Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Waktunya ganti phablet? Belum, Galaxy Note 4 sudah cukup mumpuni, bahkan Galaxy Note 3 pun masih lebih baik kok dibandingkan Galaxy Note 5!

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

[read_more id="213573"]

Setelah 10 bulan phablet Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Keseluruhan spesifikasi Galaxy Note 5 mirip dengan Galaxy S6 Edge+. Namun ada beberapa ciri khas, seperti S6 Edge+ lebih kecil dan ringan, layarnya melengkung, dan galaxy Note 5 memiliki stylus S Pen. Dan ya, seperti yang kami ulas sebelumnya, S Pen tersebut menggunakan mekanis pegas, sehingga kalian tinggal dorong saja untuk mengeluarkan, atau memasukkannya. Memperkecil potensi kuku jari terluka.

Sekilas, jika kami masih bisa membanggakan Galaxy Note 4 karena desainnya yang khas, maka Galaxy Note 5 justru mirip banget dengan Galaxy S6. Namun Samsung juga membuat lapisan kaca Gorilla Glass-nya di sisi belakang menjadi melengkung, dan imbasnya, Galaxy Note 5 ini lebih nyaman digenggam. Samsung juga berhasil membuat Galaxy Note 5 lebih kompak daripada Galaxy Note 4, meskipun dimensi layarnya sama (akan kami ulas di bagian lain perbandingan kedua phablet tersebut). Bezel di sekeliling layarnya juga tampak sangat tipis, lebih tipis dibandingkan Galaxy Note 4. Kemudian corong speakernya hanya ada satu saja, bukan stereo, diposisikan di sisi bawah seperti Galaxy Note 3, di dekat lubang S Pen. Speaker tersebut juga menjadi jalur output audio Ultra High Quality yang mulai diterapkan Samsung untuk Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus ini. Audio tersebut mampu memberikan kualitas 24 bit/192 KHz, atau lebih tinggi dibandingkan kualitas CD. Phablet ini juga mampu meningkatkan kualitas audio, entah itu CD atau format MP3, menjadi UHQ. Lebih lagi, menggunakan aksesoris audio orisinal Samsung, kalian bisa menstreamingkan musik dengan kualitas UHQ. Oh ya, meleset dari prediksi sebelumnya, port USB-nya masih standar, USB 2.0, bukan USB Type C seperti yang dirumorkan.

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Galaxy S6 Edge+ di sisi lain, hanya menjadi versi raksasa dari Galaxy S6 Edge (bakal kami ulas juga di bagian lain). Spesifikasi hardware-nya, khususnya chipsetnya, sama persis. Bisa diharapkan kalian mendapatkan kinerja setara Galaxy S6, atau jika bahasa yang lebih mudah dimengerti, hasil benchmark AnTuTu-nya sekitar 67 - 70 ribuan. Ya, secara hardware, Exynos 7420 memang monster!

Kedua gadget baru Samsung itu mendukung fast wireless charging, dan menurut Samsung, baterai 3,000 mAh-nya mampu diisi hanya dalam waktu 2 jam saja, secara wireless lho! Samsung juga menyebutkan jika di-charge menggunakan adaptor kabel fast charging bakal lebih cepat lagi. Galaxy Note 4 penulis dengan baterai berkapasitas 3,220 mampu terisi penuh hanya dalam waktu sekitar satu setengah jam saja menggunakan adaptor fast charging.

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Samsung hanya menyebutkan kapan Galaxy Note 5 bakal dirilis di Amerika Utara dan Kanada, yaitu pada tanggal 21 Agustus 2015 mendatang (ya, seperti rumor sebelumnya). Wilayah lainnya masih belum ada kepastian. Asia juga dipastikan mendapatkannya, meskipun tanggalnya belum pasti selama Agustus 2015 ini. Eropa justru yang mendapatkannya belakangan, awal tahun 2016 mendatang. Warna yang ditawarkan baru Black Sapphire dan White Pearl saja. Ada pilihan internal storage 32GB dan 64GB, dan ya, tanpa slot microSD ya! Ok, memang internal storage lebih cepat akses in-outnya dibandingkan external storage, apalagi jenis internal storage yang digunakan Samsung adalah UFS 2.0, seperti yang sudah digunakan pada Galaxy S6, dan terbukti membuat kinerja in-out untuk write-read storeage smartphone tersebut sangat cepat. Namun ketika kalian melihat kembali pada salah satu fiturnya, merekam video dengan resolusi 2K, dimana beberapa menit video 2K saja sudah menghabiskan kapasitas storage hingga beberapa GB, rasanya internal storage 64 GB sekalipun bakal menjadi sangat kurang. Oh ya, kalian juga perlu makin waspada dengan kapasitas baterainya yang built-in, karena tidak ada lagi solusi swap baterai dengan cadangan baterai kedua yang biasa di-charge menggunakan EBC (external battery charger). Atau, kalian juga tidak bisa lagi menggunakan baterai monster semacam produk ZeroLemon, yang dengan mudah mendongkrak kapasitas baterai keluarga Galaxy Note sebelumnya menjadi 10,000 mAh!

Sekarang mengenai harganya... siap-siap saja terkejut. Seperti Galaxy S6 dan S6 Edge sebelumnya, Samsung sudah menerapkan penggunakan material berkelas untuk mereka. Harganya pun aduhai menguras kantong. Jadi jangan berharap untuk Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus ini bakal lebih murah. Untuk Galaxy S6 Edge Plus, kalian bisa memilikinya dengan harga US $768, atau sekitar Rp. 10,5 jutaan untuk varian dengan internal storage 32GB, dan mencapai US $864, atau sekitar Rp. 12 jutaan untuk varian dengan storage 64GB. Sedangkan Galaxy Note 5, lebih murah, dengan harga US $696, atau sekitar Rp. 9,5 jutaan untuk varian dengan internal 32GB, dan US $792, atau sekitar Rp. 11 jutaan, untuk varian 64GB.

Samsung Galaxy Note5 : Official Introduction

Dan berikut video lifestream event Samsung Unpacked yang mengkonfirmasikan kedua gadget terbaru Samsung.

Samsung Galaxy Unpacked 2015 Livestream

https://youtu.be/M8Dk-XLCSCU

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU