Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Galaxy-Note-5-3

Spesifikasi Galaxy Note 5 Terungkap! Berikut Fiturnya yang Perlu Kalian Ketahui

Spesifikasi Galaxy Note 5 Terungkap! Berikut Fitur-fiturnya yang Perlu Kalian Ketahui, gambar Galaxy Note 5, foto Galaxy Note 5, kapan Galaxy Note 5 rilis
Baca Juga

Setelah 10 bulan phablet Galaxy Note 4 eksis di pasaran, akhirnya kemarin malam melalui event Unpacked, Samsung mengkonfirmaiskan penerusnya. Samsung Galaxy Note 5 (Samsung menyebutnya Galaxy Note5) yang dikembangkan dengan kode nama Project Noble diposisikan sebagai rival untuk iPhone 6 Plus. Pengenalan phablet barunya tersebut memang lebih cepat dari biasanya. Dan sepertinya Samsung sengaja bakal menjualnya lebih awal, agar tidak kecolongan momen dari Apple yang juga diperkirakan mengungkapkan Apple iPhone 6s dan iPhone 6s Plus kuartal ketiga ini. Tergesa-gesa? Mungkin, namun kita bisa membaca di sini, sepertinya iPhone 6 Plus memang sukses memakan banyak porsi kue yang seharusnya menjadi bagian Samsung, dan vendor Korea tersebut tidak mau kecolongan untuk kedua kalinya. Selain itu, Samsung juga tidak ingin dianggap ketinggalan, disebut vendor yang belakangan implementasikan RAM 4 GB ke dalam varian teratas mereka. Spesifikasi Galaxy Note 5 sebenarnya sudah kita dapatkan melalui banyak bocoran sebelum phablet ini resmi terungkap kemarin malam, yang muncul bersamaan dengan varian baru Galaxy S6 Edge+ (baca: Galaxy S6 Edge Plus). Jika Galaxy S6 Edge Plus diposisikan untuk pengguna multimedia, maka Galaxy Note 5 ditawarkan sebagai phablet yang paling tepat untuk kalian yang menginginkan Android dengan kemampuan multitasking handal. Jika kalian termasuk yang belum yakin sebelum mendengar spesifikasi sekuat apa phablet ini langsung dari Samsung, berikut spesifikasi Galaxy Note 5 yang resmi diungkapkan Samsung:

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

  • OS: Android 5.1 (Lollipop)
  • Chipset: Exynos 7420 (64bit, 14nm), dengan prosesor octa-core, yang terbagi melalui konfigurasi big.LITTLE with GTS. Empat core Cortex-A57 pada kecepatan 2.1GHz + empat core Cortex-A53 pada kecepatan 1.5GHz.
  • Grafis: Mali-T760 MP8 (ada delapan core) dengan kecepatan 772 MHz dengan kemampuan mencapai 302 GFLOPS
  • Layar: 5.7” Quad HD Super AMOLED 2560×1440 (518ppi)
  • RAM: 4GB RAM (LPDDR4) 32-bit dual-channel pada kecepatan 1552 MHz (bandwith 24.88 GB/s)
  • Storage: 32/64GB (UFS 2.0)
  • Kamera: Belakang 16 MP OIS (dengan bukaan lensa F1.9), depan 5 MP (dengan bukaan lensa F1.9)
  • Baterai: 3000mAh
  • Konektivitas: WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), MIMO (2×2), Bluetooth® v4.2 LE, ANT+, USB 2.0, NFC, Location (GPS, Glonass, Beidou)
  • Charging: Fast Charging, Fast Wireless Charging
  • Dimensi: 153.2 x 76.1 x 7.6mm, 171g

Galaxy-Note-5-5

Keseluruhan spesifikasi Galaxy Note 5 mirip dengan Galaxy S6 Edge+. Namun ada beberapa ciri khas, seperti S6 Edge+ lebih kecil dan ringan, layarnya melengkung, dan galaxy Note 5 memiliki stylus S Pen. Dan ya, seperti yang kami ulas sebelumnya, S Pen tersebut menggunakan mekanis pegas, sehingga kalian tinggal dorong saja untuk mengeluarkan, atau memasukkannya. Memperkecil potensi kuku jari terluka.

