Monster Hunter X, Game Daur Ulang Capcom Berkedok Flagship Baru!

Monster-Hunter-X-1

Monster Hunter X Ini Bagaikan Perpaduan “4 Ultimate” dan “Frontier!”

Lagi-lagi pemilik PS Vita harus gigit jari, dua Monster Hunter terbaru kembali diborong Nintendo!
Baca Juga

Awal Juni 2015 lalu, Capcom mengkonfirmasikan Monster Hunter X. Game Monster Hunter flagship terbaru ini bakal dirilis 28 November 2015 mendatang di Jepang untuk 3DS. Sebelum itu berlangsung, kalian bisa memainkan demonya selama TGS 2015 September mendatang, dan juga selama tanggal 1 – 7 Agustus besok, Capcom bakal memberikan video pengenalan senjata untuk game ini. Capcom menjanjikan aksi yang lebih seru untuk semua senjata, ada gerakan baru karakter, area baru, dan juga monster baru.

Monster Hunter Stories! RPG yang Paling Ditunggu Para Hunter!

Akhirnya, sebuah RPG Monster Hunter... Kami penasaran, apa ceritanya bisa mengalahkan konsep gameplay-nya yang memang adiktif!
Baca Juga

Strategi Capcom di sini adalah menggunakan aset-aset lama untuk memperketat biaya pengembangan, namun memberikan beberapa fitur yang fresh di dalamnya. Bahkan kalian bisa menyebut game ini semacam upgrade saja dari Monster Hunter 3 Ultimate dan Monster Hunter 4 Ultimate. Tentu saja, dengan kedok judul baru, Monster Hunter X, serta beberapa fitur baru, pertarungan yang lebih flashy, empat monster utama, desa yang juga diambil dari prekuelnya, sehingga meninggalkan Capcom terfokus pada memoles apa yang masih memiliki kelemahan dari game sebelumnya. Berikut trailer terbarunya yang dirilis minggu lalu:

Memang tidak biasanya untuk sebuah game flagship yang ternyata resource-nya daur ulang, namun Capcom juga tidak main-main menarget game ini terjual 2.5 juta unit! Keyakinan mereka datang dari suksesnya Monster Hunter 4 Ultimate, yang terjual hingga 3.5 juta kopi!

Capcom juga sama menggunakan 14 jenis senjata seperti Monster Hunter 4 Ultimate.
Capcom juga sama menggunakan 14 jenis senjata seperti Monster Hunter 4 Ultimate.

Capcom berencana menjual Monster Hunter X dengan harga 5,800 yen via retail (sekitar Rp. 640 ribuan), atau 5,546 yen untuk versi digital download (atau sekitar Rp. 600 ribuan). Pre-order dimulai 1 Agustus besok. Capcom juga menawakan bundel New 3DS XL yang berisi kopian game ini dengan harga 26,000 yen, atau sekitar Rp. 2,8 jutaan. Isinya antara lain sebagai berikut:

Monster-Hunter-X-16

  • Kopi game Monster Hunter X (retail version)
  • New Nintendo 3DS XL Monster Hunter X dengan desain Empat Monster Utama
  • Stylush eksklusif
  • 4GB MicroSDHC memory card
  • Enam kartu AR
  • Easy Start Guide
  • Buku petunjuk dan garansi
  • (AC adapter dijual terpisah)

 

Sebagai tambahahan, dua Nintendo 3DS custom theme bisa digunakan untuk waktu yang terbatas. Salah satunya didesain begitu imut dengan Felyne, sedangkan yang lainnya terlihat keren dengan pose keempat monster utama.

Game yang dbangun menggunakan engine yang sama seperti Monster Hunter 4 Ultimate ini mengajukan konsep menawarkan aksi yang beragam sehingga setiap pemain bisa memainkannya dengan gaya mereka sendiri, yang dalam hal ini disebut sebagai Hunting Maneuver X Hunting Style (lihat gambar di bawah).

