Dollar Menguat, Harga Zenfone 2 Turun

Zenfone 2 - Body

Menguatnya nilai mata uang dollar AS terhadap rupiah dalam beberapa bulan ini menyebabkan kenaikan harga beberapa produk elektronik. Salah satunya smartphone. Bagi kamu yang ingin membeli smartphone pastinya akan berfikir-fikir ulang kalau ingin membeli sekarang. Hingga pagi ini nilai tukar dolar ke rupiah masih bertengger di angka 14.000. Uniknya, disaat banyak harga smartphone yang naik, malah ada satu perangkat yang akan mengalami penurunan harga, produk tersebut adalah Asus ZenFone 2.

Asus Zenfone 2 Deluxe, Smartphone dengan Kapasitas 256 GB

Asus kembali memperkenalkan smartphone melalui sebuah event di Brazil. Adapun smartphone yang baru diumumkan adalah Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition.
Baca Juga

Secara mendetail, seri ZenFone 2 yang akan mendapatkan pemotongan harga adalah ZE551ML. Ini merupakan perangkat yang telah dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB dan media penyimpanan internal 32 GB.

Besarnya pemotongan untuk perangkat tersebut adalah Rp 300.000. Itu artinya, calon konsumen bisa mendapatkan ZenFone 2 dengan harga Rp 3.699.000. Harga awal dari produk tersebut adalah Rp 3.999.000.

Tidak diketahui sampai kapan harga baru tersebut akan berlaku. Namun, menurut sebuah bocoran yang didapatkan, harga itu kemungkinan akan menjadi banderol harga tetap.

Pemotongan harga itu sendiri diadakan sebagai perayaan keberhasilan Asus meraih posisi kedua di industri smartphone Indonesia. Hingga tutup tahun 2014, menurut Country Product Leader Asus Indonesia Juliana Chen, Asus berhasil memasarkan lebih dari 1,4 juta unit smartphone di Indonesia.

“Tren ini juga terus meningkat. Di kuartal pertama 2015, Asus masih berada di posisi ketiga. Namun, pada Q2 2015, Asus naik ke posisi kedua dan menguasai 14,91 persen pasar,” ujar Juliana.

“Bahkan di satu kuartal ini saja, Asus mendekati total penjualan sepanjang tahun 2014 lalu,” tambahnya.

Smartphone - Zenfone 2

Asus Zenfone 2 memiliki kemampuan komputisasi sangat tinggi, bahkan menjadi yang terbaik saat ini. Ponsel ini dibekali processor 64 Bit terbaru buatan Intel Atom dengan kecepatan pemorsesan Quad Core 2.3 Ghz. Sepertinya ponsel ini akan dipasarkan dalam 2 model yang berbeda yaitu versi Intel Atom Z3580 Quad-core 2.3 GHz  yang dibekali Ram berukuran 4GB dan Asus Zenfone 2 versi  Intel Atom Z3560  Quad-core 1.8 GHz dengan Ram berukuran 2 GB.

Harga Asus Zenfone 2 kedua tipe tersebut juga berbeda-beda, namun tenang saja karena harganya masih tergolong sangat murah. Ponsel ini juga dibekali layar Full HD dengan teknologi IPS di dalamnya. Resolusi sebesar 1080p x 1920 pixels pada bentang layar berukuran 5.5 inch akan memberikan kualitas gambar luar bisa tajan dan jernih, apalagi kerapatan pixelnya juga sangat tinggi yaitu mencapai -401 ppi. Layar tersebut juga dibekali teknologi Corning Gorilla Glass 3 dan oleophobic coating untuk melindungi layar Asus Zenfone 2.

Desain yang dibawanya juga mengalami perubahan yang cukup drastis walaupun tetap mempertahankan desain Zenbook pada bagian bawahnya. Desainnya belakanya dibuat sedikit melengkung, dengan menempatkan tombol volume control pada bagian belakang, seperti LG G3. Sentuhan finishingnya Asus Zenfone2 dibuat sangat indah, dengan teknik Hairline finishing yang membuatnya terlihat premium dan elegan dengan sentuhan material metal.

Bazel layar Full HD pada Asus Zenfone 2 berukuran 3.3 mm sehingga terlihat sangat tipis, dengan tingkat rasio layar 72% yang memaksimalkan pengalaman menonton layar secara maksimal. Bentuk layarnya yang besar degan dimensi keseluruhan sebesar 152.5 x 77.2 x 10.9 mm membuat ponsel ini juga cukup berat dengan bobot 170 gram, sehingga cukup sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Dukungan processor 64 Bit dengan kecepatan hingga Quad Core 2.3 Ghz, dan dipadukan dengan Ram 4GB memberikan 7 kali kinerja bermain game lebih cepat dari Asus Zenfone sebelumnya. Kekutan grafisnya juga semakin baik dengan adanya GPU PowerVR G6430, sehingga kualitas grafis game dan video akan semakin meningkat dan lebih detail tanpa adanya lag saat dimainkan. Ram berukuran 4 GB juga menawarkan kecepatan multi tasking luar bisa cepat, tanpa perlu ada jeda saat membuka aplikasi dan game.

Spesifikasi Asus Zenfone 2 : 

Jaringan Dual SIM
Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm
Berat 170 g
Layar IPS display 1080p x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density) Corning Gorilla Glass 3, oleophobic coating
Memory 16/32/64 GB, microSD, up to 64 GB
Ram 2 GB /4 GB
OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Processor Intel Atom Z3580 Quad-core 2.3 GHz / Intel Atom Z3560  Quad-core 1.8 GHz
GPU PowerVR G6430
Konektivitas LTE, HSPA+, Bluetooth V4.0, Wifi, NFC, A-GPS, GLONASS
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 1080p
Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai Non-removable Li-Po 3000 mAh

Bagaimana? Tertarik untuk membeli smartphone ini sekarang?


SHARE
Previous article5 Manga Populer dengan Chapter Terbanyak
Next articleReview CBT Tree of Savior: Calon Game MMO Terbaik Dekade Ini
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.