Google Resmi “Bubar”, Berubah Menjadi Alphabet

Perusahaan Google AlphabetBerita mengejutkan baru saja datang dari salah satu perusahaan terbesar di dunia, Google. Kabar ini datang langsung dari CEO Larry Page, yang menyatakan Google telah resmi bubar dan karenanya ia akan membuat perusahaan baru bernama Alphabet.

Melalui laman Google Investor, Larry Page mengumumkan perubahan manajemen sekaligus mengumumkan pendirian perusahaan induk (holding company) bernama Alphabet yang membawahi perusahaan Google.

CEO Google juga telah berganti. Larry Page yang menggantikan Eric Schmidt beberapa tahun yang lalu telah berpindah menjadi CEO Alphabet dan untuk menggantikannya telah ditunjuk Sundar Pichai, eksekutif yang selama ini membawahi Android dan Chrome.

“Perusahaan kami masih beroperasi dengan baik, tetapi kami pikir kami bisa membuatnya lebih baik dan mumpuni. Jadi, kami membuat sebuah perusahaan baru, bernama Alphabet,” Ungkap Larry Page dalam posting-an blog.

Google Year In Search: Ini Dia 10 Besar yang Dicari Se-Indonesia di 2014!

Google melalui Year in Search berikan fakta apa saja yang paling dicari di Indonesia sepanjang tahun ini.
Baca Juga

Google memang memiliki banyak perusahaan mesin pencari dan tentu Youtube adalah satu di antara yang terbesar. Karenanya mereka memutuskan untuk ‘restrukturisasi’ sendiri. Nantinya Alphabet akan menjadi perusahaan induk yang mencakup Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama. Contoh usaha-usaha lain itu adalah riset penuaan Calico, rumah pintar Nest, dan penyedia layanan internet Fiber.

Usaha yang selama ini dikenal dengan Google Ventures, Google Capital, dan Google X — yang mencakup proyek mobil tanpa sopir — juga akan dinaungi Alphabet sebagai usaha-usaha tersendiri. Sedangkan Google akan menangani bisnis “tradisional” seperti mesin pencari, iklan, peta, YouTube, Android, Chrome, dan lainnya.

“Seperti yang ditulis Sergey dan saya dalam surat pendirian pada 11 tahun yang lalu, ‘Google bukanlah perusahaan konvensional. Kami tidak ingin menjadi satu,” kata Page.

Perusahaan Google - AlphabetStruktur anyar ini disebut mirip sekali dengan Berkshire Hathaway, milik orang terkaya di dunia, Warren Buffett, yang memiliki beragam perusahaan induk dan saling memiliki saham.

Dikutip dari Forbes, saham Google akan dikonversi menjadi saham Alphabet pada akhir 2015. Dengan demikian, semua nama saham otomatis akan dikonversi menjadi saham Alphabet dan akan terus diperdagangkan dalam kode transaksi saham GOOG dan GOOGL. Pengumuman mengejutkan ini direspons positif oleh pasar dengan ditandai naiknya saham sebesar tujuh persen sejam setelah pembukaan pasar. Bahkan media Inggris, The Guardian sampai menulis berita ini dengan judul “Google telah mati. Hidup Alphabet

Perubahan nama ini juga direspon oleh para netizen. Beberapa beranggapan pemilihan nama Alphabet disebabkan juga karena ingin bertanding dengan Apple pada deretan Alphabet A. Nah bagaimana pandanganmu tentang perubahan ini? Menurutmu lebih keren nama Alphabet atau Google?


SHARE
Previous articleTak Ada Game Puzzle Lain yang Secantik Sailor Moon Drops
Next articleBima X Capai Top 5 di Google Play