5 Fakta Battle of Surabaya yang Membanggakan!

battle-of-surabaya-banner

Fakta Battle of Surabaya sedang menjadi perbincangan hangat dalam dunia perfilman Indonesia saat ini.

Rating Tinggi di IMDb, Tiket Battle of Surabaya Ludes!

Battle of Surabaya sukses mendapatkan respon positif. Terbukti, hampir di semua lokasi, baik Surabaya, Yogyakarta juga Jakarta tiket bioskop ludes.
Baca Juga

Belum lama, tepatnya tanggal 20 Agustus 2015, melalui bioskop-bioskop yang ada di Indonesia, film animasi karya anak bangsa ini resmi diputar. Battle of Surabaya mengangkat tema mengenai sejarah bangsa Indonesia, khususnya peristiwa 10 November di Surabaya.

Film animasi yang digadang-gadang berdiri dengan standar internasional ini ternyata hasil besutan sutradara ternama dari MSV Pictures, Aryanto Kurniawan. Dengan membidik dua artis ternama Indonesia sebagai dubber, yaitu Maudy Ayunda serta Reza Rahardian, membuat film animasi Battle of Surabaya layak untuk ditonton.

Di balik produksi film animasi asli Indonesia ini, ternyata menghadirkan beberapa fakta yang membuat kita harus bangga dengan adanya film Battle of Surabaya. Apa saja fakta-fakta tersebut, simak berikut ini!


1

Mendapatkan Dukungan Disney


fakta-battle-of-surabaya
Battle of Surabaya

Berawal dari berlangsungnya pameran terkait film Battle of Surabaya, pihak Disney telah berdikusi bersama pihak MSV Pictures. Berdasarkan pernyataan dari Aryanto Kurniawan, Disney memberikan dukungan kepada studio animasi di Indonesia yang ada di Yogyakarta.

Dukungan langsung ini terkait dengan sistem produksi film animasi. Meliputi cara mengelola sistem untuk produksi film animasi, cara mengolah file-file data untuk film animasi tersebut agar tidak saling terpisah, hingga melalui ilmu-ilmu terkait produksi film animasi.


2

Memboyong 180 Animator Indonesia


maudy-ayunda
Kebanggaan Indonesia

Hingga film animasi Battle of Surabaya ini berhasil diputar melalui bioskop, ternyata ada fakta membanggakan lainnya yang muncul, yaitu ada 180 (seratus delapan puluh) animator Indonesia yang terlibat dalam produksi film ini.

Para animator Indonesia tersebut diketahui berasal dari para alumnus, para dosen, animator-animator profesional, serta para mahasiswa AMIKOM. Semuanya berkolaborasi untuk menghasilkan film animasi yang menceritakan peristiwa 10 November 1945 di Surabaya ini.


3

Punya Segudang Prestasi


5 Fakta Battle of Surabaya yang Membanggakan!

Fakta Battle of Surabaya menjadi perbincangan hangat dalam dunia perfilman. Apalagi animasi 2D ini berhadapan langsung dengan Inside Out buatan Pixar!

Abaikan

Umumnya, prestasi terkait film-film yang ada di bioskop diperoleh setelah resmi ditayangkan. Namun Fakta Battle of Surabaya menyebutkan bahwa sebelum resmi tayang di bioskop, film animasi ini sudah meraih berbagai prestasi.

Melalui ajang International Movie Trailer Festival 2013, film animasi ini berhasil memperoleh penghargaan. Selain itu melalui Annual Golden Trailer Award 2014, film animasi Battle of Surabaya juga masuk sebagai nominasi. Membanggakan!


4

Cerminan Kreativitas Muda Tanah Air


battle-of-surabaya-bioskop
Respon pasar yang sangat positif

7 Fakta Adit Sopo Jarwo Terbaru yang Perlu Kita Tahu

Adit Sopo Jarwo terbaru pastinya ditunggu-tunggu karena memang semakin lucu. Siapa yang tidak kenal dengan animasi asli Indonesia yang satu ini?
Baca Juga

Bukti bahwa para kreativitas muda itu asli dimiliki oleh Indonesia adalah dengan adanya film animasi Battle of Surabaya. Produksi film animasi ini sama bebas dari campur tangan pihak asing. Semuanya asli karya anak bangsa dan diproduksi sepenuhnya di AMIKOM, kampus yang belokasi di Yogyakarta.

Serunya film animasi Battle of Surabaya juga diperkuat oleh soundtrack yang diisi oleh penyanyi Angela Nazar dari X-Factor Belanda. Sehingga film animasi ini semakin terasa dahsyat dengan alunan soundtrack yang mendukung.

Sebagai warga Indonesia, tentu patut berbangga karena hanya melalui ruang produksi yang cukup sederhana dapat memproduksi film animasi yang mendunia.


5

Berhadapan Langsung Dengan Inside Out!


Momen Terbaik Inside Out - 1
Inside Out

Jika selama ini kehadiran film-film animasi yang ada di bioskop adalah karya dari internasional. Adanya Battle of Surabaya menunjukkan kesan yang berbeda. Ini featured film animasi 2D pertama yang berhasil diproduksi di dalam negeri. Bahkan ketika tayang di bioskop hampir bersamaan dengan film Inside Out, yang notabene merupakan produksi Pixar.

Semoga saja karya anak bangsa ini bisa memberikan harapan untuk dapat bersaing dengan film-film animasi luar negeri. Serta dapat mendorong para kreativitas muda animator berbakat untuk lebih banyak memproduksi film animasi yang berbobot.

Itulah beberapa hal yang diketahui seputar Fakta Battle of Surabaya.


SHARE
Previous articleMata Sharingan dan Rinnegan Sasuke Tidak Pernah Terlihat Sekeren Ini
Next articleTurnamen Tenkaichi Budokai Dibuka, Mencari Petarung Dragon Ball Terbaik!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.