Final Fantasy Explorers, Monster Hunter-nya Square Enix, Dirilis di Luar Jepang!

Final-Fantasy-Explorers-1

Final Fantasy Explorers merupakan action RPG baru yang menjadi spin-off serial Final Fantasy, serta sudah dirilis untuk Nintendo 3DS pada 18 Desember 2015 mendatang di Jepang. Seperti Final Fantasy klasik, pertarungannya mengangkat kemampuan job setiap karakter, melawan monster dan summon klasik game ini, bahkan seakan menjadikan serial klasiknya memorabilia, di sini kalian menemukan beberapa pernak-pernik Final Fantasy klasik, misalnya, job class Onion Knight.

Final-Fantasy-Explorers-2

Kemarin Square Enix mengkonfirmasikan, jika Final Fantasy Explorers bakal dirilis ke Amerika Utara pada 26 Januari 2015 mendatang, dan di Eropa menyusul pada tanggal 29 Januari. Dibandingkan banyak Final Fantasy lainnya, Final Fantasy Explorers membedakan dirilis karena terfokus pada permainan co-op dengan teman, dan hingga empat pemain bisa bermain bersama-sama melalui koneksi nirkabel 3DS. Keseluruhan sistem progress karakter terpusat pada job class, dengan hampir 20 job yang sudah familiar di dunia Final Fantasy bisa kalian pilih dan pelajari, dan juga job khusus yang hanya eksis di sini. Termasuk itu, Knight, Monk, Black Mage, White Mage, Paladin dan Dragoon, untuk mengalahkan monster, dan bahkan merekruitnya untuk membantu pertarungan kalian. Kalian juga bisa men-summon eidolon legendaris seperti Ifrit dan Bahamut, dan yang unik dari Final Fantasy Explorers, kalian juga bisa mengubah karakter menjadi wujud karakter terkenal lainya dari serial Final Fantasy, seperti Cloud Strife dan Tifa Lockhart dari Final Fantasy VII, Cecil Harvey dari Final Fantasy IV dan Lightning fromFinal Fantasy XIII, melalui sistem Trance.

Final-Fantasy-Explorers-3

Satu Wujud Fan Service Dalam Final Fantasy Explorers, Onion Knight!

Selain juga Cloud, Squall, Lightning dan juga Terra...
Baca Juga

Tujuan utama kalian memainkan game ini adalah mengumpulkan kristal yang tersebar di dunia. Kristal elemen berkaitan dengan ceritanya, yang mengambil setting dunia yang berada di ambang perang karena banyak yang memperebutkan kristal, sumber energi planet. Kalian bergabung dengan pemain lainnya membentuk pasukan elit Explorers, dan di tengah pulau Amostra yang kaya akan kristal, mengumpulkannya, sambil melawan monster, dengan harapan menguasai sebuah daerah baru dipenuhi kristal, yang dikenal sebagai Grand Crystal.

Final-Fantasy-Explorers-4

Tidak seperti game Final Fantasy yang terpaku pada narasi, Explorers terbagi menjadi quest, seperti Final Fantasy Crystal Chronicles, dan ya, serial Monster Hunter-nya Capcom. Bagian utama permainan berlangsung setelah kalian menyelesaikan story utamanya, dan bisa menyita waktu hingga 200 jam! Kemudian tidak seperti seri Final Fantasy lainnya, di sini chocobo tidak bisa ditunggangi. Untuk tim kalian, disediakan 8 slot karakter, dan dengan monster yang berhasil dikalahkan bisa dipasangkan ke dalam empat slot diantaranya.

Final-Fantasy-Explorers-5

Juga makin membuat game ini mirip Monster Hunter, ada lebih dari 500 perlengkapan yang tersedia, dan bisa kalian bentuk dengan mengumpulkan material yang ditemukan dari pertarungan, atau dari field map. Karakter mendapatkan slot 8 skill yang bisa dibawa selama pertarungan, dan bisa mempelajari skill untuk job tertentu, yang kemudian bisa digunakan dengan job lainnya setelah skill tersebut dikuasai.

Final-Fantasy-Explorers-7

Untuk menggunakan skill, dibutuhkan magic point, namun kebutuhan untuk melancarkannya lebih sedikit seandainya karakter menggunakan skill yang memang terikat dengan job yang dogunakannya. Skill juga bisa dibatalkan penggunaannya selama bertarung. Dan untuk pertarungan multiplayer, maksimal 4 karakter bisa berpartisipasi melalui Nintendo Network, atau secara lokal melalui Wi-Fi.

Final-Fantasy-Explorers-6

Final Fantasy Explorers

 


SHARE
Previous article15 Video Game Paling Laris Sepanjang Sejarah (Part II)
Next articlePasang Tarif Kelewat Mahal, BRTI Panggil Telkomsel
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.