Sekilas, jika kami masih bisa membanggakan Galaxy Note 4 karena desainnya yang khas, maka Galaxy Note 5 justru mirip banget dengan Galaxy S6. Namun Samsung juga membuat lapisan kaca Gorilla Glass-nya di sisi belakang menjadi melengkung, dan imbasnya, Galaxy Note 5 ini lebih nyaman digenggam. Samsung juga berhasil membuat Galaxy Note 5 lebih kompak daripada Galaxy Note 4, meskipun dimensi layarnya sama (akan kami ulas di bagian lain perbandingan kedua phablet tersebut). Bezel di sekeliling layarnya juga tampak sangat tipis, lebih tipis dibandingkan Galaxy Note 4. Kemudian corong speakernya hanya ada satu saja, bukan stereo, diposisikan di sisi bawah seperti Galaxy Note 3, di dekat lubang S Pen. Speaker tersebut juga menjadi jalur output audio Ultra High Quality yang mulai diterapkan Samsung untuk Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus ini. Audio tersebut mampu memberikan kualitas 24 bit/192 KHz, atau lebih tinggi dibandingkan kualitas CD. Phablet ini juga mampu meningkatkan kualitas audio, entah itu CD atau format MP3, menjadi UHQ. Lebih lagi, menggunakan aksesoris audio orisinal Samsung, kalian bisa menstreamingkan musik dengan kualitas UHQ. Oh ya, meleset dari prediksi sebelumnya, port USB-nya masih standar, USB 2.0, bukan USB Type C seperti yang dirumorkan.

Galaxy-Note-5-7

Galaxy S6 Edge+ di sisi lain, hanya menjadi versi raksasa dari Galaxy S6 Edge (bakal kami ulas juga di bagian lain). Spesifikasi hardware-nya, khususnya chipsetnya, sama persis. Bisa diharapkan kalian mendapatkan kinerja setara Galaxy S6, atau jika bahasa yang lebih mudah dimengerti, hasil benchmark AnTuTu-nya sekitar 67 – 70 ribuan. Ya, secara hardware, Exynos 7420 memang monster!

Kedua gadget baru Samsung itu mendukung fast wireless charging, dan menurut Samsung, baterai 3,000 mAh-nya mampu diisi hanya dalam waktu 2 jam saja, secara wireless lho! Samsung juga menyebutkan jika di-charge menggunakan adaptor kabel fast charging bakal lebih cepat lagi. Galaxy Note 4 penulis dengan baterai berkapasitas 3,220 mampu terisi penuh hanya dalam waktu sekitar satu setengah jam saja menggunakan adaptor fast charging.

Galaxy-Note-5-6

Samsung hanya menyebutkan kapan Galaxy Note 5 bakal dirilis di Amerika Utara dan Kanada, yaitu pada tanggal 21 Agustus 2015 mendatang (ya, seperti rumor sebelumnya). Wilayah lainnya masih belum ada kepastian. Asia juga dipastikan mendapatkannya, meskipun tanggalnya belum pasti selama Agustus 2015 ini. Eropa justru yang mendapatkannya belakangan, awal tahun 2016 mendatang. Warna yang ditawarkan baru Black Sapphire dan White Pearl saja. Ada pilihan internal storage 32GB dan 64GB, dan ya, tanpa slot microSD ya! Ok, memang internal storage lebih cepat akses in-outnya dibandingkan external storage, apalagi jenis internal storage yang digunakan Samsung adalah UFS 2.0, seperti yang sudah digunakan pada Galaxy S6, dan terbukti membuat kinerja in-out untuk write-read storeage smartphone tersebut sangat cepat. Namun ketika kalian melihat kembali pada salah satu fiturnya, merekam video dengan resolusi 2K, dimana beberapa menit video 2K saja sudah menghabiskan kapasitas storage hingga beberapa GB, rasanya internal storage 64 GB sekalipun bakal menjadi sangat kurang. Oh ya, kalian juga perlu makin waspada dengan kapasitas baterainya yang built-in, karena tidak ada lagi solusi swap baterai dengan cadangan baterai kedua yang biasa di-charge menggunakan EBC (external battery charger). Atau, kalian juga tidak bisa lagi menggunakan baterai monster semacam produk ZeroLemon, yang dengan mudah mendongkrak kapasitas baterai keluarga Galaxy Note sebelumnya menjadi 10,000 mAh!

Sekarang mengenai harganya… siap-siap saja terkejut. Seperti Galaxy S6 dan S6 Edge sebelumnya, Samsung sudah menerapkan penggunakan material berkelas untuk mereka. Harganya pun aduhai menguras kantong. Jadi jangan berharap untuk Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus ini bakal lebih murah. Untuk Galaxy S6 Edge Plus, kalian bisa memilikinya dengan harga US $768, atau sekitar Rp. 10,5 jutaan untuk varian dengan internal storage 32GB, dan mencapai US $864, atau sekitar Rp. 12 jutaan untuk varian dengan storage 64GB. Sedangkan Galaxy Note 5, lebih murah, dengan harga US $696, atau sekitar Rp. 9,5 jutaan untuk varian dengan internal 32GB, dan US $792, atau sekitar Rp. 11 jutaan, untuk varian 64GB.

Samsung Galaxy Note5 : Official Introduction

Dan berikut video lifestream event Samsung Unpacked yang mengkonfirmasikan kedua gadget terbaru Samsung.

Samsung Galaxy Unpacked 2015 Livestream


SHARE
Previous articleHajime Isayama: Tidak Suka Live Action Attack on Titan? Tidak Masalah!
Next articleGalaxy S6 Edge Plus Gagal Diet, Inilah Galaxy S6 Edge yang Membesar!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.