RPG Maker MV untuk iPhone dan Android! Wujudkan Mimpi Ciptakan Game Sendiri!

RPG-Maker-MV-1

Kalian yang hobi menyalurkan kreatifitas dengan cara membuat game sendiri, khususnya RPG, bakal mendapatkan sarana baru dari Enterbrain. Mereka telah mengkonfirmasikan seri baru RPG Maker untuk PC Windows dan Mac dengan judul RPG Maker MV, dengan . Enterbrain mengatakan jika game barunya ini merupakan evolusi terbesar yang pernah mereka lakukan untuk serial RPG Maker, serta direncanakan dirilis akhir tahun ini. Beberapa fitur baru yang ditambahkan di sini antara lain: dukungan untuk banyak perangkat (bukan sekadar PC desktop), antar muka pertarungannya diperlihatkan dari samping, bisa dioperasikan menggunakan kendali layar sentuh dan juga mouse, bertambahnya batasan database item, peta otomatis ditampilkan dalam tiga lapis, serta juga ditampilkan dalam resolusi tinggi. Berikut trailer pertamanya:

Untuk pertama kalinya, RPG Maker MV mendukung banyak perangkat. Game ini awalnya dikembangkan sebagai aplikasi smartphone. Kalian bisa menyimpan build game RPG Maker MV yang kalian kembanhkan menjadi lima macam format. Windows EXE, Mac APP, Android APK, iOS IPA, dan HTML5 agar bisa dimainkan melalui browser. Selain itu, ketika RPG Maker sebelumnya dirilis eksklusif untuk PC Windows, maka RPG Maker MV ini bisa kalian mainkan melalui PC Mac, pertama kali sejak RPG Maker 95 dirilis Maret 1997 silam. Oh ya, kalian bisa mengekspor hasil kreasi RPG Maker MV kalian untuk iOS hanya ketika membuatnya melalui PC Mac.

RPG-Maker-MV-3 RPG-Maker-MV-4 RPG-Maker-MV-5

Kemudian jika dalam RPG Maker sebelumnya antar muka pertarungannya seperti serial Dragon Quest klasik, ditampilkan dari depan saja. Namun dalam RPG Maker MV, ada variasi, dan kini kalian bisa memilih opsi pertarungan dari samping.

RPG-Maker-MV-12

Dan karena memang mendukung kontrol menggunakan layar sentuh dan juga mouse, maka kalian bisa memainkannya melalui smartphone dan tablet. Cukup sentuh bagian layar di map untuk mengarahkan karakter bergerak. Sedangkan ketika kalian memainkan game hasil kreasi dari aplikasi RPG Maker MV juga menggunakan PC, kalian juga bisa menggunakan keyboard atau game pad.

RPG-Maker-MV-14 RPG-Maker-MV-15

Enterbrain kini juga memperbesar database yang bisa disimpan dalam RPG Maker MV. Jika sebelumnya dalam RPG Maker VX Ace, database yang bisa disimpan dalam game kalian maksimal hanya sampai 999 item saja (termasuk skill, item, weapon, armor, karakter musuh, dan juga kelompok musuh), maka dalam RPG Maker MV, batasan database digandakan menjadi 2,000.

RPG-Maker-MV-18 RPG-Maker-MV-19

Di sisi peta, jika dalam RPG Maker VX Ace bagian transparan yang dibuat dengan cara menumpuk kotak map level teratas bakal terus tampil dan kalian tidak bisa menggantinya. Namun kini dalam RPG Maker MV, program secara otomatis berubah antara level teratas dan terbawah, sehingga kalian bisa menciptakan struktur tiga lapis sederhana.

RPG-Maker-MV-9

RPG-Maker-MV-11

Jika dalam prekuel RPG Maker VX Ace hanya mendukung resolusi sampai 544×416-pixel saja, maka dalam RPG Maker MV mendukung resolusi yang lebih tinggi, yaitu 816×624-pixel. Kini kalian akan melihat karakter tidak terlalu pixelated, lebih detail ikon mereka dalam game. Perbandingannya, 32×32 pixel dalam game sebelumnya, menjadi 48×48. Keseluruhan dibandingkan sebelumnya meningkat 1.5 kali lebih besar, menghasilkan animasi dan visual yang lebih baik. Lihat perbandingannya mellaui screenshot di atas. RPG Maker VX Ace di sisi bawah, dan RPG Maker MV screenshot sisi atas.

Berikut spesifikasi sistem yang dibutuhkan untuk membangun game RPG Maker MV kalian sendiri dari Enterbrain:
  • CPU: Intel Core 2 Duo atau yang lebih tinggi
  • Memory: 2GB RAM atau lebih
  • Hard Disk Space: Space 2GB atau lebih
  • Graphics Card: Mendukung OpenGL
  • Display: Resolusi layar 1280 x 768-pixel
  • Operating System: Versi Mac – Mac OSX 10.10 atau lebih tinggi, versi PC – Windows 7/8/8.1/10 (32 atau 64 bit)

RPG-Maker-MV-10 RPG-Maker-MV-8 RPG-Maker-MV-7 RPG-Maker-MV-6 RPG-Maker-MV-16 RPG-Maker-MV-2 RPG-Maker-MV-1 RPG-Maker-MV-17

Sumber


SHARE
Previous articleMenurut Mario Teguh, Seorang Gamer Itu Susah Belajar dan Terbelakang!
Next articleIni Dia Penampakan 12 Gold Saint God Cloth di Saint Seiya!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.