Adit Sopo Jarwo Bubar?! Ada Apa Dengan MD Animation?

adit-sopo-jarwo-bubar

Adit Sopo Jarwo bubar menjadi kabar yang kurang mengenakan bagi dunia animasi di Indonesia. Terlebih lagi setelah kesuksesan film animasi Battle of Surabaya yang tengah diputar di bioskop-bioskop Indonesia. Ada apa dengan MD Animation, studio di balik serial animasi Adit Sopo Jarwo?

Seperti yang diketahui, animasi berjudul Adit Sopo Jarwo adalah salah satu serial TV yang paling dinanti oleh keluarga Indonesia. Membidik target pemirsa anak-anak dengan bimbingan orang tua, serial animasi ini penuh dengan unsur pendidikan dalam berteman, bersosialisasi, dan juga keyakinan anak-anak dalam meraih mimpi dan cita-cita sejak dini.

Serial animasi Adit Sopo Jarwo diproduksi oleh MD Animation, yaitu rumah produksi visual effect untuk animasi asli Indonesia. Rumah produksi yang merupakan anak dari perusahaan MD Entertainment ini juga kemudian melanjutkan karya mereka melalui suguhan animasi Tendangan Halilintar.

Penghargaan Animasi Produksi MD Animation

adit-sopo-jarwo-dhuafa-award-2015
Dompet Dhuafa Award 2015

Tayangan Adit Sopo Jarwo kerap menarik perhatian pemirsa. Ketika tayang, maka rating serial animasi ini terbilang baik bagi MD Animation. Seiring berjalannya waktu di tahun 2015, animasi Adit Sopo Jarwo memperoleh penghargaan berupa Dompet Dhuafa Award 2015.

Penghargaan tersebut diraih karena serial animasi Adit Sopo Jarwo mampu hadir dengan kisah-kisah yang selalu menggugah dan penuh inspirasi pemirsa yang menyaksikan.

Tendangan Halilintar Sebagai Kearifan Lokal

tendangan-halilintar-md-animation
Tendangan Halilintar

Rating Tinggi di IMDb, Tiket Battle of Surabaya Ludes!

Battle of Surabaya sukses mendapatkan respon positif. Terbukti, hampir di semua lokasi, baik Surabaya, Yogyakarta juga Jakarta tiket bioskop ludes.
Baca Juga

Melihat antusiasme pemirsa dengan tayangan yang mengandung unsur pendidikan dan kearifan lokal, maka MD Animation tidak hanya sekadar memproduksi animasi Adit Sopo Jarwo saja. MD Animation kemudian juga memproduksi animasi Tendangan Halilintar.

Tendangan Halilintar adalah animasi yang menyuguhkan cerita mengenai sepak bola. Tokoh yang ada dalam animasi ini adalah sekelompok tim sepak bola bernama Tim Garuda. Terdiri dari lima orang, yaitu: Akbar, Hafiz, Tito, Abbas, serta Marco. Dengan melawan tim Super yang terdiri dari Alvan, Kevin, Peter, Bari, serta Igor.

Serial animasi ini semakin seru dengan theme song yang dinyanyikan oleh band Element serta Netral. Namun ternyata, seiring berjalannya waktu, rumor terkait Adit Sopo Jarwo bubar pun terdengar. Tendangan Halilintar pun tak jelas nasibnya.

Adit Sopo Jarwo Bubar?! Ada Apa Dengan MD Animation?

Rumor kurang sedap bagi industri animasi Indonesia di tengah-tengah kesuksesan animasi Battle of Surabaya. Ada apa gerangan?

Abaikan

Betulkah Adit Sopo Jarwo Bubar?

erix-soekamti-adit-sopo-jarwo
Erix Soekamti

Cherrybelle Bubar Ditinggal Enam Anggotanya? Manajemen Gelar Audisi Pengganti!

Keenam personil Cherrybelle bubar jalan karena merasa ditelantarkan oleh pihak manajemen. Itu menjadi alasan keenamnya tak ingin memperpanjang kontrak.
Baca Juga

Kabar bubarnya serial animasi Adit Sopo Jarwo mulai terdengar di media sosial. Meskipun belum secara resmi dinyatakan oleh pihak MD Animation maupun MD Entertainment, namun pembekuan terhadap serial animasi Adit Sopo Jarwo sudah dilakukan.

Perihal pembekuan ini bisa dilihat dengan semakin seringnya episode-episode yang sama diputar terus-menerus, berulang-ulang tiap harinya. Apakah hal ini menandakan para kreator yang terlibat sudah kehabisan ide cerita? Tentu saja tidak!

Menurut, Erix Soekamti, ada beberapa masalah internal di pihak MD Entertainment dengan pihak MNC, sehingga membuat MD Animation selaku anak perusahaan sekaligus tim produksi serial Adit Sopo Jarwo tidak dapat berbuat banyak. Imbasnya adalah serial animasi tersebut harus dibekukan untuk sementara waktu.

Kabar lain yang berhembus adalah dua kreator Adit Sopo Jarwo, yaitu Dana Riza dan Arnas Irmal, sedang mencoba mempertahankan animasi asli Indonesia ini.

Terkait pernyataan sebelumnya dari Erix Soekamti, tentu mengundang rasa penasaran siapakah dia sebenarnya. Selain sebagai bassist grup band Endank Soekamti, Erix Soekamti ini adalah Kepala Rekrutmen dan Promo dari serial animasi Adit Sopo Jarwo. Erix pernah memberikan gagasan terkait ide cerita baru untuk serial ini, yaitu pada episode Cherrybelle. Kedekatannya dengan MD Entertainment dan MD Animation membenarkan pernyataan Erix bahwa serial animasi Adit Sopo Jarwo tidak diproduksi sampai dengan waktu yang tidak dapat ditentukan.

Mengenai bubar atau tidaknya Adit Sopo Jarwo, banyak pemirsa setia dari serial TV ini menginginkan agar serial ini tetap ada. Apalagi dari pihak produksi Adit Sopo Jarwo kreator sendiri mengharapkan dukungan dari banyak pihak, terutama para produser serta animator yang ada di Indonesia.

Saat ini Adit Sopo Jarwo dapat disaksikan setiap hari Senin sampai dengan Jum’at pukul 17.30 WIB di MNC TV, atau melalui channel Youtube MD Channel.

Semoga saja masalah internal dari kedua belah pihak tidak sampai membawa imbas buruk yang menjadikan Adit Sopo Jarwo bubar jalan, ketika sudah mendapat tempat di hati penggemarnya.


SHARE
Previous articleSony Siapkan Bonus Spesial Pre Order Uncharted: The Nathan Drake Collection untuk Indonesia!
Next articleBagaimana Nasib Mecha Naruto dalam Game Naruto Shippuden Terbaru?
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.