Garudayana, Komik Indonesia yang Terbit di Jepang!

Garudayana - Japan Version1Lewat posting-an facebooknya, komikus Is Yuniarto baru-baru ini menyatakan bahwa Garudayana secara resmi telah menjalin kerja sama dengan Digital Catapult, penerbit komik online dari Jepang. Dengan kerja sama ini, komik indonesia yang sudah mencapai saga kelima ini akan diadaptasi menjadi komik online berbahasa jepang untuk disebar luaskan ke para pembaca disana.

Selain menyatakan kerja sama dengan pihak jepang, Is Yuniarto juga menyatakan kehadiran Garudayana Saga edisi kelima pada ajang Popcon Asia 2015 yang akan diselenggarakan pada 7-9 Agustus 2015 bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan. Tentu saja ini hal yang menarik untuk diikuti.

Garudayana - Saga kelima

Garudayana Legends, Versi Game dari Komik Garudayana Tengah Dikembangkan!

Masih ingat dengan komik buatan Is Yuniarto, Garudayana? Kali ini, versi game-nya tengah dikembangkan dengan mengusung judul Garudayana Legends!
Baca Juga

Garudayana sendiri adalah komik Indonesia yang bercerita tentang kisah wayang kontemporer. Bercerita tentang petualangan seorang gadis muda bernama Kinara seorang pencari harta karun dan seekor burung Garuda dalam menyelamatkan dunia dibalut dengan setting pewayangan klasik seputar keluarga Pandawa dan Kurawa. Komik ini tidak hanya sebatas menyalin ulang cerita dan mem-visualisasikannya. Namun juga menyuguhkan cerita baru dengan balutan kisah wayang Indonesia. Cerita baru tersebut dibuat sesederhana dan semenarik mungkin untuk menarik hati pembaca yang mayoritas berusia remaja. Sehingga para pembaca bisa menikmati cerita sekaligus belajar mengenai kisah pewayangan Indonesia.

“Tujuan saya membuat komik Garudayana ini adalah ingin berbagi dengan pembaca yang lebih muda, tentang pengalaman saya pada saat saya kecil, ketika saya menikmati serunya komik wayang jadul pada tahun 80an. Dan kini saya ingin share pengalaman tentang asyiknya dunia wayang dengan gaya dan ekspresi saya dalam berkomik dengan gaya pop manga,” Ungkap Is Yuniarto dalam salah satu wawancaranya.

Tujuan luhur ini akhirnya kemudian melahirkan sebuah komik yang dapat dikatakan sebuah terobosan dalam dunia komik indonesia. Sebab sejak jaman RA Kosasih yang memang sudah tersohor dengan komik wayangnya, bisa terhitung jumlah komikus yang mencoba mengangkat tema wayang ke dalam komiknya.

Garudayana - Japan Version

Garudayana, Budaya Indonesia dalam Bentuk Manga

Duniaku.net kali ini mendapatkan kesempatan eksklusif loh untuk melakukan wawancara dengan pembuat Garudayana, Mas Is Yuniarto. Yuk baca di sini untuk mengetahui seluk-beluk Garudayana beserta "sneak peek" seperti apa masa depan Garudayana.
Baca Juga

Garudayana pertamakali dirilis oleh penerbit KOLONI, untuk kemudian mengalami remaster dengan tajuk Garudayana Saga yang diterbitkan oleh penerbit Curhat Anak Bangsa dengan tambahan konten halaman baru, tambahan halaman berwarna, cover baru, dan kertas yang lebih tebal. Kini dengan menjalin kerja sama dengan Digital Catapult, Garudayana akan hadir secara online.

Dalam keterangannya, Digital Catapult menjelaskan bahwa banyak pembaca manga di Jepang saat ini lebih memilih membaca dalam bentuk digital daripada cetak. Oleh karena itulah mereka sebagai pelopor penerbitan komik digital di Jepang memilih untuk menerbitkan serial komik wayang populer ini dalam format digital. Digital Catapult yang juga menerbitkan edisi digital dari komik Naruto, menjual buku digital mereka melalui toko-toko eBook terkemuka di Jepang.

Untuk tahap awal Digital Catapult menerbitkan tiga jilid pertama serial komik ini. Direncanakan jilid keempat dan kelima akan terbit pada bulan November 2015. Di Indonesia sendiri, serial komik ini baru terbit sebanyak lima jilid dari total 12 jilid yang direncanakan oleh komikusnya. Digital Catapult berencana memperkenalkan terbitan mereka pada ajang PopCon Asia di Jakarta pada 8 dan 9 Agustus.

Bagaimana? Jika kamu ingin melihat bagaimana garudayana ditampilkan secara online dalam bahasa jepang, silahkan kunjungi http://comic-catapult.com/

Sebarkan berita bagus ini agar banyak orang yang tahu bahwa komik Indonesia bisa mendunia!


SHARE
Previous articleKaos Jepang Ini Pasti Bikin Para Cowok Melototin Terus
Next articleAkhirnya, Jadwal Rilis Final Fantasy XV Sudah Dipastikan!