Sensus Otaku: Apa Anime Pertama Kalian? (1st part/10-19th)

Anime Pertama

Anime memang menjadi salah satu pintu terjerumusnya seseorang ke dalam lembah otaku. Ya tentunya otaku animanga, bukan otaku jenis lain. Korbannya pun bukan hanya mereka yang masih belia maupun remaja. Sejak dimulainya demam anime berkat kemunculan Astro Boy pada tahun 60an, hingga hari ini berbagai anime menghiasi layar kaca di Jepang maupun yang berhasil ditayangkan di berbagai negara lainnya.

Kira-kira anime pertama kalian apa sih? Bukan sembarang anime, tapi mana sih yang menjadi awal terjerumusnya kalian ke lembah otaku ini? Berikut duniaku akan melakukan sedikit prediksi sensus otaku para pembaca setia duniaku dengan menggolongkan umur para pembaca berdasarkan anime pertama yang menjerumuskan kalian. Akan ada 5 anime untuk tiap golongan usia dan kami akan membagi para otaku pada 3 rentang usia. Kira-kira prediksi kami ini untuk anime pertama yang menjerumuskan kalian ini cukup akurat tidak yah?

Otaku Berusia 10-19 tahun

Anime-anime yang menjerumuskan golongan usia ini tentu saja anime yang baru-baru saja ini dirilis dalam 5 tahun terakhir. Mulai dari anime olahraga, action, hingga ecchi, semuanya telah rangkum dan kami prediksi untuk golongan ini. Harap diingat, urutan anime berikut ini merupakan urutan acak dan tidak terkait dengan tingkat popularitas maupun penilaian lainnya. Berikut “Sensus Otaku: Apa Anime Pertama Kalian?” bagian pertama!


5

Kuroko no Basuke - 黒子のバスケ;Kuroko's Basketball


 

sensus otaku: anime pertama 1st

Yah, inilah salah satu anime olahraga tersukses baru-baru ini. Banyak yang mengatakan bahwa anime ini adalah turunan dari anime legendaris Slam Dunk. Walaupun sang pendahulu rasanya lebih humoris dan agak sedikit lebih realistis, namun tidak bisa dipungkiri Kuroko dan kawan-kawannya berhasil membawa kembali demam anime olahraga yang sebelumnya cukup lama tertidur selama beberapa tahun setelah kemunculan Eyeshield21 ataupun Prince of Tennis . Sama seperti Prince of Tennis, anime ini juga banyak memikat para otaku wanita berkat banyaknya karakter tampan dengan tubuh atletis idaman kaum hawa. Kesukesan anime ini pun sepertinya turut andil dalam kesuksesan Yowamushi Pedal. Anime olahraga lainnya mengenai para atlit sepeda. Sama seperti Kuroko, Yowamushi Pedal juga banyak digandrungi kaum hawa.


4

Tokyo Ghoul


 

Anime PertamaInilah salah satu anime yang paling kontroversial di tahun lalu. Banyak penonton yang merupakan pembaca dari manganya protes terhadap sensor, perubahan cerita, eksekusi adegan, dan banyak hal lainnya. Namun tidak dapat dipungkiri anime ini cukup sukses memikat para otaku generasi baru. Dengan cerita mengenai pergolakan batin sang tokoh utama, Kaneki Ken, dalam mencari jati dirinya sebagai manusia yang mendadak menjadi seorang ghoul jelaslah sangat menarik. Terlebih bagi mereka yang ada di usia ini yang juga sedang mencari jati diri. Tak ketinggalan tentu saja aksi-aksi pertarungan yang memikat. Tidak heran jika akhirnya pada banyak event-event otaku saat ini banyak bocah-bocah yang melakukan cosplay dengan karakter dari anime ini.


3

High School DxD


Anime Pertama

 

Sepertinya setiap generasi akan selalu memiliki anime harem dan ecchi andalan mereka masing-masing. Pada generasi ini sepertinya anime inilah yang paling mewakili mereka. Anime yang dirilis pada 2012 ini mengisahkan sang tokoh utama, Hyoudou Issei, seorang remaja mesum dengan impian kehidupan harem yang justru akhirnya terjebak dengan pertarungan para iblis dan malaikat. Terdengar klise memang, terlebih dengan artwork khas manga ecchi dan harem. Tapi buktinya anime ini cukup sukses dalam memikat banyak penggemar. Tidak heran jika anime ini kini telah mencapai season ketiga pada musim semi 2015 lalu.


2

Shingeki no Kyojin - 進撃の巨人;Attack on Titan


Anime Pertama

 

Hajime Isayama: Tidak Suka Live Action Attack on Titan? Tidak Masalah!

"Tidak suka tidak masalah, tapi kalau berminat tonton dulu trailernya baru putuskan tonton atau tidak", Hajime Isayama - pengarang Attack on Titan
Baca Juga
Salah satu anime kontroversial pada tahun 2013 dan masih terus hangat dibicarakan hingga hari ini akibat perdebatan mengenai kualitas live actionnya. Kendati menampilkan cerita khas seinen dengan banyaknya pertempuran sengit, dan adegan yang cukup gore, namun anime ini masih bisa dikategorikan dalam genre shounen karena masih adanya harapan dan impian dari sang karakter yaitu untuk mengalahkan sang kyoujin atau titan. Adegan-adegan sadis yang ada pun dilakukan bukan pada manusia sehingga masih bisa ditolerir dan dianggap shounen kendati titan sendiri berwujud menyerupai manusia dan ada manusia yang mampu menjadi titan.


1

Sword Art Online


Anime Pertama

Seluruh otaku animanga pada rentang usia ini tentunya menyaksikan anime satu ini. Anime yang diangkat dari kisah Light Novel ini menceritakan petualangan sang tokoh utama yang terjebak di dalam dunia game, Sword Art Online. Anime dengan banyaknya aksi pertarungan epic, karakter-karakter wanita cantik dan menarik jelas menjadikan anime ini sebagai favorit para remaja saat ini. Yah, sama seperti Highschool DxD anime ini juga bisa dikategorikan sebagai anime harem. Bagaimana tidak sang tokoh utama Kirito menjadi rebutan para karakter wanita dalam anime ini. Hingga penayangan season kedua dari anime ini masih ada saja karakter wanita baru yang dimunculkan. Petualangan Kirito yang telah terbebas dari Sword Art Online dan berpindah pada game-game lain sepertinya akan selalu mendapatkan tempat di hati para penggemarnya kendati sequel anime ini mendapatkan banyak review buruk.

Bagaimana, apakah anime-anime dalam daftar “Sensus Otaku: Anime Pertamamu” diatas memang anime-anime yang menjerumuskan kalian ke jurang hitam bernama dunia otaku? Jika tidak, silahkan tuliskan anime pertama kalian di dunia otaku pada kolom komentar! Sertakan umur juga jika kalian berkenan yah….


SHARE
Previous articleJual Sepeda Demi Bermain DotA, Sumail Pemuda 15 Tahun Kini Menjadi Milyuner
Next articleSolid Snake Tamat Ga Masalah, Kita Dapatkan Gantinya! Metal Gear Lara Croft!
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar