita panjang ini mungkin terasa agak terlalu panjang di beberapa bagian, namun pertempuran klimaksnya benar-benar memukau. Semua pihak, mulai dari Luffy hingga Vivi, benar-benar harus berjibaku untuk memadamkan konflik sebelum Alabasta hancur dan ambisi Crocodile terwujud. Crocodile pun meningkatkan tensi cerita dengan menghancurkan Luffy di pertemuan pertama mereka. Kalau saja Crocodile lebih serius, bisa jadi Luffy sudah mati setelah pertemuan pertamanya dengan (sekarang mantan) anggota Shicibukai ini.

Dengan munculnya kisah-kisah yang lebih kokoh, Alabasta mungkin tak akan mampu lagi menduduki gelar story arc terbaik One Piece. Namun kejutan, drama, dan aksi yang disajikan di cerita yang satu ini mengukuhkan posisinya di peringkat ketiga.


2

Enies Lobby


story arc terbaik One Piece - Enies LobbyJujur, sebenarnya penulis pun kebingungan apa harus menempatkan ini di peringkat pertama atau kedua. Terutama karena Enies Lobby didukung dengan penampilan seluruh anggota topi jerami sebelum debutnya Brook, sesuatu yang tidak dimiliki peringkat pertama. Pada akhirnya Enies Lobby ditempatkan sebagai peringkat kedua pun bukan karena kalah kualitas, tapi hanya karena kalah skala pertempuran saja. Walau masif, skala epik di Enies Lobby masih kalah sedikit dibandingkan juara pertama.

Inilah arc di mana Luffy harus berhadapan langsung dengan contoh kesombongan Pemerintah Dunia. CP9 menangkap Nico Robin, yang menyerahkan diri demi keselamatan sahabat-sahabat barunya. Tidak bisa menerima itu, Luffy dan rekan-rekannya mengejar. Dibantu oleh Franky Family dan beberapa tukang kayu Galley-La, menyerbu markas besar CP9.

Tak salah lagi, Enies Lobby adalah titik balik bagi Luffy dan rekan-rekannya. Di sini mereka ditunjukkan mengalami peningkatan kekuatan besar-besaran (debut Gear 2 dan Gear 3, Monster Point, Diable Jambe) serta mengalami perkembangan karakter signifikan (Nico Robin, yang akhirnya setelah semua ini bisa yakin kalau dia sudah menemukan sahabat sejati). Bahkan “kematian” salah satu kru awal Bajak Laut Topi Jerami, kapal Going Merry.

Sebagai antagonis, CP9 juga benar-benar ditampilkan layak menjadi tukang pukulnya Pemerintah Dunia. Tanpa kekuatan Logia, mereka dapat merepotkan Luffy dan kawan-kawannya dan memaksa mereka untuk menjadi lebih kuat bila ingin menyelamatkan Robin. Selain itu, Buster Call yang disajikan di sini benar-benar menunjukkan bagaimana mengerikannya kekuasaan Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut, hingga bila ada perintah mereka akan membiarkan satu pulau dihancurkan dengan kekuatan penuh. Bahkan walau perintah itu tidak disengaja.

Keunggulan lain arc ini? Melihat perlahan-lahan bagaimana sosok sombong Spandam, bos CP9 yang bahkan lebih lemah dari prajurit standar Angkatan Laut, dihancurkan perlahan-lahan fisik dan harga dirinya oleh para anggota Topi Jerami. Bahkan sebenarnya itu saja cukup untuk mengantar Enies Lobby menjadi story arc terbaik One Piece, kalau saja pesaingnya sedikit lebih lemah.

Lanjut ke halaman 3… untuk mengetahui cerita mana yang menjadi peringkat pertama di daftar story arc terbaik One Piece ini!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.