Sebelum Mulai Berburu Game Comiket 88, Lihat Dulu Kumpulan Trailernya Disini!

Game Comiket 88

Comic Market atau Comiket memang salah satu ajang bagi para developer indie di Jepang untuk memasarkan game-game buatan mereka secara massal. Para otaku yang juga gamers tentunya banyak menantikan game-game menarik dari para developer ini. Namun banyaknya developer yang hadir dan banyaknya game yang dirilis jelas membuat pusing jika kita harus membuka satu persatu halaman web ataupun video teaser dari masing-masing developer.

Jangan khawatir karena studio Indie Jepang Edelweiss telah merangkum seluruh trailer Game Comiket 88 tersebut kedalam satu trailer panjang!

Setiap tahunnya diadakan 2 kali Comiket di Jepang yaitu pada pertengahan tahun di musim panas, sekitar bulan Agustus dan di akhir tahun pada bulan Desember. Dua jadwal yang sangat tepat dengan kalender Jepang yaitu event liburan musim panas dan event natal dan tahun baru. Dimana pada kedua event inilah orang-orang Jepang banyak menghabiskan uang mereka untuk bersenang-senang. Tidak ketinggalan para otaku dengan event terbesar mereka ini.

Bagi para otaku yang juga gamers pun tidak usah khawatir tidak kebagian jatah game baru, karena puluhan developer berpartisipasi dalam kedua event Comiket ini. Bagi kalian yang juga senang berburu game-game indie Comiket melalui toko-toko online sepertinya trailer ini akan sangat membantu.

Bagaimana apakah dari trailer diatas ada game yang cukup menarik bagi kalian? Sepertinya dominasi Touhou Project masih cukup kuat di event Comiket kali ini. Beberapa game dengan tema dan gameplay “unik” juga tidak ketinggalan hadir dalam event Comiket kali ini. Mulai game balapan dengan tema touhou seperti SkyDrift, hingga game unik seperti Yohjo Simulator (pada menit ke 50:11)yang menunjukkan bagaimana jadinya jika seorang gadis bersikap seperti kambing yang senang menyeruduk, menunjukkan bahwa Comiket tetap menjadi ajang paling bebas atau jika bisa dibilang tidak jelas tapi cukup menarik banyak gamers khususnya mereka yang ada di Jepang.

Game Comiket 88
Gameplay dari skydrift, salah satu game dengan tema Touhou

Yah, inilah salah satu kelebihan comiket, tidak ada batasan jenis game, modal yang diperlukan, ataupun spesifikasi khusus lainnya. Setiap developer bebas menjual hasil karya mereka tanpa adanya batasan. Tapi tentunya karena setiap developer game yang berpartisipasi dalam Comiket merupakan developer indie jumlah game yang bisa dijual sangatlah terbatas. Sehingga tidak heran bagi developer yang sudah terkenal dan memiliki fans sendiri akan terdapat antrian yang luar biasa panjang pada booth mereka. Beberapa Developer ini kini juga mulai menjual game mereka melalui steam dan saat ini sedang ada diskon untuk beberapa game indie ini.

Bahkan dahulu sebelum acara dimulai akan banyak otaku yang menginap di luar Tokyo Big Sight, tempat acara ini digelar. Namun karena masalah keamanan dan ketentraman lingkungan sekitar acara, kini hal tersebut dilarang. Sejak 2010, para pengunjung diperbolehkan mulai mengantri pukul 10 pagi, sekitar satu jam sebelum gerbang venue dibuka.

Cosplay Comiket 88 Hari Pertama: Tidak Kalah Panas dengan Musim Panas!

Tidak lengkap rasanya event Comiket tanpa cosplay terbaik, maupun yang terburuk. Berikut beberapa cosplay Comiket 88 pilihan Duniaku!
Baca Juga

Bagi kalian yang berkesempatan hadir di Comiket tahun ini atau mungkin berencana hadir di Comiket berikutnya sepertinya video ini akan cukup membantu kalian untuk bisa memahami kebiasaan dan aturan-aturan yang ada di Comiket.

https://youtu.be/_MBj4vz3Log

Source: Edelweiss Studio dan wiki


SHARE
Previous articleLINE Dragonica Mobile Sukses Raup 1 Juta Download Hanya dalam Seminggu!
Next articleCosplay Comiket 88 Hari Pertama: Tidak Kalah Panas dengan Musim Panas!
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar