Lihat Hasil Ide Kreatif Square Enix Menggarap Dragon Quest XI 3DS!

Dragon-Quest-XI-1

Dragon Quest XI Dikonfirmasikan untuk PS4 dan 3DS, Bisa Dimainkan Offline!

Bahkan Square Enix juga tertarik mengembangkannya untuk platform baru Nintendo NX!
Baca Juga

Square Enix mengkonfirmasikan Dragon Quest XI akhir Juli 2015 kemarin dengan judul lengkap Dragon Quest XI: In Search of Departed Time, yang bisa kalian lihat streamingnya melalui artikel kami sebelumnya. Game tersebut dikembangkan untuk PlayStation 4 dan Nintendo 3DS, dan tidak seperti prekuelnya Dragon Quest X yang berupa game MMORPG, Dragon Quest XI bisa dimainkan secara offline. Bahkan Square Enix juga tertarik untuk membuat satu versi lainnya dari Dragon Quest XI ini untuk Nintendo NX — menjadikannya game pertama yang resmi dikonfirmasikan untuk platform baru Nintendo tersebut. Selain game ini, mereka juga berniat membawa MMORPG Dragon Quest X untuk Nintendo NX, demikian juga untuk PS4. Kemarin Square Enix merilis screenshot pertama game ini, baik untuk versi PS4 dan juga 3DS-nya, sehingga bisa memberikan gambaran seperti apa perbedaan Dragon Quest XI: In Search of Departed Time antara kedua versi. Dimulai dengan screenshot versi PS4…

Dragon-Quest-XI-1
Pertarungan untuk versi konsol memang digambarkan lebih detail, dan antar muka yang bersih. Monster terlihat pada layar sebelum kalian menyentuh mereka dan memulai pertarungan.
Dragon-Quest-XI-2
Kekuatan PS4 mampu menampilkan obyek yang sangat jauh lokasinya dari posisi karakter saat ini.
Dragon-Quest-XI-3
Sreenshot ini menampilkan bagian kota dalam game, yang dikelilingi dinding besar memutar. Rumah-rumah yang menempel pada dinding juga berhubungan dengan fitur barunya, karakter bisa melompat, dan menjangkau tempat yang lokasinya tinggi. Tidak, game ini masih tetap RPG kok, bukan platformer.
Dragon-Quest-XI-4
Dan ketika crowded-nya kota dilihat dari atas. Hampir di semua bagian kota bisa dijangkau karakter, dan dia bisa berjalan di atasnya, termasuk itu berjalan di atas tali… Ya, karakter kalian sudah lulus ujian akrobat!

Kemudian di bawah ini deretan screenshot untuk versi handheld-nya.

Dragon-Quest-XI-7
Secara hardware, memang 3DS kecil di hadapan PS4. Namun Square Enix dengan baik memanfaatkan keunikan 3DS. Layar sisi atas menampilkan visual 3D yang lebih modern. Sedangkan yang bawah, terlihat pixelated, pasti disukai gamer old-school!
Dragon-Quest-XI-8
Tampilan yang sama ketika berada di dalam kota. Ya, kami juga berpikir justru memecah konsentrasi dengan dua visual tersebut. Namun harus diakui, effort tim pengembangnya pasti juga lebih dalam menyajikan dua gaya visual berbeda ini.
Dragon-Quest-XI-6
Tidak dimiliki versi PS4-nya, kalian bisa memilih bertarung dengan antar muka modern 3D, atau first-person 2D seperti tipikal Dragon Quest klasik di sini!
Dragon-Quest-XI-5
Seperti ini tampilan event dalam game, juga diperlihatkan dalam dua sudut pandang, 3D modern, serta 2D old-school.

Dragon Quest XI Bikin Kalian Bernostalgia dengan Grafis Jadul Nintendo!

Gamer old-school mungkin akan memilih Dragon Quest XI versi 3DS, namun kualitas grafis versi PS4-nya juga lebih menarik! Jadi, beli kedua versinya saja ya?
Baca Juga

Dragon Quest XI melanjutkan konsep gameplay seri-seri sebelumnya, dimana kalian bisa menjelajahi dunia dan bertarung melawan beragam monster. Untuk versi PS4-nya, developer memberikan grafis berkualitas high definition menggunakan Unreal Engine 4, karakternya juga proporsional tubuhnya, termasuk itu opsi untuk menjelajahi area yang lokasinya tinggi, atap bangunan misalnya — pertama kali untuk serial ini. Sedangkan untuk versi 3DS, gaya visualnya berbeda, karena karakter digambarkan dengan wujud 3D super deformed pada sisi atas layar 3DS, dan bergaya sprite 16-bit di sisi bawah layar, untuk menggugah nostalgia pemain. Selama pertarungan, versi 3DS juga memberi opsi berganti antara gaya grafis 3D dan 2D seperti game klasiknya.

Dragon-Quest-XI-10

Dragon Quest XI Ditangani Langsung Sang Kreator Bersama Akira Toriyama

Kreator Dragon Quest XI, Yuji Horii membagikan banyak hal mengenai seri terbarunya ini. Mulai keterlibatannya, logo game ini yang mengingatkan pada seri pertamanya, serta tetap hadirnya Akira Toriyama sebagai desainer karakter.
Baca Juga

Mengenai dua tampilan versi 3DS-nya tersebut, kalian bisa memainkan entah itu dengan tampilan 2D klasik yang pixelated, atau 3D yang lebih fresh. Kalian juga bebas beralih dari setiap mode di tengah permainan. Namun opsi bebas beralih dari 2D ke 3D dan sebaliknya, hanya diberikan di awal game saja. Mulai poin tertentu, kalian bakal diminta untuk memainkannya dalam 3D atau 2D. Hanya saja, kalian masih tetap bisa berganti ke visual lainnya, namun tidak sebebas di awal permainan. Sedangkan untuk versi PS4, dibuat untuk kalian yang memang mencari kualitas Full 3D yang cantik.


SHARE
Previous articleMerchandise Boruto: Jubah Hokage Naruto Hanya 3 Juta Rupiah Lho!
Next articleYuya Sakaki Beraksi Lagi di Serial Manga Yu Gi Oh! Arc V, Ini Saatnya Pendulum Summon!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.