Kenapa Manga Libur Rilis Saat Golden Week?

Menunggu rilisnya sebuah chapter manga sudah menjadi kebiasaan kita tiap minggunya. Sebut saja judul manga-manga seperti One Piece, Naruto, Fairy Tail, Bleach ataupun Gintama. Pastinya akan terasa aneh ketika tidak ada manga yang rilis dalam suatu minggu. Hanya saja kadang akan kita temui minggu dimana manga-manga ini tidak rilis sama sekali. Beberapa orang menyebutkan karena di Jepang sedang ada Golden Week. Kenapa tidak ada manga yang rilis ketika Golden Week?

Golden Week - Tanggal KalenderGolden Week adalah empat hari libur yang “kebetulan” terdapat dalam satu minggu, ditambah dengan hari sabtu dan minggu yang memang hari libur, akan menjadi enam hari libur. Adapun hari libur itu adalah:

  • April 29, Showa Day. Hari untuk memperingati ulang tahun Kaisar Showa, yang meninggal tahun 1989.
  • May 3, Hari Konstitusi.
  • May 4, Greenery Day, untuk memperingati alam dan lingkungan atau sering disebut dengan hari berkebun, karena kaisar mereka sebelumnya yang memang suka berkebun
  • May 5, hari anak.

Tentu saja, kesempatan yang sangat langka dan hanya terjadi satu kali dalam satu tahun ini disambut dengan penuh suka cita dan merupakan hari liburan yang sangat ditunggu tunggu oleh banyak orang. Pada waktu minggu emas ini, trevel dan hotel-hotel menjadi full booked, kebanyakan orang memilih untuk berlibur ke luar negeri, karena berlibur di dalam negeri tidaklah menjadi lebih murah, bahkan cendrung lebih mahal.

Kalau melihat situasi seperti ini, nampaknya memang kita perlu memaklumi kondisi yang ada. Sebagai negara yang punya etos tinggi dalam bekerja, tentu minggu libur seperti ini memang harus di manfaatkan sekali untuk mengistirahatkan fikiran serta mencari inspirasi. Apalagi bagi mangaka yang setiap minggunya harus berpacu untuk menggoreskan cerita yang mendebar-debar bagi para pembaca.

Golden Week - LiburanIstilah Golden Week sendiri merupakan salah satu contoh kosakata bahasa Jepang yang ditulis dan dibaca seperti bahasa Inggris tapi merupakan istilah bahasa Jepang (wasei-eigo). Setelah pemerintah Jepang menetapkan undang-undang hari libur pada tahun 1948, gedung-gedung bioskop kebanjiran penonton yang menghabiskan hari libur di akhir bulan April dan minggu pertama bulan Mei dengan menonton film. Pada waktu itu siaran televisi belum ada dan rakyat senang menghabiskan liburan dengan pergi menonton bioskop, berbelanja di toko serba ada, atau bepergian ke tempat wisata yang dekat-dekat.

Nah selain pada golden week, Weekly Shonen Jump selaku majalah yang menerbitkan chapter manga mingguan juga memiliki tiga jadwal libur lainnya. Meskipun kemungkinan libur lain juga akan ada, mengingat jepang seringkali dilanda gempa.

  • Issue #04-05 -> Minggu ketiga pada bulan Desember
  • Issue #06-07 -> Minggu pertama pada bulan Januari
  • Issue #36-37 -> Minggu Pertama pada bulan Agustus

Nah silahkan catat minggu-minggu ini biar kamu udah tahu duluan kapan kira-kira manga favoritmu akan libur. Selamat menikmati hari senin guys!


SHARE
Previous articleBoruto Naruto the Movie Tayang di Luar Jepang Bertepatan Ulang Tahun Naruto!
Next articleImba, Kemenangan Ronda Rousey Munculkan Meme Lucu