Ini Daftar Perbedaan Film Attack on Titan dengan Manga dan Animenya!

SPOILER ALERT!!
Perbedaan Film Attack on TitanAda segudang perbedaan film Attack on Titan dengan versi manga dan animenya. Perbedaan ini juga yang menjadi kontroversi penyebab jeleknya rating film ini. Ada beberapa kritikus yang menganggap perbedaan-perbedaan film Attack on Titan tidak memberi keunikan, namun malah menjatuhkan filmnya dan mengasingkan fans karya aslinya. Tapi apa saja sih bedanya? Mari kita lihat perbedaan yang paling menonjol! Tapi hati-hati spoiler buat yang masih ingin nonton.

1

Hubungan Eren dengan Orang Tuanya


Perbedaan Film Attack on Titan - Carla Yeager

Opening Attack on Titan Versi Spin-Off Kembali Dinyanyikan Linked Horizon!

Seolah ingin mengulang kesuksesan Guren no Yumiya, opening Attack on Titan versi spin-off, Kyojinchu, akan kembali dinyanyikan oleh Linked Horizon!
Baca Juga

Baik manga dan anime Attack on Titan mengedepankan hubungan Eren dengan Grisha dan Carla Yeager, ibu dan ayahnya. Jebolnya Wall Maria berujung kepada kematian berdarah sang ibu, yang menjadi motivasi utama Eren untuk berhasrat membantai semua titan.

Di film, Carla Yeager dikatakan sudah terlebih dahulu mati saat Eren masih kecil. Tak ada tanda-tanda kematian beliau mempengaruhi Eren. Kejadian traumatis yang menimpa Eren saat jebolnya tembok pun digeser oleh sutradara Shinji Higuchi ke… Mikasa. Ya, untuk yang belum nonton tapi baca artikel ini, Mikasalah yang diperlihatkan dalam ancaman titan saat makhluk-makhluk ini menyerang.

Ini termasuk perubahan yang merugikan filmnya. Jujur, ini seperti melihat latar belakang Spider-Man, namun dengan Paman Ben dihilangkan. Apa lagi karena Mikasa kemudian ditemukan masih hidup dan sehat, mengesampingkan luka gigit mengerikan di tubuhnya. Kematian orang-orang lain di Distrik Monzen tak terlalu berpengaruh karena Eren tak pernah diperlihatkan dekat dengan satu pun dari mereka. Mengingat semua yang benar-benar dekat dengan dia (Armin, Souda, Mikasa) ternyata masih hidup, ia malah terlihat sedikit lebih beruntung dari yang lain.

Perbedaan Film Attack on Titan - Grisha YeagerGrisha Yeager, sang ayah, juga dikatakan telah mati saat Eren masih kecil. Tapi melihat promo di akhir film, ada kemungkinan dia tetap terlibat dalam proses transformasi Eren menjadi titan.


2

Hubungan Eren dengan Mikasa


Perbedaan Film Attack on Titan - Eren MikasaMikasa versi manga adalah pelindung setia Eren. Bahkan sejak mereka masih kecil pun Mikasa selalu ditampilkan sebagai yang paling kuat di antara keduanya, kecuali saat gadis itu diculik sebelum tinggal bersama keluarga Yeager. Ia akan melakukan apapun untuk memastikan Eren aman, termasuk hampir membantah perintah atasan.

Versi film, tidak ada indikasi kalau Mikasa pernah diselamatkan Eren atau mereka adalah saudara angkat. Syal merah Eren diberikan ke Mikasa saat mereka nekat melihat-lihat tembok di awal film. Mereka pun lebih terasa seperti pacar ketimbang sepasang saudara angkat. (Walau di manganya pun jelas sekali Mikasa menyukai Eren).

Perbedaan paling menonjol: Mikasa dijadikan “korban” titan saat dinding pertama jebol. Eren tak dapat menyelamatkan gadis itu saat dia hampir diserang titan, dan ketika Mikasa lenyap ia langsung berasumsi kalau Mikasa telah mati.

Saat Eren menemukan Mikasa kembali, gadis itu sepertinya menyalahkan Eren sepenuhnya atas tragedi yang menimpa dirinya. Alih-alih pelindung setia Eren, Mikasa versi film – awalnya – bisa dengan dingin mengabaikan Eren saat pemuda itu hampir mati. Tentu saja, perbedaan ini membuat amukan dingin Mikasa saat mendengar Eren telah terbunuh tidak sekuat versi manga maupun animenya. Karenanya ini adalah salah satu perbedaan film Attack on Titan yang membuatnya lebih buruk.


3

Sentuhan Post Apocalypse


Perbedaan Film Attack on Titan - Post ApocalypseSebenarnya manga Attack on Titan juga memiliki sentuhan post apocalypse. Bagaimana tidak? Bahkan prolognya pun mengambil latar seratus tahun setelah manusia diserbu titan! Tapi melihat peninggalan-peninggalan di luar benteng (botol anggur dan makanan kaleng di Kastel Utgard misalnya), sepertinya teknologi terakhir manusia sebelum serangan titan maksimal setara dengan Eropa -minimal- tahun 1800an.

Sekarang, lihat saja bentuk gedung di gambar promo di atas. Itu jelas bukan struktur tahun 1800, mau di Jepang mau di Eropa. Di bagian awal film saja kamu bisa menemukan rongsokan helikopter dan misil. Kemudian kalau di manga Eren dan kawan-kawan biasa menggunakan kuda, di sini mereka tanpa ragu mengendarai truk berpelindung. Jelas “seratus tahun” sebelum serangan titan di sini berbeda sekali dengan di manga.

Bahkan senjata Hans pun adalah RPG dan peluncur roket modern.

Karakter Terbaik attack on titan - HansPerbedaan film Attack on Titan yang ini tidak terlalu mengganggu sebenarnya, kecuali kalau kamu benar-benar ingin melihat pemandangan indah dunia di manga disajikan di sini. Ini strategi yang bisa dimaklumi untuk menghemat dana, agar tim produksi tidak perlu sampai syuting di Jerman segala.

1
2

SHARE
Previous articleKonami Ngajak Ribut, Versi Fisik MGS V PC Cuma Berisi File Installer 8 MB!
Next articleAoi Eir Akan Gelar Konser Solo Pertama di Singapura!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.