Yuk Nostalgia dengan Mobile Game Jadul Ini di Android!

Game Mobile Jadul - PreviewBicara soal mobile game, semua tentu akan ingat sekitar ada mobile game jadul yang sangat melegenda hingga hari ini. 20 tahun yang lalu, game itu bisa kita dapatkan gratis sebagai bawaan ketika membeli handphone. Game-game sederhana tapi begitu candu untuk diselesaikan. Sebut saja Snake, Space Impact, ataupun Bounce.

Nah di era sekarang, teknologi bermain game menggunakan handphone tidak bisa lagi dibandingkan dengan era yang dulu. Banyak game-game besar yang kini dimuat versi mobile nya karena besarnya pangsa pasar di divisi ini. Bahkan dengan menggunakan emulator, beberapa game di Gameboy atau PSP kini bisa dimainkan di dalam handphone. Hal yang dua puluh tahun lalu belum terbayangkan ketika kita memainkan Snake ataupun Space Impact.

Hanya saja, meski era berganti, tetapi masih ada kerinduan untuk bisa kembali memainkan game mobile jadul tersebut di Smartphone-mu sekarang. Kabar baiknya, kini kamu bisa memainkan mobile game jadul tersebut di Android. Yuk bernostalgia dengan mobile game jadul berikut ini.


1

Snake, Si Objek Hitam Panjang yang Mencari Makanan


Mobile Game Jadul - SnakeAda beberapa judul game tiruan Snake yang bisa kamu temukan di Google Play Store. Beberapa yang mirip adalah Classic Snake 2 dan Snake ’97 retro Phone Classic. Adapun Snake ’97 : retro phone classic mencoba memberikan opsi yang lebih bebas dengan menampilkan beberapa versi snake. Sedangkan Classic Snake 2 hanya menyediakan gameplay Snake 2.

Yap, Nokia memang mengeluarkan beberapa versi Snake. Adapun yang paling populer adalah Snake 1 dan 2. Ketika bermain Snake, kamu akan disajikan sebuah tampilan layar handphone dari Nokia Classic dengan sebuah objek garis bergerak yang bisa kita anggap sebagai ular. Tugas mu disini adalah memberi makan ular tadi dengan mengarahkannya menuju makanan, yang juga berwarna hitam(hanya berbeda bentuk). Setiap kali kamu berhasil memberi makan sang ular, tubuh si ular akan memanjang sehingga ruang gerak ular akan dibatasi oleh tubuhnya sendiri. Ingat, jika kamu menabrak tembok ataupun badan sang ular, kamu akan game over seketika.

Mobile Game Jadul - Snake Rewin
Transformasi Snake di era kini

Untuk tingkat kesulitan, kamu bisa mengaturnya dengan meningkatkan kecepatan gerak sang ular. Adapun sedikit perbedaan antara Snake 1 dan 2 adalah terletak pada bentuk objek sang ular. Jika sebelumya hanyalah berbentuk garis hitam, pada Snake 2 ada sedikit lekukan pada sang objek. Tak hanya itu, objek makanan juga mengalami peningkatan kualitas pada snake 2. Yang sebelumnya hanya berupa bintik hitam, kini memiliki bentuk variasi seperti bentuk hewan. Kemunculan dan kepopuleran Snake 2 tidak terlepas dari kehadiran sang handphone legendaris, yaitu Nokia 3310.

Tidak banyak yang bisa di bahas dari mobile game jadul seperti Snake, apalagi memang gameplay nya sangat lah sederhana. Mungkin saja, sebenarnya inilah awal mula kebangkitan game mobile di dunia. Game snake, bisa kamu download di Google Play Store dengan keyword Snake.


2

Space Impact, Pesawat Tempur Pembasmi Monster


Mobile Game Jadul - AndroidDibandingkan Snake, Space Impact adalah game yang lebih menantang. Kenapa? Jika Snake merupakan sebuah game kasual yang sangat cocok untuk dimainkan ketika mengisi waktu luang, Space Impact memiliki struktur yang lebih mirip dengan game non-kasual klasik. Mulai dari adanya power-up, level, sampai ke pertarungan melawan bos membuat game ini menjadi sebuah standar baru untuk game di handphone.

