Aplikasi Google Play Ikut Rayakan Hari Pramuka untuk Anak-anak!

Hari Pramuka selalu dirayakan oleh masyarakat Indonesia pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Google Play juga ikut menghadirkan aplikasi dengan tema Pramuka, lho. Berikut tiga aplikasi yang penulis pilihkan untuk kalian dalam memperingati hari Pramuka!
MOP_LOGO__RGB
Sumber: Scout.org

Hari Pramuka merupakan hari peringatan gerakan pramuka yang diadakan tiga hari sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat dari pemuda-pemuda Indonesia untuk membentuk kesatuan inilah yang melatarbelakangi Pramuka setelah Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional) dibentuk. Pramuka (Praja Muda Karana) menjadi salah satu organisasi pergerakan pada saat perjalanan masa kemerdekaan. Perannya pun nggak kalah penting untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dalam bidang kepanduan pendidikan dasar Pancasila.

Dengan mempelajari simbol-simbol, sandi, dan kode pramuka akan cukup menguntungkan buat kamu yang suka berpetualang ke alam terbuka karena kegiatan pramuka kebanyakan berada di lingkungan luar. Karena itu, dengan diadakannya Hari Pramuka akan mengingatkan untuk pemuda di Indonesia kalau anggota Pramuka bukanlah sesuatu yang kuno. Mengingat sekarang kecanggihan teknologi semakin berkembang, hari jadi Pramuka ini pun juga menjadi inspirasi para pengembang aplikasi untuk mengangkat tema Hari Pramuka ini buat anak-anak.

1. Saku Pramuka

Hari-Prakuka-Saku

Buat kamu yang sudah remaja atau dewasa juga bisa menikmati aplikasi pengetahuan ini untuk menambah wawasan tentang Pramuka dengan aplikasi ini. Saku Pramuka akan membantu ingatan kamu untuk mengingat kegiatan dan sandi-sandi Pramuka yang dulu pernah dipelajari sewaktu SD dan SMP.

Aplikasi ini rencananya akan terus dikembangkan agar pelajaran tentang Pramuka bisa dipelajari lewat online maupun tidak. Dengan aplikasi ini diciptakan akan memudahkan dan praktis bagi siapa saja yang ingin belajar tentang Pramuka. Mungkin adik atau anak yang sedang belajar Pramuka bisa kamu bantu dengan aplikasi ini.

Unduh Saku Pramuka melalui Google Play Store

2. Marble Belajar Pramuka

Hari-Prakuka-Marble-2

Nah, kalau aplikasi ini memang diperuntukkan untuk anak-anak usia 7-11 tahun. Aplikasi ini bukan yang pertama dikeluarkan oleh Marble, sebelumnya juga ada Marble Hanacaraka dimana kita bisa mengenal aksara Jawa lewat aplikasi tersebut. Sekarang Marble akan memberikan pengetahuan mengenai Pramuka kepada anak-anak tentang dasar-dasar dari Pramuka. Kalau di Pramuka golongan ini termasuk golongan Siaga. Seperti misalnya belajar mata angin, belajar mengenal jejak juga diajarkan di sini. Wow, sepertinya mengenal jejak akan mengasyikkan.

Unduh Belajar Pramuka melalui Google Play Store

3. Buku Saku Pramuka

Hari-Prakuka-Buma-Saku

Buat anak-anak yang suka dengan sejarah, termasuk Pramuka, mungkin ini aplikasi yang cocok untuk digunakan. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan kita untuk mengetahui sejarah pendiri Pramuka Boden Powell, yang dikenal sebagai Bapak Pramuka Dunia. Terus, kamu juga akan mengetahui teknik-teknik dalam berpramuka. Bisa dibilang aplikasi juga sama-sama praktisnya karena kemudahan yang didapat. Kualitas gambarnya pun sederhana dan tidak membuat mata kamu pusing.

Unduh Buku Saku Pramuka melalui Google Play Store

Hari-Prakuka-Marble-1

Aplikasi dengan tema Pramuka ini memang sangat membantu. Tapi jangan sampai dengan adanya aplikasi ini, kita tidak mempraktekkannya ketika di lapangan. Download, pelajari, dan aplikasikan di kegiatan sehari-hari kamu dalam berpramuka. Dengan begitu ilmu kita bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak. Selamat Hari Pramuka!


SHARE
Previous articleGame Android Dont Get Fired! Ini Bikin Melamar Kerja Jadi Lebih Mudah Lho!
Next articleTernyata Animasi Dragon Ball Super Tak Sesuper Namanya