Monster-Hunter-X-6

Hunting Maneuver / Hunting Arts (gambar di atas) merupakan sebutan untuk gerakan spesial yang terdiri dari melancarkan serangan kuat ke monster, hingga yang bisa memberi dukungan ke karakter melalui rapalan buff, dan juga memulihkan Hunter lainnya. Hunting Arts berbeda bergantung pada senjata yang dikenakan Hunter. Sedangkan Hunting Style merupakan fitur lainnya yang baru dalam Monster Hunter X. Memungkinkan kalian mengubah saat-saat berbahaya menjadi gerakan aksi yang stylish. Fitur ini memegang peranan penting, dan memungkinkan kalian berburu dengan gaya yang khas.

Monster-Hunter-X-7

Hunting Style (gambar di atas) memberi empat gaya permainan yang berbeda, dan masing-masing menawarkan gerakan special yang berbeda pula. Beberapa style melihatkan Hunter melakukan manuver menuju tempat yang aman, sedangkan yang lainnya bisa saja merubah keadaan Hunter yang terjepit, menjadi situasi yang menguntungkan. Juga terasa jelas nuansa Monster Hunter 4 Ultimate di sini, namun dengan aksi karakter dan efek-efeknya yang becahaya, seperti pada seri Monster Hunter Frontier.

Permainan nantinya terpusat di desa Beruna, yang lokasinya berada di lereng sebuah pegunungan. Kemudian desa dari game Monster Hunter sebelumnya, termasuk itu Pokke Village dari Monster Hunter Freedom 2 dan Yukumo Village dari Monster Hunter Portable 3rd, juga bakal dimunculkan kembali di sini. Kemudian kalian bakal melawan empat kelas monster utama (lihat gambar di atas), ada empat desa, dan empat style permainan. kemudian jika kalian memilki data save dari game Poka Poka Airou Village DX, kalian bakal mendapatkan bonus.

Monster-Hunter-X-8

Kalian bisa melihat beberapa screenshot dan artwork di atas untuk mengetahui seperti apa Beruna Village. Terlihat Palico raksasa di sana, dengan daratan baru seperti hutan dengan tanaman yang besar, daratan berumput, gua dan banyak area lainnya di sekirat Beruna. Lebih detail mengenai desa tersebut, lihat video di bawah ini:

Empat Kelas Utama Monster

Monster-Hunter-X-2

Ada empat monster utama yang bakal dihadapi para Hunter dalam Monster Hunter X. Pertama kelas Brute Wyvern, yang menggunakan kulitnya yang luar biasa keras untuk menyerang dengan kekuatan besar, serta ekor panjangnya untuk menghancurkan sekelilingnya. Dalam game ini, This Brute Wyvern yang muncil adalah tipe terkuat yang pernah kalian temui. Salah satu monster dari kelas ini yang sudah dikonfirmasikan adalah Dinovaldo. Lihat videonya di bawah:

Monster-Hunter-X-3

Kelas kedua adalah Flying Wyvern, dengan sayapnya yang lebar, jambul di kepalanya yang khas, dan juga sisik yang tajam. Flying Wyvern bisa menjadi salah satu yang paling mengancam kalian. Nargacuga, Flying Wyvern yang pertama kali diperkenalkan dalam Monster Hunter Freedom Unite dan terakhir muncul dalam Monster Hunter 3 Ultimate, bakal kembali beraksi di Monster Hunter X. Lihat videonya di bawah:

Monster-Hunter-X-4

Fanged Beast menjadi monster terbesar diantara keempat kelas monster utama dalam game. Digambarkan dengan kepalanya, memiliki gading berukuran besar, belalai yang panjang, dan juga tubuh raksasanya memang memiliki daya hancur besar.

Monster-Hunter-X-5

Dibandingkan kelas monster lainnya, Leviathan bentuk tubuhnya yang paling khas, panjang, dan fleksibel, serta mereka mampu menggunakan bentuknya yang unik untuk menyerang Hunter.


SHARE
Previous articleSuper Robot Wars BX Menjadi Debut Pertama Mobile Suit Gundam AGE
Next articleMakhluk Mirip Owl Masuk ke Daftar Buruan Monster Hunter X!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.