Inilah 6 Fakta Inside Out yang Kamu Harus Tahu!

sutradara-inside-out

Fakta Inside Out yang akan dibeberkan berikut ini wajib kamu tahu sebelum maupun setelah menonton filmnya. Adapun Inside Out sendiri merupakan sebuah film animasi anyar besutan Pixar yang disebut-sebut layak masuk dalam list film wajib tonton bulan ini.

Wajar saja mengingat Pete Docter ambil bagian sebagai sutradara, didampingi Ronaldo (Ronnie) del Carmen, sebagai asisten sutradaranya. Sebelumnya mereka adalah orang-orang yang menangani beberapa film terbaik Pixar, seperti Up, WALL·E, dan Ratatouille.

Kedua orang penting dalam proses pembuatan film Inside Out itu juga sempat datang ke Indonesia untuk keperluan promosi dan berbagi sedikit fakta di balik layar. Berikut diantaranya:


1

Inside Out Digarap Selama 5 Tahun


inside-out-in-indonesia
Pete dan Ronnie di Indonesia

5 Fakta Battle of Surabaya yang Membanggakan!

Fakta Battle of Surabaya menjadi perbincangan hangat dalam dunia perfilman. Apalagi animasi 2D ini berhadapan langsung dengan Inside Out buatan Pixar!
Baca Juga

Proses penggarapan Inside Out ternyata memakan waktu cukup lama. Pete dan Ronnie mengaku membutuhkan waktu sekitar 3-3,5 tahun untuk membangun konsep dan ide. Hingga akhirnya keduanya menjalankan proyek selama 18 bulan-2 tahun lamanya.

“Film animasi ini adalah film tersulit yang pernah saya garap. Satu alasannya karena kami semua tidak mengetahui bentuk dari setiap karakter emosi. Sehingga sebagai seniman, kami mesti melakukan banyak eksperimen seperlu menggambar setiap karater emosi,” papar Pete membeberkan satu fakta Inside Out.


2

Karakter Riley Terinsipirasi dari Anak Gadis Sang Sutradara


Momen Terbaik Inside Out - Riley
Riley

Siapa sangka bila ternyata karakter Riley dalam Inside Out terinsipirasi dari anak gadis Pete. Hal ini diakui sendiri oleh sutradara kawakan tersebut.

“Saat anakku berusia 11 tahun, dia sangat aktif. Tetapi setelah tumbuh dewasa dia makin pendiam. Saya memiliki banyak pertanyaan mengenai hal tersebut. Dari situ saya memiliki ide menggarap film animasi ini. Bila dilihat secara fisik karakter Riley juga cukup mirip dengan anak gadis saya. Anak lelaki saya pun mengatakan kalau Riley sangat mirip dengannya. Sekarang usianya sudah 16 tahun,” kata Pete.


3

Melibatkan Para Ahli


Momen Terbaik Inside Out - Abstract Thought
Dunia abstrak

Menyadari proses penggarapan Inside Out bukan suatu hal mudah, maka ada banyak ahli yang ikut dilibatkan.

“Pada awalnya ada rasa takut membuat film ini. Hal itu karena kami belum mengetahui bagaimana cara mengambarkan dan menceritakan kisahnya. Banyak hal yang harus dipelajari. Tapi justru karena itu kami menggarap film ini. Misal kami menceritakan kisahnya secara standar dan simpel tentu akan membosankan. Untuk itu, kami melakukan banyak penelitian yang melibatkan para ilmuwan yang ahli dalam emosi. Karena kami sangat ingin membuat film yang mengisahkan apa yang ada dalam pikiran manusia, sementara kami tidak tahu apa-apa mengenai hal tersebut,” ungkap Ronnie.


4

Ada Banyak Versi


poster-inside-out
Lima emosi utama

7 Fakta Adit Sopo Jarwo Terbaru yang Perlu Kita Tahu

Adit Sopo Jarwo terbaru pastinya ditunggu-tunggu karena memang semakin lucu. Siapa yang tidak kenal dengan animasi asli Indonesia yang satu ini?
Baca Juga

Fakta Inside Out lainnya, ternyata ada banyak versi Inside Out yang sudah dibuat. Setidaknya ada Inside Out dalam 46 varian, disesuaikan dengan bahasa dan kultur di mana film tersebut diputar.

“Kami rampungkan Inside Out dalam 46 bahasa, mencakup candaan yang bakal ditampilkan. Kami ingin semua negara ikut merasakan apa yang ingin kami sampaikan. Misalnya brokoli, terlihat menjijikan untuk dimakan bagi segelintir orang. Namun untuk versi yang tayang di Jepang, kami menggantinya jadi paprika hijau,” kata Pete memberi bocoran.


5

Setiap Karakter Memiliki Arti


Review Inside Out - Bing Bong
Bing Bong! Bing Bong!

Setiap karakter dalam film memiliki arti yang penting. Penokohannya pun dibuat sedemikian rupa agar dapat menonjolkkan karater masing-masing.

“Karakter Sadness adalah wakil dari tetesan air mata. Jadi kami mencoba menemukan bentuk yang ikonik. Joy adalah model dari ledakan sebuah bintang; Disgust hadir dengan bentuk mirip brokoli; Fear mirip urat syaraf; dan Anger berbentuk kotak seperti batu bata yang menggambarkan emosi menahan marah. Bentuk setiap karakter memang harus dibedakan agar tidak terlihat membosankan,” papar Pete.


6

Karakter Favorit Sutradara


fakta-inside-out
Kami nantikan karya hebatmu selanjutnya!

Satu fakta Inside Out lain yang tidak kalah seru diketahui ternyata Pete memiliki karakter favorit. Pete mengaku bila karakter emosi Joy menjadi favoritnya.

“Saya suka dengan Joy karena karakter emosi itu mungkin yang paling banyak diinginkan hadir dalam hidup. Karakter Joy sendiri termasuk yang paling sulit untuk dibuat ceritanya. Selain itu, kerjasama dengan Amy Poehler yang menjadi pengisi suara Joy juga sangat seru. Sejak pertama kali menggarap film animasi ini kami benar-benar berusaha keras bisa memperoleh appeal dari Joy dan Amy bisa membantu mewujudkannya,” tutup Pete.


SHARE
Previous articleMengintip Peluang dan Tantangan di Industri Game Mobile Indonesia
Next articleTatsuya Shiba Hadir Sebagai Playable Character dalam Dengeki Bunko: Fighting Climax Ignition
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.