Manga Ke-Indonesiaan, Nichijou Volume 10 akan Dirilis Sebagai Volume Terakhir!

Nichijou-1

Salah satu manga komedi yang tidak hanya sukses sebagai manga namun juga sangat memuaskan saat diangkat ke dalam serial animasi pada 2011, Nichijou. Akhirnya akan merilis volume baru tepat setahun setelah volume 9 dirilis. Namun volume 10 ini akan menjadi volume terakhir dari manga garapan Arawi Keiichi yang penuh referensi lelucon  dari Indonesia ini!

Nichijou

Nichijou menjadi salah satu anime yang paling banyak diperbincangkan di Indonesia pada 2011. Tidak hanya karena kelakuan konyol para karakter ataupun kejadian-kejadian yang mengundang gelak tawa penonton. Anime ini juga menggunakan beberapa kalimat bahasa Indonesia seperti:

“Selamat Pagi”

Nichijou

“Selamat Malam”

Nichijou

“Selamat Tinggal”

Nichijou
Harap dimaklumi kalau typo, translatornya bukan orang Indonesia yang jelas

“Sepak Takraw”

Nichijou

bahkan adanya eksul Gamelan pada salah satu poster di lorong sekolah

Nichijou
Di belakang sebelah kanan ada poster bertuliskan Gamelan, dengan tulisan, “suara yang indah” di bawahnya

dan salah satu karakter cameo yang menyerupai presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

Nichijou
Bagaimana mirip kah dengan Pak Harto?

Entah apakah Arawi Keiichi sang mangaka pernah tinggal di negara kita sehingga ia menggunakan referensi lelucon seperti diatas. Tapi jelas tentu saja hal ini membuat para netizen khususnya otaku yang ada di Indonesia cukup heboh dengan hal ini pada 2011 lalu.

Namun sebuah berita mengejutkan datang dari manga yang diterbitkan oleh Kadokawa sejak 2006 ini. Melalui majalah Monthly Shounen Ace terbitan Kadokawa pada edisi 10 yang mulai dirilis akhir bulan ini, diumumkan bahwa Nichijou akan mendapatkan volume baru pada 10 Desember mendatang, atau tepat setahun sejak volume 9 dirilis pada 10 Desember 2014.

Nichijou

Sang penulis pun menyampaikan permohonan maaf sekaligus konfirmasinya atas berita yang cukup mengejutkan ini langsung dari akun twitter pribadi miliknya.

Terjemahan: Yah, untuk sekarang memang sudah berakhir. Mohon Maaf

Untuk memperingati berakhirnya manga ini, Kodakawa juga akan meluncurkan sebuah booklet terbatas setebal 120 halaman yang sudah bisa dipesan hingga 17 September mendatang melalui form yang ada pada Ace edisi 10 diatas.

Nichijou

Satu hal yang dinantikan para fans manga ini adalah kejelasan dari lompatan waktu yang ada pada chapter terakhir volume 9. Pada chapter tersebut dikisahkan Hakase sudah masuk sekolah (sepertinya SMP) sedangkan salah satu tokoh utama Aioi Yukko akan kembali ke Jepang setelah berada di luar negeri.

Nichijou Nichijou

Semoga setelah tamatnya manga ini, Kyoto Animation yang dulunya menangani animenya pada 2011 bersedia untuk melanjutkan penayangan adaptasi animenya yang jelas juga sangat dinantikan.

Source: natalie


SHARE
Previous article10 Modifikasi Minecraft Terbaik Versi Netizen (Part 2)
Next articleResmi! Toge Productions Siapkan Kampanye Kickstarter Infectonator: Survivors!
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar