March of Empires, Game Strategi yang Lebih Keren dari Clash of Clans!

March-of-Empires-2

Ada banyak game strategi yang bisa kalian mainkan di Google Play Store, dan yang terkenal saat ini adalah Clash of Clans. Kini Gameloft terjun ke tengah persaingan pilihan genre strategi dengan game terbarunya, March of Empires. Sebuah game MMO (massive multiplayer online) yang terlihat sangat kompleks untuk ukuran game mobile, dan dirilis akhir pekan lalu sebagai game freemium untuk Apple iOS, Google Android dan Microsoft Windows Phone.

March of Empires – Launch Trailer

March of Empires masih sama seperti tipikal game strategi lainnya, namun meluaskannya di beberapa bagian. Melalui March of Empires kalian bisa membangun sebuah base, membentuk pasukan perang, dan mengirim pasukan tersebut ke wilayah lain untuk menguasainya. Bukan sekedar wilayah yang masih kosong, namun juga wilayah yang saat ini dikuasai oleh pemain lainnya (karena itulah game ini juga masuk kategori MMO).

March-of-Empires-3

Kalian juga mendapatkan pilihan mendukung salah satu faksi/peradaban (dari tiga), dan membangun kerajaan dengan mengumpulkan serta memanfaatkan beragam sumber daya yang dikumpulkan selama ekspansi. Kalian memulainya dengan memilih tipe pemimpin seperti apa nantinya kalian: seorang Highland King, Northen Czar atau Desert Sultan. Kemudian kalian memulai permainan dengan sebuah istana dan sebudang tanah kecil dimana kalian bisa membangun dan mengembangkan serangkaian struktur yang masing-masing memiliki peran dan manfaatnya sendiri.

March-of-Empires-7

Setiap pemimpin dan kerajaan memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri, dan juga ciri khas visual. Jika kalian memilih menjadi King, misalnya, maka kalian langsung membuka bonus 10% construction speed dan keuntungan seperti peningkatan 15% dalam hal iron income. Sedangkan memilih Sultan beda lagi kelebihannya. Dia bisa membuka peningkatan 15% stone income dan meningkatkan research speed sebesar 10%, dan seterusnya.

March-of-Empires-9

Selanjutnya kalian membangun base dengan mengumpulkan dan memanfaatkan sumber daya, seperti food, stone, silver, wood dan iron. Bangunan bisa di-upgrade untuk meningkatkan produktivitas, dan kalian juga bisa segera membuka academy yang bisa membuat kerajaan menjadi lebih kuat lagi. Dengan academy, kalian bisa menggunakan sumber daya ke bidang ekonomi atau militer, seperti dengan meningkatkan construction speed untuk keseluruhan bangunan, atau meng-upgrade attack power pasukan. Pada akhirnya, melalui academy juga kalian bisa membuka jenis unit baru yang kemudian dilatih di dalam barrack.

March-of-Empires-8

Seiring kalian mengembangkan kerajaan dan level Champion militer mereka juga meningkat, mereka mendapatkan skill point untuk Champion tersebut, yang kemudian bisa dibagikan menjadi talent. Talent ini semacam boost yang didapatkan dari academy, dan bisa juga meningkatkan beberapa hal, seperti attack power pasukan, training speed dan banyak lagi poin lainnya. Selain itu kalian juga perlu memperhatikan cuaca dalam game. Ada weather system, yang berubah seiring berjalannya waktu, dan perubahan kondisi cuaca bisa memicu bonus tambahan di bidang ekonomi dan militer bagi kerajaan kalian. Misalnya, research bakal berjalan lebih cepat selama musim dingin, karena sebagian besar orang bakal berada di dalam bangunan, selain untuk menghangatkan badan, juga mereka memiliki waktu lebih banyak untuk research.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleTOP 5 Anime yang Diparodikan Gintama
Next article6 Dunia Anime Paling Berbahaya untuk Ditinggali!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.