Tiga Minggu Rilis di Steam, Celestian Tales: Old North Sukses Raup Rp 800 Juta! (Data SteamSpy)

celestian tales old north versi beta

Baru tiga minggu dirilis, Celestian Tales: Old North berhasil mencatat penjualan yang memuaskan di Steam!

Akhirnya, Celestian Tales Old North Dirilis!

Sekarang kamu bisa mencoba sendiri kualitas game RPG karya studio game Indonesia ini!
Baca Juga

Setelah melalui perjuangan yang cukup melelahkan dengan dua kali kampanye di Kickstarter, hingga berhasil lolos Steam melalui jalur Steam Greenlight, akhirnya Ekuator Games secara resmi merilis Celestian Tales: Old North pada awal Agustus 2015 lalu. Banyak gamer, utamanya penggemar RPG klasik yang sudah menunggu-nunggu game ini. Hal ini pun akhirnya sebanding lurus dengan penghasilan yang didapatkan game ini seperti dikutip dari data SteamSpy.

Dilansir dari data SteamSpy, sampai akhir Agustus 2015 ini atau kurang lebih tiga minggu sejak dirilis, Celestian Tales: Old North berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 10.082 kopi. Data dari SteamSpy ini memiliki akurasi kurang lebih 2.565, artinya angka penjualannya bisa 10.082+2.565 atau 10.082-2.565. Anggaplah kita ambil nilai yang disajikan SteamSpy, 10.082 kopi. Jika dikalikan dengan harga penjualan game ini di Steam (asumsi harga diskon 25% sampai tanggal 17 Agustus 2015 kemarin) Rp 82.499, maka hanya dalam waktu kurang lebih tiga minggu saja, game ini sudah berhasil mengantongi total penjualan sekitar lebih dari Rp 800 juta!

celestian tales: old north steam

Meskipun Beredar Bajakannya, Kurang dari Sebulan DreadOut Sukses Terjual 10.000 Kopi !

Maraknya kasus pembajakan bukan menjadi penghalang bagi kita untuk berkreasi. DreadOut sudah membuktikan, bahwa meskipun beredar versi bajakannya, game tersebut sukses terjual 10.000 kopi dalam waktu kurang dari sebulan!
Baca Juga

Selain sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar RPG klasik, sempat munculnya game ini di bagian featured Steam juga memberikan andil atas meroketnya penjualan game ini. Celestian Tales: Old North pun mengikuti jejak sukses dari DreadOut, dimana dalam kurun waktu yang kurang lebih sama, DreadOut juga berhasil terjual 10.000 kopi. Padahal saat itu, versi bajakan dari DreadOut sudah banyak beredar, baik yang dijual dalam bentuk fisik di toko-toko game, maupun dalam versi digital yang banyak tersedia di torrent. Belum lagi beberapa judul lain seperti An Octave Higher (Kidalang) dan Infectonator: Survivors (Toge Productions) yang juga dirilis di platform game PC terbesar ini.

Kesuksesan dua game premium alias berbayar dari Indonesia ini menunjukkan bahwa lahan game premium masih sangat menggiurkan untuk dimasuki. Membuat game premium, utamanya untuk PC di Steam bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan jika revenue yang didapat dari game gratis dengan mengandalkan ads, atau game free to play yang menggantungkan revenue dari in app purchase masih dianggap terlalu kecil. Developer yang selama ini masih berkutat untuk mengembangkan game gratis atau free to play dengan in app purchase, mungkin bisa sedikit “mengintip” peluang di game premium ini untuk game yang dikembangkan selanjutnya.

celestian tales: old north versi beta

Setelah judul-judul ini, masih banyak game dari developer Indonesia yang “antri” untuk mengikuti kesuksesan mereka di Steam, sebut saja seperti Pale Blue (Tinker Games), Winterflame: The Other Side (Artoncode Indonesia) dan yang baru saja sukses di Kickstarter, Boma Naraka Sura (Anantarupa Studios). Penasaran dengan Celestian Tales: Old North? Kamu bisa membelinya melalui tautan di bawah ini.

Celestian Tales: Old North (Steam, Rp 109.999)


SHARE
Previous articleR Mika Street Fighter V Kembali! Bokong Mautnya Bikin Repot Lawan
Next articleShovel Knight Menjadi Game Indie Pertama yang Dapatkan Figurine Amiibo
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.