Absolute Duo Versi Indonesia Siap Dirilis!

Absolute Duo Indonesia

Bagi kalian penggemar Light Novel, khususnya Absolute Duo, sepertinya bisa berbahagia. Karena publisher dalam negeri, Shining Rose Media telah siap untuk merilis volume pertama  LN karya Hiiragi★Takumi ini dalam waktu dekat. Melalui website blognya, mereka bahkan memberikan preview untuk yang sudah penasaran dengan LN ini!

Rasanya nama Abolute Duo bukanlah nama yang asing bagi para penikmat anime. Yup, Light Novel ini memang baru saja diadaptasi dalam format anime pada musim dingin tahun ini (Januari 2015). Dalam preview yang dirilis oleh Shining Rose Media beberapa hari yang lalu ini terdapat cover, prologue dan chapter pertama Absolute Duo vol. 1 yang cukup menjanjikan.

Absolute Duo Indonesia
Ini versi asli covernya
Absolute Duo Indonesia
Editan covernya lumayan bagus

Absolute Duo Indonesia

Absolute Duo Indonesia-5

Absolute Duo Indonesia-3

Absolute Duo Indonesia

Namun dalam versi preview ini sepertinya belum ada footnote yg ditulis untuk menjelaskan istilah-istilah dalam cerita LN ini. Atau bisa saja bagian-bagian itu dibiarkan begitu karena nantinya akan dijelaskan dalam cerita. Jika melihat rilisan publisher ini sepertinya hal ini tidak lagi perlu dikhawatirkan. Salah satu rilisan mereka yang pernah saya baca, Penguin Summer, pada awal kemunculan publisher ini memang menggunakan footnote untuk menjelaskan istilah-istilah dalam cerita ataupun istilah yang susah dimengerti oleh orang yang bukan merupakan orang Jepang. Translasi yang digunakan pun cukup mudah dimengerti dan tidaklah terlalu kaku. Editan cover Absolute Duo vol. 1 ini pun lumayan rapi. Ada sedikit penyesuaian tone warna dan penambahan tulisan Absolute Duo di pojok kanan bawah. Pemilihan font yang digunakan untuk cover ini pun juga cukup baik dan sesuai, terlebih mengingat ini merupakan versi pertama untuk distribusi di luar Jepang. Satu hal lagi yang cukup menarik dari publisher ini ialah, mereka mempertahankan penggunaan Soft Cover luaran selain cover buku sama seperti Light Novel yang dirilis di Jepang. Shining Rose Media memang telah memulai merilis Light Novel terjemahan sejak 2013, bahkan pada awal bulan Maret lalu mereka merilis satu Light Novel karya pengarang dan ilustrator lokal yang berjudul, She Loves You. Penerbit ini sendiri telah memperoleh lisensi resmi dari publisher Jepang, Ichijinsha dan Media Factory (MF Bunko). Selain Absolute Duo ini, mereka juga berencana untuk merilis versi terjemahan Indonesia dari No Game No Life.

Absolute Duo Indonesia
Yang kiri sudah siap rilis, yang kanan kira-kira kapan yah?

Yah, semoga perilisan dari serial LN Absolute Duo ini bisa berjalan lancar terlebih mengingat sepertinya pasar Light Novel di Indonesia sendiri cukup potensial. Hal ini bisa dilihat jika kalian rajin membaca translasi LN di Baka-Tsuki. Di komunitas fan-translation ini bisa ditemukan banyak ditemukan terjemahan LN dalam bahasa Indonesia. Walaupun banyak yang terbengkalai dan kurang rapi disana-sini jika dibandingkan bahasa lain. Namun hal ini membuktikan bahwa pasar LN di negara kita ini cukup potensial.

Nah, apakah dua Absolute Duo yang akan segera rilis ini sudah cukup memuaskan kalian? Atau mungkin ada judul Light Novel lain yang kalian inginkan untuk diterbitkan dalam bahasa Indonesia?


SHARE
Previous articleAvengers Terpecah di Captain America – Civil War! Seperti Inikah Pembagiannya?
Next articleIpo Chan Kini Semakin Agresif! Ipo Kun dan Ipo Rex Siap Bantu Jalankan Tugas
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar