10 Pelajaran yang Bisa Didapat dengan Bermain MMORPG

royal master MMORPG

Bukan hanya bermain, tapi dalam MMORPG kita bisa mendapatkan banyak pelajaran hidup. Berikut 10 diantaranya!

Bermain game Multiplayer Massive Online Role Playing Game atau yang disingkat dengan MMORPG memang mengasyikkan. Selain menikmati gameplay yang ditawarkan, kita juga bisa menjalin hubungan sosial dengan pemain lain, entah itu hanya sekedar chatting ataupun bergabung dalam sebuah guild. Hubungan sosial bukan merupakan satu-satunya manfaat yang kita dapat dari bermain MMORPG. Namun ada banyak pelajaran lain yang bisa kita dapat dari memainkan game-game tersebut.  Apa saja? Berikut 10 diantaranya.


1

Belajar untuk Pantang Menyerah


royal master mmorpg

Sadarkah kalian, jika bermain MMORPG bisa menempa kita untuk menjadi sosok yang “tangguh” dan pantang menyerah? Mungkin kamu pernah menjalani sebuah quest sampai berkali-kali hanya untuk mendapatkan item langka? Meng-upgrade senjata sampai level tinggi meskipun berkali-kali pecah dan harus mengulang dari awal? Atau mungkin mengumpulkan semua Soul yang tersedia dalam game Royal Master yang mencapai puluhan dengan fitur Soul Collecting? Ya, semua itu menempa kita untuk menjadi sosok yang tangguh bukan?


2

Belajar Pentingnya Teamwork


royal master mmorpg

Right man in the right place. Pernah mendengar slogan tersebut? Ya, dalam MMORPG kita diajari mendalami pentingnya teamwork dan makna tersebut. Untuk menjelajahi dungeon dalam sebuah party, tentunya kita harus lebih selektif dengan siapa saja yang kita ajak bersama. Harus ada karakter dengan kelas-kelas yang tepat untuk mengisi peran tankersupport dan sebagainya.

Bukan hanya memahami karakter dan kelas yang diajak serta. Akan tetapi, masing-masing kelas juga harus bisa memahami peran mereka saat bermain bersama-sama. Jangan sampai healer terlalu menyerang, sehingga tewas duluan dan membuat misi gagal. Atau sebaliknya, tanker yang terlalu “takut” untuk menyerang, sehingga party sulit mengalahkan musuh dan menyelesaikan misi.


3

Belajar Menyayangi Binatang


royal master mmorpg

10 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Royal Master

Menyambut fase Closed Beta Test yang akan bergulir beberapa jam lagi, berikut ini adalah 10 hal yang harus kamu ketahui tentang Royal Master!
Baca Juga

Secara tidak langsung, dalam bermain MMORPG kita tentu belajar bagaimana menyayangi dan merawat binatang. Yap, dengan fitur pet tentunya. Beberapa fitur pet memiliki inovasi lebih dari sekedar fitur pet biasa, seperti contohnya Soul System dari Royal Master. Dalam Soul System ini, kamu bukan hanya memiliki, merawat dan mengajak pet-mu bertarung. Akan tetapi, kamu juga bisa mengkoleksi mereka layaknya game-game monster collecting.

Download Royal Master

Oiya, bahkan beberapa fitur pet juga membuatmu serasa memiliki binatang pelihararaan sungguhan, karena pet tersebut bisa mati jika kamu tidak memberinya makan dan merawatnya dengan benar.


4

Belajar Berorganisasi


royal master mmorpg

Bermain MMORPG bisa jadi sarana bagi kita untuk belajar berorganisasi sebelum terjun di organisasi sebenarnya, contohnya dengan adanya fitur Guild, Friends dan Mentorship yang ada di game Royal Master. Bahkan, ada juga beberapa Guild dalam MMORPG yang menerapkan peraturan-peraturan mirip dengan organisasi nyata seperti absen, jadwal rutin bulanan, hingga “sumbangan” atau iuran wajib yang harus dibayar untuk kelangsungan Guild.

Dalam sebuah organisasi dunia nyata, tentu jika ada anggota yang tidak rajin atau tidak mematuhi peraturan, maka dia akan dikeluarkan dari organisasi. Begitu pula di dalam sebuah Guild, jika kamu tidak “rajin” login, atau tidak memberikan kontribusi, maka tentu akan dikeluarkan dari Guild…


5

Belajar Bahasa Inggris Aktif


royal master mmorpg

Jika di game offline kita hanya belajar bahasa Inggris pasif (hanya sekedar memahami teks, tidak digunakan dalam interaksi), maka belajar bahasa Inggris aktif bisa kamu lakukan dengan bermain MMORPG. Dengan catatan, kamu bermain MMORPG-nya di server internasional ya. Kamu bisa mengasah bahasa Inggrismu dan menggunakannya dalam percakapan saat berinteraksi dengan pemain lain.

Kamu tidak mau kelihatan “malu-maluin” saat berinteraksi dengan pemain lain bukan?

Lanjut ke halaman 2..

1
2

SHARE
Previous articleRating Tinggi di IMDb, Tiket Battle of Surabaya Ludes!
Next articleSatu Lagi Meme Civil War, Kali ini Korbannya Falcon dan Winter Soldier!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.