Exist Archive, RPG Baru tri-Ace yang Ingatkan Kami Pada Valkyrie Profile

Exist-Archive-2

Odin Sphere Leifthrasir Dipastikan Keluar Jepang!

Selain two-in-one, beli satu dapat game versi remake dan port-nya, gamer Sony juga dimudahkan melalui fungsi Cross Save, agar fleksibel main di konsol dan handheld!
Baca Juga

Ternyata tri-Ace bukan hanya disibukkan oleh Star Ocean 5. Kemarin mereka mengkonfirmasikan RPG terbarunya yang berjudul Exist Archive: The Other Side of the Sky, untuk PlayStation 4 dan PS Vita. Namun untuk yang satu ini, mungkin karena IP Baru, tri-Ace bekerjasama dengan Spike Chunsoft untuk menerbitkannya. Dan apa yang paling menarik dari RPG ini, seperti Odin Sphere, selama permainan kalian bakal melihatnya melalui sudut pandang dari samping selama menjelajahi dungeon-nya. Sebelum kita beranjak masuk ke gamenya, mari kenali beberapa nama familiar yang berada di balik tim pengembangannya.

Exist-Archive-1

  • Produser: Yuichiro Saito (Spike Chunsoft), dia termasuk nama baru di tengah Spike Chunsoft. Sebelumnya banyak menangani anime, seperti film (The) Boy and The Beast, serial anime Chobits, Danganronpa The Animation, OVA Last Order Final Fantasy VII,
    film Summer Wars dan film Wolf Children.
  • Pemimpin Programer: Yoshiharu Gotanda (tri-Ace R&D), nama yang pasti dikenal, dia banyak menangani semua game tri-Ace
  • Desainer Karakter: Mino Taro, baru saja resign dari Konami Februari 2015 lalu, sebelumnya menangani game bernuansa anime / love sim, seperti LovePlus dan Tokimeki Memorial Girl’s Side.
  • Sutradara dan Penulis Skenario: Masaki Norimoto (tri-Ace), kalian kenal melalui Valkyrie Profile, Valkyrie Profile 2: Silmeria, Star Ocean, Star Ocean 2: The Second Story, Tales of Phantasia dan Resonance of Fate
  • Komposer: Motoi Sakuraba, komposer yang sudah menjadi langganan tri-Ace.

Exist-Archive-3

Oke, kita mendapatkan dua orang yang sepertinya expert dalam bidang anime di tengah susunan tim inti Exist Archive: The Other Side of the Sky, apalagi dengan artwork dan screenshot karakternya yang sudah dirilis, sepertinya game baru tri-Ace ini memang bernuansakan anime, serta pengaruh Valkyrie Profile yang kuat melalui Masaki Norimoto.

Exist-Archive-4

Square Enix PHP Lagi! Mereka Pikir PS3 Sudah Mati, Star Ocean Hanya Untuk PS4

Sepertinya sudah saatnya buka lapak FJB-in PS3, dan beralih ke PS4!
Baca Juga

Informasi pertama yang bergulir, Exist Archive: The Other Side of the Sky mengambil setting kota Tokyo di jaman modern, namun juga ada planet lainnya, yang disebut Protolexa. Well, ini gamenya tri-cerita fiksi ilmiah sepertinya sudah menjadi ciri khas mereka. Selama permainan ada 12 protagonis anak muda, yang dianggap sebagai pembawa jiwa dewa-dewa jahat, dan mereka telibat di tengah pertarungan para dewa. Mereka mendapatkan kekuatan tersebut, bermula ketika suatu hari sebuah ledakan terjadi di Tokyo, yang disebabkan oleh evil god Yamatoga menghabisi ke-12 hero, termasuk karakter kalian, Kanata Kujou. Hasilnya ke-12 karakter menjadi abadi, dan di dalam tubuhnya tersimpan jiwa evil god.

Exist-Archive-5

Elemen utama game ini adalah eksplorasi dungeo. Dan menariknya, selama eksplorasi ditampilkan dari samping, dan karakter diperlihatkan dalam bentuk chibi 3D, bisa menggunakan skill seperti berlari dan melompat untuk memecahkan puzzle dan melanjutkan permainan. Musuh terlihat pada layar, dan kalian bisa mendapatkan pertarungan preemptive dam mendapatkan keuntungan menyerang lebih awal dengan cara menyerang dulu saat mereka terlihat di dungeon. Sudah mulai terasa bukan, kesan Valkyrie Profile-nya?

Exist-Archive-7

Kemudian selama pertarungan, ada sistem Active Chain Battle, dengan empat karakter berpartisipasi dalam pertarungan. Setiap anggota party meeakili tombol utama PlayStation, yaitu Lingkaran, X, Kotak, atau Segitiga. Menekan tombol yang terhubung dengan karakter bersangkutan, maka kalian bisa melancarkan serangan. Kalian perlu mengatur urutan mereka menyerang, dan merangkai serangan dengan taktis, sehingga kalian bisa meraup nilai lebih serta meningkatkan kemungkinan musuh menjatuhkan item yang berharga.

Exist-Archive-8

Selama pertarungan, kalian juga bisa memposisikan karakter, berada di barisan depan atau belakang. Mereka di sisi depan, meningkat kekuatan serangannya, namun justru makin mungkin ditarget musuh. Barisan belakang lebih aman, dan serangan musuh damage-nya tidak begitu besar, hanya saja kekuatan serangan karakter menurun. Setiap karakter, yang jumlahnya 12 tadi, menyimpan kekuatan evil god, dan kekuatan tersebut bisa dilepaskan untuk melancarkan serangan yang sangat kuat. Keseluruhan permainan utamanya juga disebutkan bisa diselesaikan dengan waktu 40-50 jam saja. Namun akan ada banyak side dan sub quest yang bisa kalian diluar skenario utamanya.

Exist-Archive-9

Karakter yang sudah diperkenalkan antara lain:

  • Kanata Kujou (disuarakan Ryota Osaka)
  • Ranze Miwakawa (disuarakan Aya Endo)
  • Mayura Tsukishiro (disuarakan Ai Kayano)
  • Tokihisa Kiriya (disuarakan Tetsuya Kakihara)

Exist-Archive-10 Exist-Archive-11

Sumber

 


SHARE
Previous articleZombiU Masuk PS4 dan XOne, Kesempatan Kedua Menjadi Zombie!
Next articleTeam nxl> dari Indonesia Sabet Juara di Turnamen CS: GO se-Asia Pasifik!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.