Pre GDG Prime 2015 POKKT Bali, Bawa Banyak Pengetahuan Baru Seputar Monetisasi Game!

pre gdg prime 2015 pokkt bali

Roadshow Pre GDG Prime 2015 with POKKT akhirnya dimulai di Denpasar. Bagaimana serunya para developer Bali di acara ini? Yuk kita simak!

Ingin Sukses Monetisasi Game Mobile? Ikuti Pre GDG Prime 2015 With POKKT Ini!

Bingung cara memonetisasi game mobile yang benar, dan tentu saja menghasilkan? Ikuti event Pre GDG Prime 2015 With POKKT di enam kota ini! Gratis!
Baca Juga

“Petualangan” Duniaku bersama platform rewarded video ads terbesar di Asia Tenggara, POKKT dalam Pre GDG Prime With POKKT dimulai hari Senin, 10 Agustus 2015 kemarin di Denpasar. Seperti yang kita tahu, event roadshow ini akan digelar di enam kota dalam waktu sembilan hari, meliputi Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Medan dan Jakarta. Di Denpasar sendiri, acara ini didukung oleh Kumpul.co dan bertempat di Rumah Sanur Creative Hub, sebuah co-working space lengkap dengan kafe Kopi Kultur-nya.

Acara yang terselenggara juga dengan dukungan dari komunitas Game Developer Bali ini diikuti oleh lebih dari 10 studio di Bali, baik yang sudah mengembangkan game maupun aplikasi mobile. Sedangkan dari pihak POKKT sendiri hadir Nimit Panpalia, Global Head-Developer Acquisition dari perusahaan yang berbasis di India tersebut.

pre gdg prime 2015 pokkt bali

Dalam acara ini, para developer Bali mendapatkan banyak tips dan trik menarik mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari game dan aplikasi yang mereka buat dengan memanfaatkan platform rewarded video ads. Selain itu, Nimit juga memberikan banyak share pengalaman menarik kisah sukses di beberapa developer game mancanegara, sekaligus memberikan highlight mengenai beberapa kesalahan yang seringkali dibuat oleh developer. Salah satunya adalah dengan memasang iklan di banner dengan peletakan yang cukup mengganggu sehingga membuat user malas untuk memainkan kembali game tersebut. Di sini Nimit menekankan, selain jumlah download, user retention dari user merupakan salah satu kunci sukses sebuah game di pasaran. Nimit sendiri membagikan pengalaman dan bercerita dengan gaya yang santai dan cukup kocak sehingga membuat suasana semakin akrab.

duniaku-pokkt-6

Setelah mendapatkan berbagai sharing pengalaman, tips serta trik tersebut, acara dilanjutkan dengan makan siang sambil ngobrol santai mengenai game-game yang tengah dikembangkan. Para developer Bali pun mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan game yang tengah mereka kembangkan, dan mendapatkan feedback langsung dari sesama developer dan juga dari POKKT. Ada beberapa proyek menarik dari developer Bali yang sempat ditunjukkan, seperti Game Editor untuk smartphone yang dikembangkan Gelli Studio, atau game kuis multiplayer yang dikembangkan oleh SLAB Games.

pre gdg prime 2015 pokkt bali

“Acara tadi sangat positif sekali yah untuk teman-teman developer game di Bali, karena satu teman-teman selama ini hanya fokus ke teknis saja untuk membuat game yang bagus, belum pernah berpikir mengenai bisnisnya,” ungkap Kadek Sudiartha, ketua Game Developer Bali kepada Duniaku pasca acara selesai. “Selama ini pengetahuan bisnis yang dimiliki pun hanya sebatas canvas model saja, tapi tidak pernah mendapatkan pengetahuan mengenai riilnya bagaimana menghasilkan uang. Di event ini, kita akhirnya bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana cara mencari uang melalui game tersebut,” lanjutnya.

Meskipun jumlah studio yang mengikuti kurang lebih setengah dari total studio yang aktif di Bali, namun Sudi berharap acara ini bisa memberikan dampak yang positif untuk game-game yang tengah dikembangkan, terutama yang ingin mencoba menerapkan rewarded video ads di dalam game-nya untuk menggantikan sistem banner seperti yang sudah dicoba sebelumnya. Sudi juga berharap nantinya POKKT juga menambah plugin agar bisa digunakan di lebih banyak engine, terutama engine-engine hybrid seperti Cordova dan Phonegap.

duniaku-pokkt-5

Setelah dari Denpasar, tepat hari ini Selasa tanggal 11 Agustus 2015 Duniaku dan POKKT akan menggelar roadshow Pre GDG Prime 2015 di Surabaya. Bagaimana serunya para developer Surabaya? Simak liputan selanjutnya di Duniaku!


SHARE
Previous articleMovie Boruto Dapatkan Lebih dari 70 Milyar Hanya dalam 3 Hari!!
Next article5 Ekspektasi yang Terjawab di Boruto: Naruto The Movie
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.