Galaxy Note 5 Benchmark Memang Top! Namun Masih Kalah Dibandingkan LG G4!

Galaxy-Note-5-3

Galaxy Note 5 Drop Test, Phablet Samsung Hanya Bertahan 6 Ronde!

Dan hasilnya, Galaxy Note 5 lebih tangguh dibandingkan Galaxy S6, namun tetap masih kalah jika dibandingkan iPhone 6!
Baca Juga

Galaxy Note 5 sudah dijual di beberepa negara, sehingga sudah banyak yang mendapatkan phablet terbaru Samsung tersebut dan menguji kinerjanya. Setelah pengujian drop test yang lebih ekstrem, karena dipastikan phablet tersebut langsung masuk perlu dipoerasi untuk mengganti keseluruhan frame metal dan sisi layarnya, kini kita membandingkannya dengan rival senegaranya, LG G4. Bukan dengan cara melakukan benchmark, karena biasanya vendor smartphone sengaja curang dengan memaksimalkan semua core pada chipset mereka agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, di atas kertas spesifikasi Galaxy Note 5 juga mengungguli LG G4. Pengujian ini membandingkan dengan cara membuka aplikasi, dan melakukan pengoperasian standar saja, untuk mengetahui mana yang lebih sigap merespon setiap perintah pengunanya.

Galaxy Note 5 Benchmark Speed Test

Melalui video yang bisa kalian lihat di atas, LG G4 di sisi kiri, dan Galaxy Note 5 di sisi kanan diuji menjalankan beberapa aplikasi standar yang sama, serta ada timer untuk mengetahui seberapa cepat mereka membuka aplikasi tersebut. Galaxy Note 5 menunjukkan betapa superior spesifikasinya. Lihat saja ketika Galaxy Note 5 membuka Angry Birds 2, game tersebut bisa dijalankan lebih cepat, dan phablet Samsung memenangkan putaran pertama dengan 42 detik, melawan 58 detik pada LG G4.

Galaxy Note 5 Benchmark AnTuTu
Hasil benchmark AnTuTu Galaxy Note 5

Spesifikasi Galaxy Note 5, Inilah Android Tercangih!

Waktunya ganti phablet? Belum, Galaxy Note 4 sudah cukup mumpuni, bahkan Galaxy Note 3 pun masih lebih baik kok dibandingkan Galaxy Note 5!
Baca Juga

Namun ketika dilakukan pengujian lanjutan setelah membuka beberapa aplikasi yang sama tersebut, ternyata Galaxy Note 5 yang memiliki RAM 4GB masih saja merasa berat menjalankan aplikasi baru yang diperintahkan pengujinya. Ketika kedua Android itu harus menjalankan menjalankan ulang deretan aplikasi yang sama, LG G4 justru lebih baik dalam pengujian tersebut. LG G4 langsung mengeksekusi perintah penguji, dan membuka aplikasi tepat ketika kalian keluar dari aplikasi tersebut pada putaran pertama. Di sisi lain, Galaxy Note 5 justru me-reload ulang aplikasi tersebut. Entah apakah ini karena manajemen memory-nya yang buruk, karena jatah RAM-nya seharusnya justru lebih lega dibandingkan LG G4 yang hanya 3GB saja.

Hasil benchmark AnTuTu LG G4.
Hasil benchmark AnTuTu LG G4.

Bisa disimpulkan, untuk pengoperasian sehari-hari, dalam multitasking membuka banyak aplikasi bersamaan, bukan berdasarkan hasil benchmark, kemampuan hardware LG G4 bisa menandingi Galaxy Note 5 yang notabene jauh lebih kuat chipset dan prosesornya. Menurut hasil benchmark AnTuTu, LG G4 rata-rata mampu meraih poin sekitar 50 ribuan. Sedangkan Galaxy Note 5, sanggup meninggalkannya jauh, di angka 70 ribuan. Namun untuk penggunaan standar, LG G4 masih bisa diandalkan. Hal ini juga menjadi bukti klaim LG, bahwa mereka memang berhasil memaksimalkan kombinasi Snapdragon 808, sehingga didapatkan ketahanan baterai yang tetap baik, tidak panas, dan kinerja yang mumpuni — karena Snapdragon 810, yang seharusnya setara dengan Exynos 7420 yang digunakan dalam Galaxy Note 5, masih banyak bermasalah karena kasus overheat.

LG-G4-1

Namun jika kalian termasuk pengguna gadget yang mengukur sebuah Android itu canggih hanya berdasarkan hasil benchmark, sepertinya akan lebih suka memilih phablet Samsung. Galaxy Note 5 benchmark jelas memimpin kompetisi, dan mengalahkan banyak Android lainnya berdasarkan acuan hasil Galaxy Note 5 bechmark AnTuTu di atas. Bagaimana menurut kalian Citizen, memilih Android yang tidak nge-lag selama menjalankan aplikasi standar, atau yang hasil benchmark-nya tinggi?

OnePlus-2

Masih belum bisa menerima kenyataan jika LG G4 lebih handal dalam hal multitasking dibandingkan Galaxy Note 5? Berikut ada perbandingan video lainnya, dengan kontestan yang lebih banyak, diwakili juga oleh OnePlus Two, yang mengadopsi prosesor Qualcomm terkencang saat ini, Snapdragon 810. Di luar dugaan, hasil tes di bawah menempatkan LG G4 yang seharusnya lebih lemah dibandingkan OnePlus Two di urutan kedua, terpaut hanya 1 detik dibandingkan Galaxy Note 5. LG G4 terbantu karena manajemen memory-nya yang hebat, dan membuka aplikasi yang sama dengan sangat cepat, tanpa perlu me-reload ulang. Oh ya, LG G4 sebenarnya juga kalah dalam hal hasil uji benchmark AnTuTu melawan OnePlus 2, yang mampu mencapai poin sekitar 58 ribuan. Sepertinya Samsung harus belajar lebih banyak lagi kepada rekan senegaranya tersebut dalam menciptakan Android yang manajemen memory / RAM-nya baik, agar kita tidak perlu galau ketika gadget semahal Galaxy Note 5 ternyata bisa mengalami lag!

Sumber


SHARE
Previous articleOwn Kingdom, Game Indonesia Pertama yang Di-Feature Google Play Secara Global!
Next article8 Buah Iblis Terkuat di Dunia One Piece (Part 1)
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.