Nampol.Net: Mobile Game Platform Asli Indonesia, Sudah Pernah Mencoba?

Dimanakah biasanya mendownload mobile game untuk gadget kalian? Apple Store? Google Play? Sudah kah anda mecoba game platform asli Indonesia, Nampol.net?
Baca Juga

Kontrol dari game ini sendiri cukup sederhana. Kamu bisa menggerakkan pesawatmu dengan tombol 2 dan 8. Sedangkan untuk menembak kamu hanya perlu menekan tombol yang di tengah saja yaitu angka 5. Ada juga kemampuan khusus yang bisa kamu gunakan dengan menekan tombol 3.

Objek-objek pesawat dan monster ini pun didesain sederhana, tapi lebih memberikan wujud yang menarik dibandingkan Snake. Desain bos monster pun beragam, dan lumayan membuat tegang ketika bermain di masa itu. Sebut saja bos monster di level tiga yang memiliki tentakel, dimana kamu akan langsung game over jika terkena tentakel nya. Tak hanya objek pesawat dan monster, space impact juga memiliki variasi latar game. Misalnya saja awan, awan, gunung sampe stalaktit di dalam gua.

Mobile Game Jadul - Space Impact GameplayNah kalau ada hal menarik lainnya, itu adalah tentang kemampuan khusus yang bisa kamu gunakan dengan menekan angka tiga. Kemampuan khusus ini semacam power up di game-game masa kini. Sehingga tidak bisa kamu habiskan sembarangan. Adapun kemampuan khusus ini ditampilkan dengan garis lurus yang bergerak ke arah lawan, sehingga lawan akan mati. Atau jika melawan bos, kemampuan khusus ini hanya akan memberikan efek kedap-kedip pada sang bos. Menunjukan bahwa sang bos berada di level yang berbeda.

Sama halnya dengan Snake, tidak banyak hal yang bisa di bahas dari Space Impact. Hanya saja, saya berpendapat bahwa Space Impact merupakan bapak dari game-game shooter di masa ini. Dan meski sederhana, ternyata sangat banyak orang yang tidak mampu menamatkan Space Impact. Apakah kamu juga yang belum menamatkan game ini? Jika belum, kamu bisa kembali memainkan game ini pada Android mu dengan men-download-nya di sini.


3

Bounce, Sang Bola Petualang


Mobile Game Jadul - BounceBounce adalah game yang lahir di era berbeda dengan Snake dan Space Impact. Ia hadir di kala handphone dengan layar berwarna mulai naik di pasaran. Saya masih ingat, harga handphone yang menyediakan game bounce kala itu di bandrol dengan harga Rp 2.000.000 ke atas, harga yang sangat fantastis bukan? Nah kini ada sebuah game di google play store yang mencoba membuat sebuah game dengan game play semirip mungkin dengan Bounce. Namanya adalah Bounce Classic. Hingga saat ini, game ini sudah di unduh lebih dari 5 juta pengguna Android. Angka yang menunjukkan bahwa banyak orang yang merindukan untuk memainkan game ini di handphone nya.

Nah karena berusaha menyesuaikan dengan game aslinya, game ini pun tentu saja punya tampilan yang jadul. Tetapi, meskipun agak jadul, game ini sudah menggunakan teknologi accelerometer yang ada pada Android. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengontrol bola. Bola akan menggelinding tergantung kamu miringkan kemana handphone-mu, sedangkan untuk memantulkan bola ke atas kamu bisa melakukan tap. Nah kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store pada alamat ini.

Nah bagaimana, sudah siap kembali memainkan mobile game jadul di atas? Masih adakah game mobile lain yang kamu rindukan? Tuliskan di komentar ya!


SHARE
Previous articleSuper Robot Wars X Omega, yang Pertama untuk iPhone dan Android!
Next articleBeli Lebih Awal, Dapat Edisi Spesial Until Dawn Plus Tiket Nonton Bioskop!