Lima Keluarga Samsung Galaxy Note Diuji Fisiknya! Dan yang Paling Tangguh Ternyata…

Samsung Galaxy-Note-5-9

Galaxy Note 5 Benchmark Memang Top! Namun Masih Kalah Dibandingkan LG G4!

Ternyata Galaxy Note 5 hanya unggul di atas kertas dan hasil benchmark saja dibandingkan LG G4! Android LG terbukti tidak rakus memory dan lebih handal dalam hal multitasking!
Baca Juga

Galaxy Note 5 sudah dijual di beberepa negara, sehingga sudah banyak yang mendapatkan phablet terbaru Samsung tersebut dan menguji kinerjanya. Salah satu pengujian yang ditunggu-tunggu adalah drop test, pengujian ekstrem untuk memastikan apakah phablet tersebut mampu tahan ketika pengguna, mungkin tidak sengaja menjatuhkannya dari genggaman. Pengujian tersebut juga bisa menjadi indikator, berapa kali asebuah gadget yang jatuh ke lantai keras langsung masuk ke “ruang oerasi” untuk mengganti keseluruhan frame atau mungkin LCD dan lapisan layarnya. Kalian sudah melihat Galaxy Note 5 drop test, setahan apa phablet tersebut ketika menghantam lantai. Kemudian juga pengujian menjalankan aplikasi secara multi-tasking melawan rival senegaranya, LG G4, dan juga smartphone yang dijuluki “Flagship Killer,” OnePlus 2 — dengan hasil LG G4 menjadi jawara ketika mendapat deraan multi-tasking, kini kita memiliki pengujian lain. Membandingkan ketahanan fisik Galaxy Note 4 dengan keempat keluarga Samsung Galaxy Note sebelumnya. Setangguh apa Galaxy Note 5 dengan pendahulunya? Lihat saja video di bawah ini:

Drop Test Keluarga Samsung Galaxy Note 

Diantara keempat Galaxy Note sebelumnya, Galaxy Note 5 jelas menjadi phablet yang paling mewah. Material yang digunakan Samsung di sini benar-benar dipilih dari kelas yang premium. Menggunakan frame unibody berbahan metal, dan kedua sisinya dilapisi kaca Gorilla Glass 4, siapa pun pasti sangat yakin dengan ketangguhannya. Benarkah?

galaxy note 4

Galaxy Note 5 Resmi Dikonfirmasikan! Ini Seperti Perpaduan iPhone 6 Plus dan Galaxy S6!

Waktunya ganti phablet? Belum, Galaxy Note 4 sudah cukup mumpuni, bahkan Galaxy Note 3 pun masih lebih baik kok dibandingkan Galaxy Note 5!
Baca Juga

Berdasarkan hasil pengujian di atas, Galaxy Note 5 memang lebih tanguh dibandingkan Galaxy Note pertama dan kedua, yang mengalami cedera sangat parah baik di bagian plastik casing-nya dan juga layarnya, yang otomatis tidak bisa digunakan hanya dua kali terjatuh dari genggaman (dengan titik benturan pada bagian sisi bawah, dan kedua, langsung diarahkan pada bagian layar). Galaxy Note 5, sama sama seperti Galaxy Note pertama dan kedua, Namun harus diakui, material metal untuk frame-nya memang kuat, dan tidak banyak tiga fisik diderita. Hanya di sisi layar, seperti pada pengujian sebelumnya, juga sama menghasilkan retakan panjang. Bagian kaca belakangnya pun retak. Dan layarnya, kini sampai tidak bisa dioperasikan, selain muncul distorsi warna pada layarnya.

Galaxy-Note-3-Neo-4

Galaxy Note 5 Benchmark Memang Top! Namun Masih Kalah Dibandingkan LG G4!

Ternyata Galaxy Note 5 hanya unggul di atas kertas dan hasil benchmark saja dibandingkan LG G4! Android LG terbukti tidak rakus memory dan lebih handal dalam hal multitasking!
Baca Juga

Di sisi lain, justru Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 4, selamat dari pengujian ini. Layarnya memang retak, dan beberapa bagian frame-nya juga menderita dent, namun sama seperti Galaxy note 5, tidak separah yang dialami Galaxy Note pertama misalnya. Dan kedua phablet era tahun 2013 dan 2014 tersebut layarnya justru aman sentosa, tidak ada masalah dan masih bisa digunakan normal. Hanya untuk Galaxy Note 4, sepertinya retakan pada layarnya tebih merata dibandingkan Galaxy Note 3.

Galaxy-Note-Premium-2

Galaxy Note 5 Versi Indonesia Bakal Miliki Dua Slot SIM Card?

Meskipun belum resmi, namun banyak dugaan yang dijual di Indonesia adalah varian Galaxy Note 5 Duos. Kabarnya, slot SIM kedua bisa digunakan juga untuk memasang micro SD! Benarkah?
Baca Juga

Dari sini bisa disimpulkan, dari segi ketahanan fisik, keluarga Samsung Galaxy Note terkuat adalah Galaxy Note 3, disusul dengan Galaxy Note 4, dan di tengah ada Galaxy Note 5, kemudian Galaxy Note 2, dan terakhir, Galaxy Note 1. Yah, usia memang tidak bisa bohong guys, Galaxy Note 1 yang sudah berusia 5 tahun wajar jika paling rapuh fisiknya.

Galaxy-Note-II-2

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, kami sangat menganjurkan kalian jangan membawa keluar Samsung Galaxy Note kalian dalam keadaan “telanjang.” Risikonya besar jika beneran terjadi seperti pada video, jatuh dan terbentur permukaan keras. Sekali saja jatuh, layar langsung retak. So, pastikan kalian selalu gunakan pelindung biar aman ya guys!


SHARE
Previous articleSummary Pre GDG Prime 2015: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Developer Game Indonesia
Next articleTag Team Stephen Amell – Neville Berhasil Menang Di WWE Summerslam
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.