Galaxy Note 5 Drop Test, Phablet Samsung Hanya Bertahan 6 Ronde!

Galaxy-Note-5-drop-test-1

Samsung Galaxy Note 5 mungkin menjadi salah satu gadget dambaan para gadgeter akhir tahun ini. Di Indonesia sendiri diprediksikan phablet (smartphone dengan fungsi tablet) tersebut bakal mulai dibuka pemesanan awalnya 27 Agustus nanti, dan dirumorkan juga bakal hadir dalam varian dual SIM, atau lebih beken dengan julukan Galaxy Note 5 Duos. Bahkan ada retailer Indonesia yang bekerjasama dengan Samsung Mobile Indonesia, menawarkannya dengan harga hanya Rp. 10 ribu!

Galaxy-Note-5-drop-test-2

Galaxy Note 5 Versi Indonesia Bakal Miliki Dua Slot SIM Card?

Galaxy Note 5 Versi Indonesia Memiliki Dua Slot SIM? Harga Galaxy Note 5, spesifikasi Galaxy Note 5, Galaxy Note 5 vs iPhone 6 Plus, video Galaxy Note 5
Baca Juga

Di beberapa negara, seperti Amerika Utara dan Kanada, serta yang terdekat dengan Indonesia, Singapura, Galaxy Note 5 sudah dijual. Dan karena itulah, sudah banyak impresi memperlihatkan ketangguhan phablet terbaru Samsung ini, termasuk ketahanan fisiknya dalam uji ekstrem sengaja menjatuhkannya dari ketinggian 1 meter. Melalui uji Galaxy Note 5 drop test, kalian bisa menilai, setangguh apa phablet yang diperkirakan bakal dibanderol Rp. 10,5 jutaan untuk varian terendahnya nanti ini di Indonesia. Selain itu, juga bisa menjadi bahan pertimbangan, apakah kalian nanti bakal menggunakannya dengan telanjang saja (maksud penulis, tanpa ada perlindungan case dan semacamnya), atau langsung melengkapinya dengan proteksi maksimal, dengan kompensasi keindahan tubuhnya harus tertutupi. Ok, langsung saja kalian lihat setangguh apa phablet Samsung ini melalui Galaxy Note 5 drop test di bawah!

Samsung Galaxy Note 5 Drop Test!

Seperti yang kalian lihat melalui video Galaxy Note 5 drop test di atas, phablet tersebut walaupun sudah di rancang bangun secara unibody yang terkenal kokoh, dan menggunakan material berkelas kombinasi kaca dan metal, ternyata tetap saja tidak sanggup menahan derita terbentur lantai keras. Setidaknya Android Samsung ini bertahan sampai 5 ronde sampai akhirnya harus lumpuh layarnya. 

Galaxy-Note-5-drop-test-3

Pengujian ini juga cukup fair, menggunakan alat khusus, bukan sengaja dilepaskan dari genggaman tangan dari ketinggian tertentu dengan ukuran tinggi badan pengujinya. Pada ronder pertama Galaxy Note 5 drop test ini, phablet tersebut dijatuhkan dengan sisi punggungnya membentur lantai terlebih dahulu. Hasilnya, lapisan kaca yang berpelindung Gorilla Glass 4 langsung retak! Namun layarnya masih berfungsi dengan baik. Menurut penguji, retakan kaca di punggung Galaxy Note 5 tidak separah pada pengujian mereka pada Galaxy S6.

Ronde kedua, phablet ini dijatuhkan dengan posisi sisi bawahnya terlebih dahulu mengenai lantai. Hasilnya, hanya sedikit luka diderita. Tampaknya frame metal yang digunakan Samsung lebih baik ketahanannya. Dan ketika, menjadi penentuan. Layarnya yang mengenai lantai. Hasilnya, lapisan luarnya, atau Gorila Glass 4-nya langsung retak. Yah, sepertinya memang sekuat-kuatnya si kingkong, hanya mampu menahan goresan saja ya!

Ronde ketiga, penguji menjatuhkannya dengan posisi layar yang langsung mengenai lantai. Hasilnya juga bisa ditebak, lapisan kacanya langsung retak. Namun, layarnya masih bisa dioperasikan.

Galaxy-Note-5-drop-test-4

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dna Galaxy S6

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6! Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5, gambar Galaxy Note 5, fitur Galaxy Note 5
Baca Juga

Ronde keempat menjadi penentuan, karena dalam pengujian sebelumnya menggunakan Galaxy S6, yang juga menjadi smartphone flagship pertama Samsung dengan material mewah kombinasi metal dan kaca, ternyata Galaxy S6 langsung menyerah dengan luka yang sangat parah. Sedangkan untuk Galaxy Note 5, phablet tersebut kembali dijatuhkan dengan posisi punggung mengenai lantai terlebih dahulu. Hasilnya, retakannya makin parah, kaca di bagian kamera juga retak, namun layarnya masih berfungsi. Kecuali, ada satu bagian layar di sisi kanan bawah yang tidak merespon sentuhan. Ok, Galaxy Note 5 drop test ini membuatnya lumpuh pada ronde keempat.

Ronde kelima, phablet ini kembali dijatuhkan dengan bagian metal sisi bawahnya pertama kali mengenai lantai. Seperti sebelumnya, tidak banyak luka yang dideritanya. Namun pada ronde keenam, Galaxy Note 5 harus mengakui kekalahan, karena setelah kembali dijatuhkan dengan sisi layar menghantam lantai terlebih dahulu, muncul luka vertikal yag terlihat jelas pada layar, tepat di posisi dimana layarnya tidak merespon sentuhan sebelumnya.

Kesimpulannya, Galaxy Note 5 ini memang lebih tangguh dari Galaxy S6, namun tidak setagungguh iPhone 6 dan HTC One M9 dalma penguian drop test. Sangat disarankan kalian membelikannya case untuk melindungi frame dan punggungnya, atau juga tempered glass agar layarnya masih terlindungi seandainya membentur sesuatu. Untunglah bentuk layarnya tidak terlalu melengkung seperti Galaxy Note 4, sehingga kalian bisa memasangkan tempered glass dengan lebih rapi pada Galaxy Note 5 ini.

Sebagai perbandingan, berikut grop test Galaxy Note 4 yang pernah dilakukan Samsung:

Sumber


SHARE
Previous articleInilah Lima Momen Terbodoh Fantastic Four Terbaru!
Next articleOwn Kingdom, Game Indonesia Pertama yang Di-Feature Google Play Secara Global!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.